Merek dan Harga Terbaru Susu Formula untuk Bayi Usia 6-12 Bulan

Baik pakar maupun masyarakat umum sepakat bahwa pemberian Air Ibu (ASI) adalah langkah yang terbaik untuk asupan bayi. Namun, pada beberapa contoh kasus, banyak ibu tidak dapat memberikan ASI karena suatu alasan tertentu. Karena itu, demi memastikan si bayi mendapatkan  kembang sempurna, diberikanlah asupan tambahan atau alternatif, salah satunya dengan formula.

Ada beberapa ibu yang merasa produksi air susunya sedikit, sehingga terpaksa menambahkan susu formula untuk buah hatinya. Di pasaran sendiri, telah banyak sejumlah merek susu formula yang hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, mulai dari saat kehamilan dan menyusui, hingga untuk bayi mulai dari usia 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun, dan sebagainya.

Merek, merk, susu, formula, untuk, bayi, usia, 6, 12, bulan, buah, hati, kebutuhan, nutrisi, kualitas, terbaik, harga, ASI, gemuk, soya, Nutrilon, Nutribaby, Royal, daftar, berat, badan, Enfagrow, Chill Mil, Enfamil, Enfagrow, produk, kemasan, kesehatan, dokter, pakar, alternatif, box, kaleng, laktasi, produsen

Ibu dan bayi

Dokter Ariani Dewi Widodo SpA(K) mengungkapkan jika produksi Air Susu Ibu (ASI) mencukupi, maka anak dianggap tidak perlu diberi tambahan susu formula. Standar emas ASI harus diberikan hingga anak usia dua tahun. Sementara,  pendamping ASI (MPASI) bisa diberikan setelah anak berusia enam bulan.

Ia menjelaskan jika usia kurang enam bulan, anak ganti diapers enam sampai delapan kali sehari, itu berarti buang air kecilnya cukup, berat badan sesuai yang diharapkan, dan itu menandakan ASI cukup. Begitu pula saat anak berusia di atas 6 bulan, buang air besar maupun kecil teratur dan cukup, serta berat badan naik sesuai dengan yang diharapkan, maka ASI dianggap sudah cukup.

Apabila anak usia di atas enam bulan mengalami masalah berat badan, maka yang harus diperbaiki adalah makanan pengganti ASI-nya. Ia menambahkan, apabila memang harus diberikan susu formula, maka orang tua perlu memperhatikan kategori susu sesuai usia. Bila usia anak enam bulan, maka diberikan susu khusus 6-12 bulan. Adapun yang diberikan bisa berupa susu formula biasa, karena anak kurang dari satu tahun tidak boleh mengonsumsi susu UHT dan pasteurisasi. Kecuali dalam keadaan khusus seperti adanya alergi atau lactose intolerant, maka anak bisa diberikan susu anak alergi. Namun, lebih bijak dengan susu formula biasa, dalam kondisi bila ASI tidak ada atau tidak cukup.

Merek dan Harga Susu Formula Usia 6-12 Bulan

Banyak produsen susu yang menawarkan susu formula untuk bayi 6-12 bulan, kebanyakan dari mereka tak jarang mengklaim jika susu formula hasil produksinya merupakan susu formula yang terbaik untuk memenuhi nutrisi buah hati. Berikut beberapa merk susu bayi usia 6-12 bulan beserta harganya yang cukup bersaing.

Susu Morinaga

Morinaga merupakan salah satu merk susu yang dikembangkan melalui kerjasama antara Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang. Pada tahun 1986, mereka membentuk sebuah kerjasama untuk memformulasi, memproduksi dan menjual Morinaga di Indonesia.

Hingga saat ini, Morinaga berhasil memproduksi berbagai jenis susu yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan anak dan balita, baik bagi mereka yang normal dan memiliki alergi terhadap susu atau laktosa intoleran. Beberapa produk susu yang dikhususkan untuk bayi berusia 6 hingga 12 bulan adalah sebagai berikut.

Merek, merk, susu, formula, untuk, bayi, usia, 6, 12, bulan, buah, hati, kebutuhan, nutrisi, kualitas, terbaik, harga, ASI, gemuk, soya, Nutrilon, Nutribaby, Royal, daftar, berat, badan, Enfagrow, Chill Mil, Enfamil, Enfagrow, produk, kemasan, kesehatan, dokter, pakar, alternatif, box, kaleng, laktasi, produsen

Susu formula dalam kaleng (sumber: livestrong.com)

Harga Susu Morinaga untuk Usia 6-12 Bulan

Nama produkHarga (Rp)
Chil Mil Platinum Moricare 800 gram235.000
Chil Mil Platinum 400 gram183.300
Chil Mil Regular 800gram169.500
Chil Mil Regular 400gram95.500
Chil Mil Soya 600gram182.000

Susu Enfagrow

Untuk merek susu formula Enfagrow, perusahaan telah memproduksi sejumlah jenis susu formula yang disesuaikan dengan kebutuhan dan usia bayi. Misalnya, produk Enfagrow Enfamil A+ 2 yang merupakan susu formula lanjutan untuk bayi usia 6-12 bulan dengan kandungan DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal, yang terbukti klinis mendukung perkembangan otak dan sistem imun.

Selain itu, juga mengandung kolin yang baik untuk perkembangan dan pelepasan asetilkolin, suatu neurotransmitter. Neurotransmitter ini berperan penting untuk proses belajar dan memori. Juga, diperkaya dengan adanya protein, , karbohidrat, vitamin, dan mineral yang merupakan komponen makanan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.

Enfamil A+ 2 untuk anak usia 6-12 bulan dijual di pasaran dalam 3 kemasan, kemasan 400 gram dibanderol dengan harga Rp134 ribuan, kemasan 800 gram dijual seharga Rp270 ribuan, dan kemasan kaleng paling besar yakni 1.800 gram dijual dengan harga Rp569 ribuan. Berikut harga susu Enfagrow 6-12 bulan.

Harga Susu Enfagrow untuk Usia 6-12 bulan

Nama ProdukHarga
Enfamil A+ 2 400 gramRp134 ribuan
Enfamil A+ 2 800 gramRp270 ribuan
Enfamil A+ 1800 gramRp569 ribuan

Susu Nutrilon

Baca juga  Harga Susu Milo 1 kg di Pasaran dan Manfaatnya

Nutrilon merupakan merek salah satu produk susu formula untuk bayi yang diproduksi oleh produsen terkenal asal Belanda, Nutricia. Perusahaan ini telah memproduksi sejumlah jenis susu formula yang disesuaikan dengan kebutuhan dan usia bayi. Mulai dari Nutrilon 1 untuk bayi usia 0-6 bulan, Nutrilon 2 untuk bayi usia 6-12 bulan, Nutrilon 3 untuk anak usia 1-3 tahun, hingga Nutrilon 4 untuk balita usia 3-6 tahun. Kebanyakan produk susu Nutrilon menyediakan susu formula dalam kemasan box atau kaleng berisi mulai dari 350 gram, 400 gram, 700 gram, hingga 800 gram.

Selain itu, Nutrilon juga memiliki beberapa jenis produk yakni Nutrilon, Nutrilon Gold, Nutrilon Royal, dan Nutrilon Soya. Kandungan masing-masing susu formula tersebut nyaris tidak memiliki perbedaan, hanya terletak pada jumlah takaran dari kandungan nutrisi dan harga yang dibanderol pada masing-masing jenis produk. Nutrilon Royal tergolong produk paling mahal dengan takaran kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan Nutrilon Gold maupun Nutrilon. Berikut daftar harga susu Nutrilon yang diformulasikan untuk bayi usia 6-12 bulan.

Merek, merk, susu, formula, untuk, bayi, usia, 6, 12, bulan, buah, hati, kebutuhan, nutrisi, kualitas, terbaik, harga, ASI, gemuk, soya, Nutrilon, Nutribaby, Royal, daftar, berat, badan, Enfagrow, Chill Mil, Enfamil, Enfagrow, produk, kemasan, kesehatan, dokter, pakar, alternatif, box, kaleng, laktasi, produsen

Bayi mengonsumsi susu dari botol

Harga Susu Nutrilon untuk Usia 6-12 Bulan

Nama ProdukHarga
Susu Nutrilon Nutribaby 2 Plain 400 gramRp94.000
Susu Nutrilon Nutribaby Royal 2 Plain 400 gramRp93.000
Susu Nutrilon Nutribaby 2 Plain 800 gramRp170.000
Susu Nutrilon Nutribaby Royal 2 800 gramRp189.000
Susu Nutrilon Nutribaby Royal 2 Soya 350 gramRp95.000
Susu Nutrilon Nutribaby Royal 2 Soya 700 gramRp185.000

Pemilihan susu terbaik bagi anak harus dilakukan secara cermat dan teliti. Susu merupakan makanan bayi dan anak yang dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak dan jangka panjang. Bila susu tersebut tidak cocok, bisa menimbulkan gangguan tumbuh kembang yang terjadi terjadi terus-menerus dalam jangka panjang.

Apabila ibu bingung terhadap produk apa yang harus dibeli untuk asupan nutrisi buah hati, cara paling tepat adalah dengan terlebih dahulu berkonsultasi pada ahli laktasi. Jangan ragu untuk bertanya apakah ada rekomendasi susu formula bayi yang mendekati ASI dan tidak menyebabkan sejumlah gangguan, seperti diare, ataupun gangguan yang lainnya.

[Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Hepatosol Lola & Hepatosol Biasa
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Merek dan Harga Terbaru Susu Formula untuk Bayi Usia 6-12 Bulan"