Manfaat dan Harga Infusion Pump (Berbagai Merk)

No comment263 views

Ketika orang harus menjalani rawat inap di , mereka tentunya perlu mendapatkan dan secara teratur dan terkontrol. Untuk kebutuhan tersebut, diperlukan yang canggih dan memadai, seperti infusion pump dan syringe pump. Di pasaran sendiri, ini sudah tersedia dalam beragam merk dan rata-rata dijual dengan jutaan rupiah.

Penggunaan infusion pump untuk pasien rawat inap (sumber: shutterstock)

Penggunaan infusion pump untuk pasien rawat inap (sumber: shutterstock)

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), infusion pump atau pompa infus adalah yang digunakan untuk memberikan cairan, seperti nutrisi dan obat-obatan, ke tubuh pasien dalam jumlah yang terkontrol. Pompa infus umum digunakan dalam pengaturan klinis seperti rumah sakit, panti jompo, maupun di rumah.[1]

Secara umum, pompa infus ini dioperasikan oleh pengguna yang terlatih, yang memprogram laju dan durasi pengiriman cairan melalui antarmuka perangkat lunak bawaan. Pompa infus menawarkan keuntungan yang signifikan dibandingkan dengan pemberian cairan secara manual, termasuk kemampuan untuk memberikan cairan dalam volume yang sangat kecil, dan kemampuan untuk memberikan cairan dengan laju yang diprogram secara tepat atau interval otomatis. Mereka dapat memberikan nutrisi atau obat-obatan, seperti insulin atau hormon lain, antibiotik, obat kemoterapi, dan penghilang rasa sakit.

Baca juga  Info Review & Harga Acnes UV Tint untuk Kulit Berjerawat

Alat ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam pelayanan medis, khususnya dalam pasien yang kritis. Pasalnya, cairan yang dimasukkan dengan menggunakan pompa infus langsung melalui pembuluh darah (vena) sehingga cairan yang dimasukkan bisa langsung diolah oleh tubuh karena langsung diangkut oleh darah menuju bagian tubuh yang memerlukan.[2]

Karena pompa infus sering digunakan untuk memberikan cairan kritis, termasuk obat-obatan berisiko tinggi, kegagalan pompa dapat memiliki implikasi signifikan bagi keselamatan pasien. Akhirnya, banyak pompa infus dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti alarm atau peringatan operator lain, yang dimaksudkan untuk diaktifkan jika terjadi masalah.

Sebagai contoh, beberapa pompa dirancang untuk mengingatkan pengguna ketika udara atau penyumbatan lain terdeteksi dalam pipa yang memberikan cairan kepada pasien. Beberapa pompa infus yang lebih , sering disebut smart pump, dirancang untuk memperingatkan pengguna ketika ada risiko interaksi obat yang merugikan, atau ketika pengguna menetapkan parameter pompa di luar batas keamanan yang ditentukan.

Jenis Infusion Pump

Infusion pump (sumber: medtechtrade.com)

Infusion pump (sumber: medtechtrade.com)

Ada banyak jenis pompa infus, termasuk volume besar, analgesia yang dikendalikan pasien (PCA), elastomer, jarum suntik, enteral, dan pompa insulin. Beberapa dirancang terutama untuk penggunaan stasioner di samping tempat tidur pasien. Sementara, yang lain disebut pompa infus rawat jalan, dirancang agar portabel atau dapat dipakai.

Baca juga  Harga Terbaru Kamera Aksi Sbox di Pasaran

Secara garis besar, pompa infus ini dapat dibedakan menjadi dua kategori. Pertama adalah pompa volume besar yang dapat memompa penggantian cairan seperti larutan saline, obat-obatan seperti antibiotik atau larutan nutrisi yang cukup besar untuk memberi makan pasien. Kemudian, yang kedua adalah pompa volume kecil untuk menanamkan hormon, seperti insulin, atau obat-obatan seperti opiat.

Pompa volume besar biasanya menggunakan beberapa bentuk pompa peristaltik. Klasik, mereka menggunakan rol yang dikendalikan komputer untuk menekan tabung karet silikon tempat obat mengalir. Bentuk umum lainnya adalah seperangkat jari yang menekan tabung secara berurutan. Sementara itu, pompa volume kecil biasanya menggunakan motor yang dikendalikan komputer memutar sekrup yang mendorong plunger pada jarum suntik.

Saat ini, tidak sulit menemukan infusion pump. Pasalnya, alat ini sudah tersedia di berbagai toko peralatan medis. Bahkan, Anda bisa membelinya secara online via beberapa situs e-commerce lokal. Merk-merk yang sudah beredar di pasaran dalam negeri antara lain ENMIND, Terumo, dan INFUSIA. Berikut kami sajikan kisaran harga infusion pump di pasaran.

Harga Infusion Pump

Infusion pump (sumber: freepik)

Infusion pump (sumber: freepik)

Merk & Tipe Infusion PumpHarga
Infusion Pump Terumo TE-112Rp6.500.000
Mindray SK 600 I Infusion PumpRp8.500.000 – Rp9.950.000
MEDIMIG OIP 900 Infusion PumpRp10.500.000
Mindray SK 600 II Infusion PumpRp11.500.000 – Rp13.938.000
ENMIND EN-V7 Smart Infusion PumpRp13.448.280
Infusion Pump HEDY i7Rp13.500.000
INFUSIA VP7 Infusion PumpRp12.900.000
Infusion Pump VolumatAgilia Int Fresenius KabiRp15.000.000
Infusion Set Pump MT-600Rp16.099.999
Infusion Pump Ampall IP 7700Rp16.549.500
MindrayBeneFusion VP5 EX Infusion PumpRp19.205.000
Infusion Pump HK-100 IIRp20.930.000
Carewell Infusion Pump Medi 200CRp21.780.000
Infusion Pump Terumo LF-600Rp28.750.000 – Rp35.363.000
Infusion Pump Terumo TE-LM800Rp47.000.000
Baca juga  Update Varian & Harga OBH Combi untuk Anak dan Dewasa

Sekilas, infusion pump mirip dengan syringe pump, terutama mengenai fungsinya. Namun, kedua alat ini ternyata punya perbedaan mendasar. Jika infusion pump berguna untuk pemakaian selang infus, maka syringe pump dipakai untuk memasukkan obat yang ada di dalam jarum suntik dan kemudian dimasukkan ke tubuh melalui pembuluh vena. Perbedaan lainnya, infusion pump menghitung tetesan per menit dan harus selalu dikontrol, sedangkan syringe pump tidak perlu lagi menghitung tetesan cairannya.

[1]US Food and Drug Administration. 2018. Infusion Pump. //www.fda.gov/medical-devices/general-hospital-devices-and-supplies/infusion-pumps. Diakses 12 Maret 2020.

[2]Wadianto dan Zhafira Fihayah. 2016. Simulasi Sensor Tetesan Cairan pada Infus Konvensional. Jurnal Politeknik Kementerian Tanjung Karang, Vol. 7(3): 394-401.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Manfaat dan Harga Infusion Pump (Berbagai Merk)"