Info Terbaru Masa Berlaku dan Saldo Minimal ATM Mandiri TabunganKu

Pada tahun 2010 lalu, dicanangkan Kampanye Gerakan Indonesia Menabung (GIM) oleh Presiden Republik Indonesia dan juga Gubernur Bank Indonesia. Pencanangan GIM itu dilakukan bersamaan dengan peluncuran TabunganKu. TabunganKu adalah tabungan dengan mudah dan ringan, antara lain tidak dibebani dengan . Mandiri menjadi salah satu perbankan yang menyediakan layanan TabunganKu dengan masa berlaku dan minimal dalam jumlah tertentu di ATM. Lalu, apa itu TabunganKu dan bagaimana syarat dan ketentuannya?

ATM Mandiri Tabunganku - cutatangungun.wordpress.com

ATM Mandiri Tabunganku - cutatangungun.wordpress.com

Produk TabunganKu diselenggarakan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung. TabunganKu diharapkan dapat menjangkau penduduk dewasa Indonesia yang belum memiliki tabungan di bank. TabunganKu merupakan perwujudan kepedulian perbankan dan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk tabungan yang sesuai dan sebagai salah satu untuk meningkatkan budaya menabung.

standar/mandatory yang dimiliki oleh TabunganKu antara lain bebas (gratis) biaya administrasi, baik bank umum maupun , minimum setoran awal Rp20.000 (bank umum) & Rp10.000 (bank ), minimum setoran tunai Rp10.000 (bank umum) & bagi bank bebas/tidak ada ketentuan, saldo minimum untuk bank umum adalah Rp20.000, sedangkan bank Rp10.000, dan masih ada beberapa lainnya.

Selain fitur mandatory, TabunganKu juga memiliki fitur customized/optional, yaitu fitur produk TabunganKu yang dapat dipilih untuk diterapkan oleh bank. Bank dapat memberikan tambahan fitur lainnya kepada produk TabunganKu seperti buku tabungan, lembar statement, ATM atau layanan jasa perbankan lainnya, selama tidak melanggar kesepakatan bersama.

TabunganKu tidak hanya produk bagi Bank Indonesia (BI), tetapi beberapa bank lainnya di Indonesia. Kelebihan dari TabunganKu antara lain nasabah tidak dibebani dengan biaya administrasi bulanan, kemudian juga mudah karena setoran awal dan selanjutnya ringan, serta nyaman karena pembukaan rekening, penarikan tunai dan pemindahbukuan dapat dilakukan di seluruh jaringan bank penerbit yang sama.

Salah satu bank yang menerbitkan TabunganKu adalah PT Bank Mandiri. Jika Anda membuka produk tersebut, Anda diberikan fasilitas Kartu TabunganKu apabila setoran awal atau saldo rekening minimal Rp500.000. Dengan Kartu TabunganKu, Anda bisa menikmati kenyamanan bertransaksi melalui ATM yaitu transaksi penarikan uang dan informasi saldo rekening di ribuan ATM yang berlogo Mandiri ATM, Link, dan ATM Bersama serta melakukan transaksi penyetoran uang tunai dan informasi saldo rekening melalui Mandiri ATM Cash Deposit Machine.

Mandiri Tabunganku - www.infoperbankan.com

Mandiri Tabunganku - www.infoperbankan.com

Syarat Pembukaan Rekening Mandiri Tabunganku

  • Mengisi formulir aplikasi dan menunjukkan kartu identitas (KTP) yang masih berlaku.
  • Penyetoran dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat pembukaan rekening, Mandiri Mobile atau Mandiri ATM Cash Deposit Machine.
  • Transaksi penarikan dilakukan di kantor cabang tempat membuka rekening, dengan ketentuan (a) wajib menyerahkan Kartu TabunganKu, (b) minimal Rp100.000 per transaksi, (c) maksimal 1 kali per bulan, penarikan lebih dari 1 kali per bulan dikenakan biaya Rp5.000, (d) penarikan kurang dari Rp5 juta dikenakan biaya Rp5.000.
  • 1 (satu) orang hanya bisa memiliki 1 (satu) rekening, kecuali bagi orang tua yang membuka rekening untuk anak yang masih dibawah perwalian.
  • Tidak diperkenankan untuk rekening bersama dengan status ‘dan/atau’.
  • Rekening yang tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut (pasif) dikenakan biaya Rp2.000/bulan. Dengan kata lain, saldo minimal di buku tabungan atau ATM Mandiri TabunganKu senilai Rp20.000.
  • Rekening pasif dengan saldo kurang dari atau sama dengan Rp20.000, maka rekening akan ditutup oleh sistem.
  • Layanan transaksi ATM.
  • Masa berlaku Kartu TabunganKu 3 (tiga) tahun sejak diterbitkan, tertera pada bagian muka kartu (Valid Thru:bulan/tahun). Penggantian kartu karena habis masa berlaku tidak dikenakan biaya di Kantor Cabang Bank Mandiri tempat rekening dibuka.

Jika dibandingkan dengan regulasi tahun 2019 lalu, terdapat perubahan pada beberapa ketentuan. Misalnya, untuk transaksi penarikan di kantor cabang wajib menyerahkan Kartu TabunganKu dengan minimal Rp50 ribu per transaksi. Pada 2020, Anda wajib menyerahkan minimal Rp100 ribu per transaksi. Selain itu, masa berlaku Kartu TabunganKu juga mengalami perubahan dari 10 tahun menjadi 3 tahun saja sejak diterbitkan.

Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diinformasikan melalui media yang ditentukan oleh Bank Mandiri. Jika Anda membutuhkan informasi terbaru mengenai syarat, ketentuan, atau informasi lain menyangkut Mandiri TabunganKu, bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Anda juga bisa menghubungi pihak bank melalui Mandiri Call di nomor 14000.

Dalam menjalankan bisnisnya, Bank Mandiri memiliki segmen educare yang berhubungan dengan dunia pendidikan serta dunia pekerja. Salah satunya, yaitu dengan adanya produk tabungan SimPel. Produk tabungan ini merupakan tabungan khusus yang hanya boleh digunakan oleh para pelajar dan karyawan saja. SimPel sendiri merupakan kepanjangan dari Simpanan Pelajar dan Karyawan. Bank Mandiri menghadirkan produk tersebut atas dasar banyaknya pelajar dan karyawan yang kurang bisa menyimpan uang dengan baik.

ATM Mandiri - www.sepulsa.com

ATM Mandiri - www.sepulsa.com

Sebagai langkah edukasi untuk para pelajar di Indonesia agar belajar menabung dan mampu mengatur keuangan dengan baik, SimPel juga menghadirkan fasilitas pengatur keuangan. Ketika seorang pelajar telah resmi memiliki rekening SimPel, ada kalanya mereka harus mengatur besarnya saldo utama dan berkelanjutan yang harus mereka tabung.

Selain itu, ini sangat bermanfaat bagi para karyawan yang ingin menghemat. Ketika karyawan menabung dengan produk tabungan SimPel, maka tidak akan terkena potongan biaya administrasi walaupun saldo berada di bawah minimal. Para karyawan juga akan mendapatkan keuntungan berupa bunga sebesar 0,15% per tahun.

Untuk membuat tabungan tersebut, Anda akan dikenakan biaya awal pembuatan rekening sebesar Rp50 ribu. Jika Anda ingin melakukan penutupan rekening, Anda juga akan dikenakan tarif sebesar Rp50 ribu. Ada beberapa persyaratan khusus jika Anda ingin membuat rekening Mandiri SimPel. Persyaratannya, usia minimal nasabah yaitu 18 tahun dengan usia maksimal 65 tahun. Selain itu, Anda perlu membawa berbagai perlengkapan dokumen, seperti KK, KTP, dan KTP orang tua.

[Ditta]

Baca juga  Info Lengkap Biaya Administrasi dan Syarat Membuka Rekening BJB
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Masa Berlaku dan Saldo Minimal ATM Mandiri TabunganKu"