Fasilitas dan Update Biaya Kursus Menjahit Juliana Jaya

Telah memiliki lebih dari 25 cabang, Kursus Menjahit Juliana Jaya sejak tahun 1975 diklaim mampu meluluskan lebih dari 10.000 siswa menjahit pakaian wanita dan anak. Tempat tersebut merupakan Lembaga Pendidikan & Keterampilan Luar Sekolah yang dibina oleh Depdiknas & Depnaker, telah dipercaya oleh pemerintah untuk mendidik dan menyalurkan tenaga ahli di bidang keterampilan menjahit. Jika Anda berminat kursus di tempat ini, biaya yang harus dibayarkan tergantung level yang dipilih.

Ilustrasi: mesin jahit
Ilustrasi: mesin

Profil Kursus Juliana Jaya

Kursus menjahit tersebut didirikan oleh Ambaldy Djuandi pada tahun 1977. Pada mulanya, Ambaldy hanya menyewa ruko di Jalan Raya Bekasi KM 18, Pulogadung, Jakarta Timur. Namun kini, Juliana Jaya telah memiliki 46 cabang di seluruh Indonesia. Dari biaya kursus yang dipatoknya, Ambaldy dapat memperoleh omset per tahun sekitar Rp4 miliar.

Bacaan Lainnya

Sang pendiri ternyata bukanlah ahli dalam menjahit, tetapi ia menginginkan para ibu pintar menjahit. Dahulu, Ambaldy hanya memiliki sedikit murid yang dibina oleh beberapa guru dengan lima buah mesin jahit manual. Kini, Juliana Jaya sudah memiliki setidaknya 900 murid.

Tempat kursus yang melegenda tersebut diklaim telah berhasil mencetak ratusan alumni yang bekerja di garmen, menjadi guru jahit, bahkan membuka butik sendiri. Hasil karya murid-muridnya tidak kalah dengan perancang terkenal. Murid-murid tersebut juga sering mengikuti ajang mode demi memamerkan karyanya.

Kantor Pusat Juliana Jaya terdapat di daerah Jakarta Selatan, yaitu di Jl. Mampang Prapatan VI (Buncit III) No. 3, Jakarta Selatan. Sementara, kantor cabangnya tersebar di berbagai daerah di Jakarta dan sekitarnya. Berikut ini beberapa alamat kantor cabang Juliana Jaya yang ada di daerah Jakarta.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Alamat Cabang Juliana Jaya

  • Ciputat Raya No. 1-A, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
  • Jati Raya No. 15, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
  • Raya Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
  • Pahlawan Revolusi No. 1-A, Duren Sawit, Jakarta Timur.
  • Aipda KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
  • Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur.
  • Raya , Cililitan, Jakarta Timur.
  • Beringin Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok.
  • Larangan No. 5 RT 001/RW 002, Cipadu, Larangan, Tangerang, Banten.
Cabang kursus menjahit Juliana Jaya (google map)
Cabang kursus menjahit Juliana Jaya ( map)

Fasilitas Kursus Juliana Jaya

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat belajar di Juliana Jaya, salah satunya adalah sertifikat yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang keterampilan. Sertifikat seperti ini tidak hanya penting untuk Anda yang baru lulus SMK dan ingin melamar kerja sebagai penjahit atau desainer baju, tetapi juga bagi Anda yang ingin memiliki toko baju dengan rancangan dan label sendiri.

Sertifikat kompetensi tersebut dapat dijadikan pajangan saat memulai usaha. Memang, banyak juga siswa lulusan Juliana Jaya yang terbilang sukses dan sudah bisa memiliki rumah jahit sendiri. Dengan adanya sertifikat di ruang jahit mereka, bukan hanya semangat menjahit yang mereka dapatkan, tetapi juga pelanggan yang mempercayai keahlian tukang jahit tersebut.

Fasilitas lain yang akan Anda dapatkan sebagai siswa di Juliana Jaya adalah ruang jahit dengan mesin jahit yang canggih. Kebanyakan merk mesin jahit yang dipakai oleh siswa di sana adalah Singer yang memiliki fitur untuk obras, jahit pola zig-zag, payet, dan lainnya. Nah, bagi Anda yang tertarik mengikuti kursus menjahit di Juliana Jaya, Anda perlu mengetahui biayanya.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Lalu, berapa biaya untuk mengikuti kursus di tempat ini? Pada 2021 lalu, paket kursus di Juliana Jaya tingkat mahir ditawarkan dengan tarif mulai Rp7,5 juta. Kemudian pada 2022, tarif paket tersebut naik menjadi Rp8,5 juta. Lalu, berapa tarif paket kursus di Juliana Jaya saat ini?

Biaya Kursus Juliana Jaya

Level Kursus Menjahit Biaya
Tingkat Dasar 2 bulan Rp4.500.000
Tingkat Dasar – Terampil – Mahir 12 bulan Rp8.500.000

Biaya kursus menjahit Juliana Jaya di atas kami rangkum dari akun media sosialnya. Hingga saat ini, biaya kursus di Juliana Jaya relatif stabil. Namun perlu diingat, biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila Anda tertarik mendaftar kursus, maka dapat mengunjungi cabang Juliana Jaya terdekat.

Ilustrasi Kursus Menjahit (sumber: podelki.guru)
Ilustrasi Kursus Menjahit (sumber: podelki.guru)

Syarat Kursus di Juliana Jaya

  • Pria atau wanita sudah cukup umur (usia 13 tahun ke atas).
  • Dapat membaca serta dalam bahasa Indonesia.
  • Bersedia menaati peraturan kursus.

Materi Kursus Juliana Jaya

Di tingkat dasar Anda akan mempelajari pelatihan dan pelenturan garis/goresan tangan, pengenalan anatomi tubuh, latihan postur tubuh, detail tubuh, berbagai gerak tubuh, latihan posisi, dan latihan fashion designer dasar. Apabila Anda telah berhasil melewat tingkat dasar, maka dapat masuk di kelas tingkat terampil, yang akan mempelajari desain kerah, desain lengan, desain blouse, desain celana, desain busana, dan fashion design full.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Materi tingkat dasar meliputi 10 praktik, yaitu membuat blouse, rok, dress, kebaya, baju anak, kemeja, daster, kulot (celana rok), blouse setali, dan kerudung. Sementara, di tingkat mahir, Anda akan mempelajari fashion design karakter, detail karakter, silhouette, fashion detail pola, pewarnaan pensil warna, pewarnaan tombo/marvie, pewarnaan cat , desain perwujudan nyata ke tekstil (bertema), serta pembuatan buku desain dan detailnya.

Juliana Jaya menyediakan tenaga ahli dan profesional di bidang menjahit. Anda akan mendapatkan modul bahan ajar dan praktik. Anda juga bisa memilih hari khusus sesuai dengan jadwal siswa. Kelas diadakan jam 09.00-12.00 dan 13.00-16.00. Di setiap tingkatannya, juga diadakan ujian, sehingga Anda dapat dipastikan lulus dengan skill (kemampuan) yang telah distandardisasi.

Berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah pernah kursus menjahit di tempat tersebut, untuk tingkat dasar, murid akan mendapatkan perlengkapan awal dan bahan untuk setiap praktik, dan sudah masuk dalam biaya kursus. Untuk tingkat selanjutnya, bahan diwajibkan menyiapkan sendiri, tetapi boleh titip beli. Di tingkat dasar, Anda tidak diperkenankan membawa baju yang diinginkan. Jika sudah berada di tingkat terampil, Anda sudah diperbolehkan membawa model baju yang diinginkan, meskipun juga ada materi wajib dari pihak Juliana Jaya.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *