Pendaftaran dan Biaya Madrasah Internasional TechnoNatura TA 2023/2024

Madrasah Internasional TechnoNatura adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan CREATE, atau Centre for Research on Education, Arts, Technology and Entrepreneurship, CREATE Foundation. Saat ini, Technonatura terdaftar sebagai salah satu institusi pendidikan madrasah formal yang berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag) berdomisili di Kota Depok, Jawa Barat. Untuk bisa melanjutkan studi di tempat ini, ada sejumlah komponen biaya yang perlu dibayarkan.

Ilustrasi: Proses Belajar Mengajar di Madrasah Techno Natura (credit: Official Facebook)
Ilustrasi: Proses Belajar Mengajar di Madrasah Techno Natura (credit: Official Facebook)

Dengan pusat kegiatan administrasi berada di RTM Raya No. 16, Cimanggis, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, lembaga ini menawarkan beberapa jenjang pendidikan, mulai dari MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Berbeda dengan madrasah pada umumnya, Madrasah TechnoNatura tidak menggunakan kurikulum yang biasa. Pembelajaran di Madrasah TechnoNatura dilakukan berbasis penugasan proyek, misalnya saja proyek robot, mengamati makhluk hidup, atau bahkan proyek desain. Meski sistem belajarnya tidak biasa, muatan mata pelajaran yang menjadi rujukan pemerintah kabarnya telah terakomodasi dalam setiap proyek yang ditugaskan pada siswa.

Bacaan Lainnya

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa melanjutkan pendidikan di tempat ini? Secara umum, biaya di tempat ini terdiri dari registration, registration/sit-in fee, yearly enrollment fee, re-enrollment fee, biaya pendidikan bulanan, biaya pemeliharaan infrastruktur, serta infak dan transportasi, dan berikut rincian lengkapnya.

Baca juga  Info Terupdate Harga Cat Rambut (Hair Coloring) di Salon Jakarta

Biaya Madrasah TechnoNatura

Komponen Pembiayaan Biaya
Registrasi Rp100.000
Registrasi/biaya sit in Rp850.000
Enrollment fee tahunan Rp7.000.000
Re-enrollment fee Rp7.000.000
Biaya pendidikan bulanan 5% dari pendapatan kotor orang tua siswa
Biaya pemeliharaan infrastruktur Rp2.000.000
Pengembangan Madrasah TechnoNatura Infaq/donasi
Biaya transportasi Didiskusikan kemudian

Sampai dengan tahun ajaran 2023/2024 ini besaran biaya Madrasah TechnoNatura belum mengalami perubahan atau masih sama seperti tahun 2022/2023 lalu. Sebagai informasi, biaya registrasi/sit in fee adalah biaya yang dibebankan pada orang tua pada saat aplikasi untuk menutupi biaya sit in selama satu minggu berada di Madrasah Internasional TechnoNatura. Kemudian, enrollment fee adalah biaya pada saat awal tahun untuk menutupi biaya aktivitas dan kegiatan operasional siswa selama satu tahun. Sementara, re-enrollment fee adalah biaya saat awal tahun untuk menutupi biaya aktivitas dan kegiatan siswa selama satu tahun selanjutnya.

Pelajar Madrasah Internasional TechnoNatura (sumber: detik.com)
Pelajar Madrasah Internasional TechnoNatura (sumber: detik.com)

Lalu, biaya pemeliharaan infrastruktur adalah biaya yang dibebankan pada orang tua untuk perawatan fasilitas sekolah antara lain untuk kebersihan, perawatan toilet, satpam, pengecatan, pemagaran, pemeliharaan kebun, penyemprotan hama, fogging, perawatan alat praktik lab, robotik dan IoT, Lab Biologi kultur jaringan, jaringan internet, dan lain-lain.

Orang tua pun akan ditarik infak/donasi untuk pengembangan sistem Cyberschool TechnoNatura, untuk beragam pengembangan pedagogi yang menempatkan TechnoNatura yg up-to-date pada abad mendatang, sistem manajemen sekolah, ICT, IoT serta bahan ajar berbasis multimedia, membuat mapel multimedia interaktif yang belum dikembangkan dan berbasis tablet, mengundang narasumber dari lokal maupun internasional, menyiapkan alat peraga yang lebih sesuai dengan perkembangan teknologi dan sekaligus memberikan persiapan pada perubahan kurikulum yang terjadi di dunia luar.

Baca juga  Update Info Biaya, Kelebihan, Cara Isi, dan Cek Saldo JakCard Bank DKI

Syarat Pendaftaran Madrasah TechnoNatura

  • Akta Kelahiran/Surat kenal lahir asli (untuk diperlihatkan) dan fotokopi 1 lembar.
  • Pas foto terbaru 3 x 4 berwarna, 4 lembar.
  • Fotokopi ijazah SD/SMP.
  • Fotokopi rapor untuk pindahan.
  • Fotokopi KTP kedua orang tua.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi slip gaji atau keterangan penghasilan orang tua.
  • Bagi yang wirausaha, membuat surat keterangan penghasilan di atas materai dan melampirkan fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir.

Persyaratan tersebut di atas bisa dilengkapi pada saat penyerahan formulir. Perkiraan jumlah kuota untuk jenjang MI sebanyak 32 kursi (maksimum pendaftar 128), MTs sebanyak 32 kursi (maksimum pendaftar 128), dan MA sebanyak 16 kursi (maksimum pendaftar 48). Berikut jadwal penerimaan siswa baru Madrasah TechnoNatura 2023/2024.

Proyek Smart Ecosystem dari Madrasah Internasional TechnoNatura - (www.technonatura.sch.id)
Proyek Smart Ecosystem dari Madrasah Internasional TechnoNatura – (www.technonatura.sch.id)

Jadwal Penerimaan Madrasah TechnoNatura 2023/2024

Kegiatan MI MTS MA
Pendaftaran Online 1 Oktober 2022 7 Oktober 2022 7 Oktober 2022
Verifikasi Berkas 15 Oktober 2022 29 Oktober 2022 29 Oktober 2022
Open House 5 November 2022 19 November 2022 19 November 2022
Seat-in 26 – 30 Desember 2022 2 – 6 Januari 2023 2 – 6 Januari 2023
Pengumuman Penerimaan 14 Januari 2023 20 Januari 2023 20 Januari 2023
Daftar Ulang 18 – 27 Januari 2023 24 Januari – 3 Februari 2023 24 Januari – 3 Februari 2023
Baca juga  Update Syarat Pendaftaran dan Biaya Masuk SMA Kolese Kanisius

Keterangan:

  • Jadwal pendaftaran dan penyerahan formulir untuk masing-masing level dilaksanakan mulai 09.00 WIB sampai selesai.
  • Untuk level 1, apabila kuota sudah mencapai 120 pendaftar, maka akan ditutup pendaftarannya. Sementara itu, untuk level 7 dan level 10, kuota pendaftarannya adalah 100 pendaftar.

Bagi calon siswa yang telah terdaftar, maka orang tua calon siswa diwajibkan untuk datang pada open house pemaparan konsep pendidikan. Orang tua wajib mengerti apa saja dasar-dasar yang hendak dibangun di Madrasah TechnoNatura, dan bagi yang merasa sesuai dengan konsep pendidikan yang dipaparkan dan masih tertarik siswanya untuk bergabung di Madrasah TechnoNatura, maka bisa mendaftar untuk sit in. Proses sit in dilakukan selama seminggu. Selama proses sit in, calon siswa akan diobservasi bakat, passion dan kecenderungan belajarnya, serta sosialnya.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar persyaratan pendaftaran atau fasilitas di Madrasah TechnoNatura, Anda bisa langsung menghubungi pihak yang bersangkutan di Komplek Griya Tugu Asri Blok E, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok. Selain itu, bisa menghubungi nomor telepon (021) 87715049 dan akun Instagram mereka di @ technonatura atau email di alamat [email protected] technonatura.sch.id.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *