Update Pengertian & Cara Mengetahui Letak CVV Pada Kartu Kredit BCA

Fungsi biasanya untuk lebih memudahkan , baik secara offline (toko) ataupun online (e-commerce). Saat berbelanja di toko atau pusat perbelanjaan, akan menggesekkan kartu kredit di (Electronic Data Capture). Fungsinya adalah untuk memperoleh nomor cetak kartu kredit, dan pada saat itu transaksi akan dicatatkan secara otomatis.

Tetapi, bagaimana jika Anda melakukan transaksi secara online? Pembelian secara online pasti membutuhkan metode yang berbeda juga. Biasanya dilakukan dengan mengisiĀ  formulir untuk , atau sesuai ketentuan yang diberlakukan masing-masing penjual.

pengertian, CVV, CVC, fitur, keamanan, pembayaran, elektronik, dan, online, VISA, Mastercard, kartu, kredit, BCA, bank, penyedia, nasabah, tiga, digit, angka, terakhir, belakang, letak

Pengertian & Letak CVV Pada Kartu Kredit BCA (videoblocks.com)

Kartu kredit di Indonesia sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Sudah ada beberapa orang yang menggunakannya. Bank penyedia kartu kredit pun sudah beragam, seakan berlomba-lomba menyediakan fasilitas kartu kredit dengan berbagai penawaran yang dibuat semenarik mungkin.

Salah satu bank penyedia kartu kredit adalah Bank Central Asia (BCA). Bank swasta tersebut turut menyediakan kartu kredit bagi para nasabahnya. Beberapa pilihan kartu kredit yang bisa Anda pilih antara lain BCA Everyday Card, BCA Card Platinum, BCA Card Indomaret, BCA Mastercard Platinum, BCA Mastercard Black, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan kartu kredit BCA, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan, seperti mendapatkan beragam promosi, mulai dari kategori makanan & minuman, perjalanan, gadget, gaya hidup, dan lainnya.

Fitur kartu kredit BCA yang tersedia antara lain cicilan, auto pay, reward, dan juga . BCA mengklaim penggunanya akan mendapatkan beberapa kemudahan dalam memperoleh kartu kredit, karena bisa dilakukan dengan aplikasi online, kemudian aktivasi PIN, dan e-statement.

E-statement BCA adalah fasilitas layanan informasi tagihan yang dikirimkan melalui email kepada pemegang kartu. Informasi tagihan ini akan diterima tepat waktu tanpa kendala pengiriman atau kurir. Dengan e-Statement, pemegang kartu bisa melihat tagihan di manapun juga.

Layanan tersebut dinilai memiliki beberapa keuntungan, antara lain mendapatkan reminder jatuh tempo dan jumlah tagihan, reminder untuk sisa limit kartu apabila telah mencapai 90% pemakaian transaksi, informasi email promo-promo menarik dari Kartu Kredit BCA dan Flazz, serta bisa melakukan permohonan pengiriman ulang billing statement selama 12 bulan terakhir.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kartu kredit bisa digunakan untuk pembayaran pembelian baik secara offline maupun online. Untuk transaksi offline, Anda dapat dengan mudah melakukan pembayaran, dengan menggesek kartu pada . Tetapi, berbeda dengan ketika Anda melakukan pembelian secara online.

Ketika membayar belanja secara online, Anda biasanya akan diarahkan untuk mengetikkan kode CVV/CVC sebagai verifikasi akhir pada saat transaksi menggunakan kartu kredit. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu CVV (Card Verification Code) atau CVC (Card Verification Code), berikut akan dicoba dijelaskan.

Sebelum membahas apa itu CVV/CVC, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang tertera pada bagian depan dan belakang kartu kredit. Pada bagian depan kartu kredit, umumnya terdapat informasi seperti kelas kartu kredit (meskipun tidak semua kartu kredit dicantumkan kelas kartunya), logo bank (penerbit kartu kredit), nomor kartu kredit, nama pemegang kartu kredit, dan jenis kartu (Visa atau Mastercard).

Kemudian, pada belakang kartu kredit, Anda bisa menemukan informasi mengenai nomor kartu (printed), panel tanda tangan pemegang kartu, logo mitra kartu kredit, hologram kartu kredit, dan 3 (tiga) angka khusus dan informasi bank penerbit. Selain itu juga ada pita magnetik untuk merekam beberapa data penting nasabah (nama, nomor PIN, alamat, limit kartu, saldo, dan lainnya) atau kartu itu sendiri dalam bentuk barcode.

pengertian, CVV, CVC, fitur, keamanan, pembayaran, elektronik, dan, online, VISA, Mastercard, kartu, kredit, BCA, bank, penyedia, nasabah, tiga, digit, angka, terakhir, belakang, letak

Pengertian & Letak CVV Pada Kartu Kredit BCA (naija.ng)

Lalu, di manakah letak CVV/CVC itu sendiri di kartu kredit, misalnya untuk kartu kredit BCA? Kode CVV/CVC biasanya terletak di tiga digit angka terakhir yang ada di belakang kartu kredit. CVV dan CVC itu dianggap sama saja, pembedanya terletak pada jenis kartunya. Jika kartunya berlogo VISA, maka menggunakan istilah CVV, sedangkan untuk kartu kredit berlogo Mastercard, biasa menggunakan istilah CVC.

Pengertian dari CVV/CVC yaitu fitur keamanan pembayaran elektronik dan online yang diterapkan oleh VISA dan Mastercard. Mastercard sendiri sudah mulai menggunakan fitur keamanan tersebut sejak 1 Januari 1997. Sedangkan, VISA baru mulai menerapkan sekitar tahun 2001. Lalu, pada Oktober 2003, penggunaan fitur CVV atau CVC tersebut diseragamkan untuk melindungi nasabah saat melakukan pembayaran transaksi secara online.

Dengan menggunakan CVV/CVC, bank penyedia kartu kredit akan lebih mempercayai transaksi online Anda dalam jumlah nominal yang cukup besar. Jika tidak menyertakan CVV/CVC kartu kredit, mungkin saja transaksi Anda nantinya ditolak dan secara otomatis kartu kredit Anda diblokir. Hal tersebut merupakan tindakan preventif atau pencegahan yang sengaja dilakukan oleh bank penjamin untuk menghindari tindakan kriminal kartu kredit.

Cara menggunakan kartu kredit untuk transaksi belanja secara online biasanya dengan memasukkan keterangan atau data-data, seperti:

  • Card Type. Pada kolom card type, Anda akan diminta untuk memasukkan jenis kartu kredit, apakah termasuk jenis VISA atau Mastercard
  • Card Number. Pada kolom ini Anda dapat memasukkan nomor kartu kredit
  • Card Holder Nama. Pada langkah ini, Anda diharuskan untuk memasukkan nama lengkap pemegang kartu kredit
  • Expiration Date. Ini merupakan tanggal kedaluwarsa kartu. Letaknya ada di bagian depan kartu kredit
  • CVV atau CID (Card Identification) number. Letaknya ada di bagian kartu kredit Anda.

Tetapi, dalam melakukan transaksi secara online, Anda sebaiknya berhati-hati dan tidak sembarangan membeberkan informasi penting seperti CVV atau kode OTP. Hal itu dikarenakan tidak jarang terjadi penipuan dengan menggunakan kartu kredit. Apabila Anda merasa ada sesuatu hal yang mencurigakan, sebaiknya berkonsultasi dengan customer service bank penyedia kartu kredit.

[Dian]

Baca juga  Info Syarat & Cara Buka Rekening Tabungan BRI Online
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Pengertian & Cara Mengetahui Letak CVV Pada Kartu Kredit BCA"