Manfaat dan Harga Pupuk Gandasil B (Semua Kemasan)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pupuk. Ini adalah zat atau bahan yang bermanfaat untuk kesuburan dan akhirnya meningkatkan produksi tanaman. Di pasaran, pupuk sudah tersedia dalam berbagai macam, salah satunya pupuk Gandasil B yang dikatakan cocok pemupukan, baik tanaman berbunga maupun tanaman buah. Hadir dalam beragam kemasan, harga pupuk ini ternyata sangat terjangkau.

Ilustrasi: menggunakan pupuk semprot (sumber: gardenerspath.com)
Ilustrasi: menggunakan pupuk semprot (sumber: gardenerspath.com)

Pupuk, seperti diterangkan Balai Penelitian Kementerian Pertanian, adalah suatu bahan yang mengandung satu atau lebih unsur hara atau nutrisi bagi tanaman untuk menopang tumbuh dan berkembangnya tanaman. Unsur hara yang diperlukan oleh tanaman antara lain C, H, O (ketersediaan di alam melimpah), N, P, K, Ca, Mg, S (hara makro), dan Fe, Mn, Cu, Zn, Cl, Mo, B (hara mikro). Bahan ini dapat diberikan lewat tanah, daun, atau diinjeksi ke batang tanaman.

Bacaan Lainnya

Menurut ragam hara yang terkandung, setidaknya ada dua jenis pupuk yang dikenal masyarakat. Pertama adalah pupuk tunggal, yakni pupuk yang  mengandung satu macam unsur hara, misalnya pupuk N (nitrogen), pupuk P (fosfat), atau pupuk K (kalium). Sementara itu, pupuk yang mengandung lebih dari satu unsur hara sering disebut sebagai pupuk majemuk. Pupuk majemuk merupakan jenis pupuk lambat lepas yang mengandung hara utama N, P, K, dan hara lain seperti S, Mg, Si, dan hara mikro.[1]

Baca juga  Update Harga Teh Celup Sosro di Indomaret dan Alfamart

Dibandingkan pupuk tunggal, pupuk majemuk lebih sering digunakan lantaran mengandung unsur hara yang beragam. Pupuk NPK misalnya, hanya dengan pemberian satu kali pupuk, diklaim sudah mencakup beberapa unsur sehingga lebih efisien dalam penggunaan bila dibandingkan dengan pupuk tunggal.[2] Sementara itu, pemberian pupuk KCL pada taraf 150 kg ternyata mampu meningkatkan hara kalium pada entisol, meskipun tidak terlalu meningkatkan pertumbuhan tanaman kedelai.[3]

Selain dua pupuk tersebut, pupuk majemuk lainnya yang sekarang juga sudah mulai marak digunakan petani adalah Gandasil B. Sering dikatakan mirip pupuk NPK, pupuk Gandasil B merupakan salah satu pupuk daun yang mengandung unsur hara nitrogen sebesar 6 %, fosfor sebesar 20%, kalium sebesar 30%, dan magnesium sebesar 3%. Selain itu, terdapat beberapa unsur hara mikro pada Gandasil B seperti cobalt (Co), tembaga (Cu), boron (Br), seng (Zn), serta vitamin.[4]

Dilansir dari kanal YouTube Sahabat Petani, pupuk Gandasil B dikatakan sebagai pupuk gandasil buah (huruf B merujuk pada buah) yang paling tepat diberikan pada tanaman pada fase pembungaan atau pembuahan. Karena cocok diberikan saat tanaman memasuki periode pembungaan atau pembuahan, pupuk ini bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tanaman agar bagian bunga atau buahnya dapat tumbuh dengan lebih cepat.

Baca juga  Update Harga Meses Kiloan dan Sachet Berbagai Merk

Manfaat Pupuk Gandasil B

  • Pupuk Gandasil B punya manfaat untuk menjaga kesehatan tanaman karena memiliki kandungan fosfor, kalium, dan magnesium.
  • Pupuk Gandasil B juga dikatakan dapat meningkatkan hasil atau produktivitas pada tanaman buah.
  • Pupuk Gandasil B yang diberikan pada buah diklaim akan membuat buah tersebut menjadi lebih manis.
  • Pupuk Gandasil B diklaim dapat menambah berat hingga warna pada buah.
  • Memberikan pupuk Gandasil B juga dikatakan dapat menjaga daya tahan buah, menjadikan tanaman lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.
  • Pupuk Gandasil B pun disebutkan dapat mencegah penyakit atau serangan hama yang hendak merusak tanaman.
  • Tidak hanya cocok untuk tanaman buah, pupuk Gandasil B diklaim juga dapat diberikan untuk tanaman padi.
Pupuk Gandasil B (sumber: lazada)
Pupuk Gandasil B (sumber: lazada)

Apabila Anda tertarik menggunakan pupuk Gandasil B, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan dan alat pertanian atau memesan lewat sejumlah situs e-commerce. Hadir dalam berbagai kemasan, mulai 100 gram, berikut kami sajikan informasi kisaran harga pupuk Gandasil B di pasaran saat ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Traktor Mini Kubota (Semua Varian)

Harga Pupuk Gandasil B

Kemasan Pupuk Gandasil B Harga
Pupuk Gandasil B 100 gr Rp8.500 – Rp12.000
Pupuk Gandasil B 500 gr Rp25.000 – Rp45.000
Pupuk Gandasil B Cair 1 Liter Rp33.999

Informasi harga pupuk Gandasil B di atas kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk toko bahan pertanian dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga pupuk Gandasil B tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Supriyadi, Nunik Eka Diana, Djumali. 2017. Pengaruh Pupuk Majemuk Berbentuk Granul dan Briket terhadap Pertumbuhan, Produktivitas, dan Rendemen Tebu. Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri, Vol. 9(1): 34-41.

[2] Hardjowigeno, S. 2003. Klasifikasi dan Pedogenesis. Jakarta: Akademik Pressindo, hlm. 250.

[3] Gaol, Surya Karto Lumban, dkk. 2014. Pemberian Zeolit dan Pupuk Kalium untuk Meningkatkan Ketersediaan Hara K dan Pertumbuhan Kedelai di Entisol. Jurnal Online Agroteknologi, Vol. 2(3): 1151-1159.

[4] Lingga, P. 1994. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *