Update Pengertian dan Contoh Biaya Komisi

No comment4878 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah komisi. Komisi bisa digunakan untuk menyebut sekelompok orang yang ditunjuk atau diberikan wewenang oleh pemerintah atau rapat guna menjalankan atau tugas tertentu. Namun, pada artikel kali ini kita tidak berbicara mengenai komisi dalam sebuah struktural perusahaan atau , melainkan komisi dalam pembiayaan atau biaya komisi.

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai biaya komisi, lebih baik kita mengenal terlebih dulu mengenai biaya. Biaya dapat didefinisikan sebagai pengorbanan ekonomis yang dibuat untuk memperoleh barang atau jasa. Biaya juga bisa berarti sesuatu yang berkonotasi sebagai penunjang yang harus dikorbankan untuk memperoleh tujuan akhir, yaitu mendatangkan laba.

pengertian, contoh, biaya, komisi, nasabah, jumlah, uang, barang, jasa, jual, beli, debit, rekening, koran, bank, transaksi, jumlah, bervariasi, jangka, waktu, pendapatan, beban, imbalan, persen, hitungan

Perhitungan biaya komisi dari suatu

Biaya dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam, berdasarkan fungsinya. Ada biaya tetap atau fixed cost yang berarti biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisaran perubahan volume kegiatan tertentu, ada juga biaya tidak tetap atau variable cost yang berarti biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan.

Di samping itu, terdapat juga biaya langsung yang terjadi ketika penyebab satu-satunya adalah karena ada sesuatu yang harus dibiayai, biaya tidak langsung yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai, biaya , biaya overhead pabrik, biaya perawatan, hingga biaya komisi. Nah, biaya komisi ini secara sederhana memiliki pengertian sebagai imbalan (bisa berbentuk atau barang lainnya) dalam persentase atau jumlah tertentu yang dibayarkan karena jasa yang telah diberikan, biasanya dalam transaksi jual beli.

Sebagai ilustrasi contoh, seseorang, katakanlah bernama A, membantu tetangganya yang bernama B untuk menjual rumah milik B dengan harga tertentu. Ketika A mendapatkan calon pembeli, A langsung mempertemukan calon pembeli tersebut dengan B. Nah, saat B dan calon pembeli mencapai kata sepakat mengenai harga rumah, maka A akan menerima komisi dari si B. Besaran komisi yang diberikan si B kepada A ini bervariasi, tergantung kesepakatan di awal, biasanya dihitung dalam hitungan persen.

Dalam suatu perusahaan, biaya komisi bisa merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membayar marketing/pemasaran yang dilakukan oleh . Pada umumnya, besaran biaya komisi dihitung berdasarkan harga beli barang dan jasa yang berhasil dijual. Namun, ada juga perusahaan yang menggunakan dasar perhitungan komisi yang berbeda, misalnya berdasarkan laba bersih atau biaya perolehan barang yang dibayar oleh perusahaan.

Umumnya, besaran komisi yang dibayarkan oleh perusahaan dihitung menggunakan persentase. Contohnya, pembayaran komisi ditentukan sebesar 5 persen dari harga jual semua produk yang terjual. Persentase komisi bisa juga ditentukan berdasarkan jenis produk. Contohnya, perusahaan mungkin akan membayar komisi 6 persen untuk produk yang sulit laku dan hanya 4 persen untuk produk yang mudah terjual.

Biaya Komisi - medmanagement.co.uk

Biaya Komisi - medmanagement.co.uk

Contoh Biaya Komisi

Misalnya, jika komisi Anda dihitung berdasarkan harga beli produk yang terjual sejak 1 Januari sampai 15 Januari, dengan total adalah Rp30.000.000, komisi Anda akan dihitung dari jumlah tersebut. Apabila perusahaan Anda memberikan komisi sebesar 5 persen, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp1.500.000 dari total barang yang berhasil Anda jual selama periode tersebut. 

Jika persentase komisi berubah sesuai jumlah produk yang berhasil dijual, kalikan masing-masing persentase komisi dengan total penjualan di rentang tersebut, kemudian jumlahkan hasilnya. Misalnya, Anda berhasil menjual produk senilai Rp30.000.000 dengan komisi 4 persen untuk Rp25.000.000 pertama, kemudian 6 persen untuk sisanya. Berarti, komisi yang Anda terima untuk rentang pertama adalah Rp1.200.000 dan Rp300.000 untuk rentang berikutnya. Dengan demikian, total komisi Anda adalah Rp1.500.000.

(Panca)

Baca juga  Update Info Harga Pantene Leave on Treatment Hair Strength Tonic
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Pengertian dan Contoh Biaya Komisi"