Update Harga Minyak Tawon Asli (Tutup Putih dan Tutup Merah)

Anda pasti sudah sangat familiar dengan minyak tawon. Ini adalah salah satu minyak esensial asli Indonesia yang keberadaannya sudah dipercaya sejak dahulu sebagai salah satu minyak untuk gosok. Memiliki lambang gambar tawon pada pembungkusnya serta diklaim punya beragam khasiat, minyak ini harganya bisa mencapai angka ratusan ribu rupiah per botol untuk yang asli. 

Minyak tawon sendiri dikatakan merupakan minyak racikan seorang etnis Tionghoa di Makassar bernama Lie A Liat. Makassar yang pada zaman dahulu menjadi tempat persinggahan bangsa Eropa untuk melakukan perdagangan memberikan inspirasi bagi Lie A Liat untuk membuka bisnis obat bernama To Boo Loeng.

Produk-produk minyak tawon (sumber: ngalam.co)

-produk minyak tawon (sumber: ngalam.co)

Pada tahun 1984, merek To Boo Loeng ini diganti menjadi Minyak Gosok Cap Tawon dengan nama perusahaan PT Tawon Jaya Makassar. Bisnis minyak tawon ini sekarang dikelola oleh generasi ketiga Lie A Liat, Eddy Mattually. Minyak yang setiap bulan diproduksi sebanyak 300 ribu botol tersebut dikatakan tidak pernah berubah racikannya sejak pertama kali dibuat

Banyak orang mengira bahwa minyak tawon dihasilkan dari tawon. Padahal, minyak tawon merupakan hasil ekstrak dari sejumlah bahan alami yang menurut medis dianggap dapat mengatasi berbagai macam . Minyak tawon dibuat dari campuran minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak sereh, daun lada, rimpang jahe, rimpang kunyit, dan bawang merah. 

Di dalam minyak tawon yang asli, terdapat kandungan asam laurat yang bersifat sebagai antibiotik, antibakteri, dan anti-jamur. Kandungan tersebut diyakini bisa menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh gigitan serangga atau teristis dan pemulihan ketegangan otot. Selain itu, minyak tawon yang hangat tersebut bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. 

Sama halnya dengan minyak kelapa, pemakaian minyak tawon juga menimbulkan rasa lengket di pada saat dioleskan. Meski demikian, khasiat minyak ini sudah terbukti ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit, khususnya penyakit yang disebabkan oleh jamur, seperti , , gatal-gatal, dan kurap.  

Minyak tawon memiliki kandungan vitamin A dan E yang bermanfaat untuk kulit dan rambut. Adanya kandungan lemak dalam minyak membuatnya mudah diserap oleh kulit. Tak hanya ampuh untuk menyembuhkan luka luar dan persendian, minyak tawon juga mengandung kebaikan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari minyak tawon asli yang dapat Anda manfaatkan.

Minyak Tawon Bermanfaat untuk Meredakan Sakit Kepala

Minyak Tawon Bermanfaat untuk Meredakan Sakit Kepala

Manfaat Minyak Tawon

  • Mengobati sakit perut dan diare. Dengan menggosokkan minyak tawon pada bagian perut secara perlahan, diyakini dapat menyembuhkan masalah pada , seperti sakit perut dan diare. Kandungan yang terdapat pada minyak tawon akan membuat terasa lebih baik dan lebih lancar.
  • Menghangatkan badan. Anda dapat menggunakan minyak tawon untuk menghangatkan badan ketika masuk angin atau kondisi badan tidak sedang fit. Cukup oleskan dan gosokkan minyak tawon pada bagian tubuh, leher, hingga perut. 
  • Menyembuhkan luka bakar. Minyak tawon dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena panas knalpot atau panci. Anda bisa mengoleskan minyak ini pada luka agar tidak meninggalkan bekas ataupun menyebabkan luka dalam. 
  • Mencegah . Kandungan baik yang terdapat dari minyak tawon juga dapat untuk mencegah kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka dan juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta meredakan rasa lelah. 
  • Meredakan sakit kepala. Apabila  Anda tengah mengalami sakit kepala akibat flu, minyak tawon dapat membantu meredakannya. Cukup gosokkan minyak tawon pada bagian samping kepala secara perlahan disertai pijatan. Setelah beberapa saat kepala akan terasa membaik.

Dengan racikan ramuan rempah-rempah seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, dan bawang, minyak tawon yang hangat ini ternyata sangat digemari oleh warga Eropa. Minyak gosok ini awalnya hanya dipasarkan ke pedalaman-pedalaman di sekitar Sulawesi, dan beberapa tahun kemudian dijual ke Jawa, tepatnya ke Jakarta dan Surabaya. Kini, produk asli Indonesia ini ternyata telah merambah ke beberapa negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, Brunei, dan Australia. Sejak 2009 lalu, bahkan telah merambah ke daratan Eropa, yaitu Inggris hingga Belanda.

Jenis Minyak Tawon

Minyak tawon terdiri dari dua macam, yakni minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah. Minyak tawon tutup putih dikatakan lebih berkhasiat dibanding minyak tawon tutup merah. Letak perbedaannya pada panas yang dihasilkan. Minyak tawon tutup putih panasnya sangat terasa, meresap ke dalam otot kita, cocok untuk penggunaan pijat urut karena pegal-pegal atau keseleo.

Minyak Tawon Asli - www.bukalapak.com

Minyak Tawon Asli - www.bukalapak.com

Sementara itu, minyak tawon tutup merah, harganya relatif murah dan namun khasiatnya dikatakan sama saja dengan minyak tawon tutup putih. Yang berbeda hanya pada rasa panasnya, tidak sepanas minyak tawon tutup putih. Untuk pengobatan luka lecet atau digigit serangga, cukup menggunakan minyak tawon tutup merah ini. 

Harga Minyak Tawon Asli

Sebagai informasi, minyak tawon asli Makassar memiliki harga yang memang lebih mahal dibanding dengan minyak tawon palsu yang beredar di pasaran. Untuk minyak tawon tutup putih botol 330 ml misalnya, sekarang dijual dengan harga Rp443 ribu hingga Rp468 ribuan, sedangkan varian tutup merah sama harganya berkisar Rp168 ribu sampai Rp200 ribuan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga minyak tawon asli ini belum banyak berubah.

Berkat kandungan baik yang dimiliki oleh minyak tawon, membuat banyak masyarakat mengonsumsi jenis minyak gosok ini. Hal tersebut lantas dimanfaatkan oleh beberapa oknum pemalsu minyak tawon hingga tak jarang di pasaran ditemukan obat gosok minyak tawon palsu. Sehingga, Anda perlu berhati-hati membeli barang ini.

Perbedaan minyak tawon asli dengan palsu terletak pada warnanya. Minyak tawon yang asli diyakini memiliki warna yang lebih bening keemasan, sementara yang palsu warnanya agak keruh dan kecoklatan. Tutupnya juga berbeda, dengan produk yang asli memiliki warna merah bening. Agar tidak tertipu dalam membeli minyak tawon, Anda bisa membelinya di apotik atau minimarket terpercaya.

(Panca)

Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, & Harga Obat Kalpanax Cair
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Minyak Tawon Asli (Tutup Putih dan Tutup Merah)"