Update Info Pembiayaan Mikro Umrah, Produk Tabungan Umrah dari Bank Syariah Mandiri

Melakukan ibadah haji adalah keinginan bagi setiap umat muslim, namun karena beberapa alasan menjadikan umat muslim tidak sanggup untuk melaksanakan ibadah yang merupakan rukun Islam ke-5 ini. Kurangnya dana atau ketiadaan budget untuk berangkat ke tanah suci adalah kendala utamanya. Bagi mereka yang mampu, tentunya kegiatan ibadah haji ini dapat dilaksanakan bahkan lebih dari sekali.

Ilustrasi: Bank Mandiri Syariah (credit: Kompas)

Ilustrasi: Syariah (credit: Kompas)

Apabila Anda termasuk dalam orang yang memiliki niat dan tekat untuk bisa melakukan ibadah haji ataupun ibadah umrah, namun dana yang dikumpulkan belum mencukupi, maka Anda dapat mengajukan pinjaman kepada beberapa bank, salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri. BSM menyediakan pembiayaan untuk masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji atau umroh namun belum memiliki dan yang cukup.

Sejalan dengan meningkatnya animo jamaah umrah di Indonesia setiap tahunnya, Bank Syariah Mandiri menawarkan beberapa produk umrah untuk para nasabahnya. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Bank Syariah Mandiri dengan mitra strategis travel-travel terpercaya. Kerjasama ini dijalankan sebagai bentuk kepedulian pihak BSM agar masyarakat Indonesia terhindar dari penipuan umrah yang kerap terjadi.

Bank Syariah Mandiri sebagai salah satu bank syariah terbesar di Indonesia menyediakan produk khusus untuk Anda yang hendak ber-umrah ke tanah suci. Produk tabungan ini diberi nama “Pembiayaan Umrah” yang mana merupakan produk pembiayaan jangka pendek untuk memfasilitasi kebutuhan biaya perjalanan umrah. Layanan pembiayaan ini meliputi biaya pembelian tiket, akomodasi dan biaya lainnya dengan akad Ijarah. Produk Pembiayaan Umrah ini sangat bersahabat dengan nasabah karena tidak perlu menyetor uang muka terlebih dahulu saat melakukan pengajuan (DP 0%).

Secara teknis, nasabah dapat mengajukan paket pembiayaan umroh ini dengan jangka waktu pembiayaan maksimal menurut terakhir tahun 2020 hingga maksimal 3 tahun. Jangka waktunya berkurang dari tahun 2019 lalu yang mencapai 5 tahun. BSM sebagai pihak penyelenggara akan memberikan dana maksimal hingga Rp50 juta untuk setiap nasabah perorangan, sedangkan untuk keluarga jumlahnya bisa mencapai maksimal Rp200 juta. Selanjutnya, nasabah akan melunasi dana pinjaman tersebut dengan jumlah angsuran flat (tidak berubah) selama masa perjanjian.

Manfaat dan Keuntungan Produk Pembiayaan Umrah BSM

  • Bebas Uang Muka atau DP 0%.
  • maksimal Rp50 juta per jamaah (limit pembiayaan), dan maksimal Rp200 juta untuk paket keluarga (suami/istri/anak/orang tua/mertua/adik/kakak kandung, maupun ipar dari nasabah)
  • Jangka waktu pembiayaan maksimal 3 tahun.
  • Proses permohonan yang cepat dan mudah.
  • Jumlah angsuran yang tidak berubah (flat) sesuai perjanjian awal selama masa pelunasan.
Ilustrasi: tabungan umrah Mandiri Syariah

Ilustrasi: tabungan umrah Mandiri Syariah

Persyaratan Pengajuan Pembiayaan Umrah BSM

  • Nasabah memiliki akun rekening di Bank Syariah Mandiri.
  • Nasabah mengajukan permohonan dengan mengisi formulir aplikasi Pembiayaan Umrah.
  • Menyertakan surat persetujuan dari istri atau suami pada saat penandatanganan akad Pembiayaan Umrah (bagi nasabah yang telah berkeluarga).
  • Membawa berbagai dokumen yang dibutuhkan saat penandatanganan akad Pembiayaan Umrah, di antaranya Fotokopi KTP, Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah), Fotokopi Kartu Keluarga, dan Fotokopi kartu NPWP, Fotokopi rekening gaji 3 bulan terakhir, Slip gaji (asli) 1 bulan terakhir, Surat Keterangan lama bekerja dan jabatan, serta dokumen pendukung lainnya yang mungkin diperlukan oleh pihak Bank.
  • Dokumen agunan berupa deposito, BPKB kendaraan, AJB, SHM atau surat kios.
  • Biaya administrasi 1% dari plafon Pembiayaan, Biaya Asuransi sesuai dengan ketentuan Bank, serta pembiayaan dan biaya materai secukupnya.
  • Untuk karyawan swasta menyediakan fixed asset dan standing instruction dari bank lain/pindah gaji.

Besaran Ujroh yakni 18 % e.p.a dengan penggunaan end user atau nasabah. Kondisi End User nasabah tidak turut sebagai peserta Umrah namun tetap dapat memberangkatkan keluarga dengan melampirkan KK sebagai penunjang. Proses permohonan dan pengajuan pembiayaan Umroh Bank BSM sangat mudah dan cepat, di mana anda cukup melengkapi persyaratan yang dibutuhkan di atas. Selain jangka waktu pembiayaan yang menjadi lebih singkat (3 tahun), tak banyak yang berubah dari ketentuan Pembiayaan Mikro Umrah dari Bank Syariah Mandiri.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Perbedaan Tabungan BRI Simpedes & Britama
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Info Pembiayaan Mikro Umrah, Produk Tabungan Umrah dari Bank Syariah Mandiri"