Info Terbaru Harga Melia Propolis di Apotek

Saat ini, sudah beredar banyak obat herbal yang diklaim sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, salah satu obat herbal yang sering diperbincangkan di berbagai media online adalah Melia Propolis. Dijual melalui agen resmi maupun beberapa apotek, Melia Propolis sekarang ditawarkan dengan harga mulai puluhan ribu rupiah per botol.

Melia Propolis kemasan botol 6ml (sumber: bursamuslim.com)
Melia Propolis kemasan botol 6ml (sumber: bursamuslim.com)

Dilansir Bisnis, belakangan ini, istilah propolis marak muncul di tengah-tengah masyarakat. Hal ini terjadi karena banyak produk yang mengklaim menjadikan propolis sebagai bahan utamanya. Aplikasi produknya beragam mulai dari diteteskan ke dalam air lalu diminum, sebagai obat mata, dan bahkan digunakan sebagai bahan sabun mandi.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, propolis adalah zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai tumbuhan. Dengan bantuan air liur, lebah akan membentuk propolis. Propolis tersusun dari lilin, resin, dan komponen esensial lain serta sedikit polen. Salah satu komponen aktif yang terkandung di dalamnya adalah caffeic acid phenethyl ester.

Peneliti propolis dari Universitas Indonesia, Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si, M.Eng,  mengatakan bahwa propolis memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dia menuturkan, terdapat sekitar 2.500 penelitian di dunia kesehatan yang telah membuktikan kegunaan propolis. Pemanfaatannya bisa sangat beragam, mulai dari dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai obat luar.

Penggunaan propolis untuk produk sabun cair misalnya, dikatakan dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Beragam gangguan seperti gatal-gatal karena alergi, eksim, masalah jerawat, hingga bekas luka dapat dihilangkan menggunakan propolis yang dijadikan bahan sabun ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Enfagrow (Enfamil) untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Sementara itu, dikutip dari Alodokter.com, sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Yunani kuno menggunakan propolis sebagai obat bisul atau abses. Sementara, banyak masyarakat negara lain memanfaatkan propolis untuk menangkal infeksi dan membantu proses penyembuhan saat luka, atau bahkan untuk mengatasi tumor.

Propolis diduga bekerja melawan bakteri, virus, dan jamur. Meski telah diteliti dengan baik oleh para pakar dan sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, namun efektivitas propolis belum cukup terbukti secara ilmiah dan perlu dikaji lebih lanjut lagi secara klinis. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang diklaim dapat diperoleh dari propolis.

Propolis lebah (sumber: gazette.com)
Propolis lebah (sumber: gazette.com)

Manfaat Propolis

  • Luka melepuh di sekitar bibir, disebut juga cold sore, diduga bisa diobati dengan propolis. Mengoleskan propolis pada lepuh tersebut diperkirakan dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.
  • Propolis juga diduga dapat membantu penyembuhan luka herpes genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyembuhan luka lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional seperti obat oles acyclovir. Tetapi, pernyataan ini masih perlu diuji ulang untuk pembuktian lebih lanjut.
  • Manfaat propolis sebagai obat kanker sudah beberapa kali diteliti. Menurut salah satu studi, terdapat beberapa efek anti-kanker yang terdapat dalam herbal ini seperti mencegah sel-sel kanker untuk bertambah banyak, mengurangi kemungkinan sebuah sel menjadi sel kanker, dan menghambat jalur komunikasi antar-sel kanker. Sementara, penelitian lain menunjukkan bahwa herbal ini juga dapat menjadi tambahan yang sangat membantu dalam mengobati kanker payudara.
  • Sebagai perawatan kulit, khasiat propolis secara keseluruhan adalah membantu mengurangi pigmentasi dan kemerahan di kulit akibat peradangan, meningkatkan kolagen, serta menawarkan antioksidan yang baik untuk melindungi diri Anda dari polusi, sinar matahari, serta radiasi. Herbal ini juga direkomendasikan bagi pemilik kulit berjerawat atau acne prone karena dapat membantu meredakan kemerahan akibat jerawat yang meradang. Selain itu, herbal ini juga memiliki fungsi regenerasi sehingga dapat membantu mengembalikan lapisan kulit yang rusak.
  • Manfaat propolis lainnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat “LDL” dalam tubuh. Selain itu, herbal ini juga telah digunakan dalam produk obat kumur dan pasta gigi untuk mencegah karies gigi (gigi berlubang) dan mengobati radang gusi serta stomatitis. Perlu ditekankan bahwa khasiat propolis untuk kesehatan masih perlu dikaji ulang karena penelitian ilmiah yang tersedia masih sangat terbatas.
Baca juga  Info Harga Stimuno dan Imboost di Pasaran
Obat herbal Melia Propolis (sumber: wisnu10m.com)
Obat herbal Melia Propolis (sumber: wisnu10m.com)

Manfaat Melia Propolis

Salah satu produk obat herbal yang mengklaim telah mengandung propolis adalah Melia Propolis. Diproduksi oleh PT Melia Sehat Sejahtera, ini adalah produk alami lebah yang dikumpulkan oleh lebah dari pucuk-pucuk daun muda dan berbagai komponen tumbuhan lainnya serta getah-getah pohon, utamanya pohon poplar (tumbuhan sejenis damar yang hanya ada di Brazil) lalu dicampur dengan air liurnya.

Perlu diketahui bahwa propolis pada umumnya masih mengandung pesin dan lilin. Namun, Melia Propolis diklaim melalui proses yang lebih baik (dicairkan tanpa bahan kimia, tetapi dipanaskan pada suhu 60 sampai 70 derajat Celcius dengan alat khusus). Pesin dan lilin serta kotoran lainnya dipisahkan sebelum menjadi ‘water base’ sehingga aman untuk ginjal dan organ tubuh lainnya walau dikonsumsi seterusnya, serta menjadikan Melia Propolis tidak memiliki masa kadaluarsa karena 100% adalah murni propolis alami.

Melia Propolis dikatakan mampu membantu menyembuhkan penyakit seperti batuk, asma, bronchitis, TBC, sinus, polip, flu, demam, demam berdarah, luka benda tajam/bakar, bengkak, borok, infeksi kulit, infeksi telinga, katarak, jerawat, bisul, herpes, infeksi vagina, keputihan, mengurangi nyeri haid, penyakit kulit karena jamur, kanker, tumor, kista, gondok, jantung, ginjal, diabetes, hepatitis, stroke, kolesterol, darah tinggi dan rendah, asam urat, rematik, gangguan pencernaan, maag, ambeien, tipus, sembelit, dan lain-lain.

Baca juga  Update Harga Masker di Indomaret dan Alfamart (Semua Merk)

Dosis Melia Propolis

  • Orang sehat, diminum 5-7 tetes, 3 sampai 5 kali sehari (teteskan ke dalam 1/4 gelas air minum).
  • Orang sakit, diminum 7-10 tetes, 4 sampai 5 kali sehari (teteskan ke dalam 1/4 gelas air minum).
Ilustrasi Propolis (sumber: sehatq.com)
Ilustrasi Propolis (sumber: sehatq.com)

Efek Samping Melia Propolis

Menurut agen resmi penjual Melia Propolis, produk ini dikatakan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Namun, beberapa konsumen mengeluhkan pusing, mual, demam, gatal dan berkeringat, hingga mengantuk dan bersin setelah meminum obat ini. Nah, sebagai langkah aman, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi Melia Propolis.

Harga Melia Propolis di Apotek

Kemasan Melia Propolis Harga
Melia Propolis 6 ml Rp73.808
Melia Propolis Gold 6 ml Rp89.404

Perlu Anda ketahui bahwa harga Melia Propolis di atas telah kami rangkum dari situs resmi Apotek K24 dan harganya dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, harga Melia Propolis pada 2019 berkisar Rp100.000 hingga Rp500.000.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Melia Propolis di apotik tahun 2021 dan 2022 mengalami penurunan. Sebagai contoh, Melia Propolis 6 ml yang harganya Rp120 ribu hingga Rp375 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp75 ribuan di tahun 2021, turun lagi menjadi Rp73 ribuan tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.