Update Kisaran Biaya Endoskopi Lambung di Rumah Sakit

Datangnya penyakit memang tak pernah bisa diduga. Dari sekian banyak jenis penyakit, hampir setiap orang tentu pernah mengalami masalah sakit perut, termasuk di lambung. Apabila lambung Anda terasa bermasalah, tak ada salahnya untuk segera pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi tubuh Anda. Dokter spesialis penyakit dalam biasanya akan menganjurkan Anda untuk menjalani pemeriksaan endoskopi jika gejala-gejala yang ditunjukkan dianggap terlalu berisiko, meski memang biayanya cukup mahal.

Biaya, pemeriksaan, endoskopi, lambung, di, rumah sakit, Siloam, jakarta, Jatinegara, tarif, BPJS, kesehatan, fasilitas, dokter, gejala, jenis, nyeri, penyakit, perut, pencernaan,
Info Terbaru Biaya Pemeriksaan Endoskopi Lambung di Rumah Sakit (binahusada.com)

Harus diakui, tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lambung dan sistem pencernaan memang masih rendah. Hal ini yang lantas menyulut tingginya angka kasus sakit maag atau gastritis. Gastritis adalah peradangan mukosa lambung yang disebabkan oleh faktor iritasi dan infeksi.[1] Jika tidak segera ditangani, penyakit ini ternyata dapat merusak fungsi lambung dan bahkan meningkatkan risiko untuk kanker lambung hingga kematian.

Bacaan Lainnya

Gastritis ini biasanya diawali oleh pola makan yang tidak teratur. Kebiasaan makan yang buruk dan mengonsumsi makanan yang tidak higienis juga dapat menjadi faktor risiko terjadinya gastritis.[2] Selain itu, gastritis juga disebabkan ketidaksesuaian lambung dengan makanan yang dikonsumsi, seperti makanan pedas (cabai atau merica) atau makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, sehingga produksi asam lambung menjadi tidak terkontrol.[3]

Selain gastritis, penyakit ganas lainnya yang dapat menyerang lambung dan sistem pencernaan adalah kanker gastrointestinal, yang meliputi kanker esofagus, gastroduodenal, pankreas, dan kolorektal. Di negara maju, kanker kolorektal merupakan keganasan gastrointestinal terbanyak, diikuti kanker lambung dan kanker esofagus. Sebaliknya, di negara berkembang, kanker lambung justru menjadi keganasan terbanyak, disusul kanker kolorektal dan kanker esofagus.[4]

Apa Itu Endoskopi Lambung?

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan prosedur pemeriksaan endoskopi. Endoskopi sendiri merupakan pemeriksaan teleskopik (teropong) yang dilakukan oleh dokter ahli penyakit dalam untuk memeriksa saluran cerna Anda secara visual. Metode endoskopi dilakukan dengan memasukkan selang kecil berisi kamera dari rongga mulut hingga mencapai lambung dan usus.

Pemeriksaan satu ini memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebab, pada saat proses memasukkan selang ke dalam tenggorokan, biasanya Anda akan merasa mual dan bahkan beberapa pasien ada yang mengaku sampai muntah dan mengeluarkan banyak air liur ketika proses endoskopi sedang berlangsung.

Endoskopi dapat berfungsi untuk diagnosis dan pengobatan. Untuk keperluan diagnosis, endoskopi bermanfaat untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dispepsia, nyeri perut bagian atas yang belum jelas, penyebab disfagia (kesulitan menelan), muntah yang berlangsung terus-menerus, berat badan yang turun secara drastis, menentukan lokasi perdarahan saluran pencernaan, menentukan lokasi tukak lambung, lokasi pelebaran pembuluh darah kerongkongan dan lambung, mengevaluasi refluks gastroesofageal, hingga mencari tahu luasnya luka akibat menelan korosif.

Sementara itu, endoskopi untuk keperluan pengobatan dapat digunakan untuk mengikat pembuluh darah esofagus dan gaster yang robek karena varises maupun non varises. Kemudian, juga untuk melebarkan penyempitan esofagus atau struktur pylorus, serta mengeluarkan benda asing dari dalam saluran pencernaan.

Biaya menjalani pemeriksaan endoskopi di Indonesia memang masih cukup mahal. Pada tahun 2019 lalu, rumah sakit swasta Jakarta mengenakan biaya antara Rp2,5 jutaan hingga Rp7 jutaan tiap kali pemeriksaan. Misalnya di RS Siloam Hospitals Asri Mampang, membanderol tarif endoskopi sebesar Rp2,5 jutaan, sementara tarif di RS MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Jakarta Rp3,5 jutaan, lalu di Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp5 jutaan, dan di Siloam Hospitals TB Simatupang Cilandak membanderol biaya sebesar Rp7 jutaan.

Sementara itu, pada tahun 2020, biaya pemeriksaan endoskopi di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur mulai Rp1,12 jutaan, sedangkan biaya di Primaya Hospital Tangerang mulai Rp2 jutaan. Kemudian, pada tahun 2021, biaya pemeriksaan endoskopi berkisar Rp1 juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit. Sebagai referensi terbaru, berikut kami sajikan kisaran tarif pemeriksaan endoskopi di sejumlah rumah sakit untuk saat ini.

Ilustrasi: dokter melakukan prosedur endoskopi (sumber: triboroughgi.com)

Biaya Endoskopi Lambung

Nama Rumah Sakit Kisaran Biaya Endoskopi
RS Panti Wilasa Citarum Mulai Rp900.000
RS Mitra Keluarga Bekasi Timur Mulai Rp1.120.000
RS Estomihi Medan Mulai Rp1.200.000
RSU PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta Mulai Rp1.525.000
RSI Siti Rahmah Padang Mulai Rp1.578.000
RS Elizabeth Situbondo Mulai Rp1.740.000
RS Biomedika Mataram Mulai Rp2.000.000
RS Balimed Denpasar Mulai Rp2.044.500
RS Islam Karawang Mulai Rp2.100.000
RS Mardi Rahayu Kudus Mulai Rp2.250.000
RS Kebon Jati Bandung Mulai Rp2.236.000
Siloam Sriwijaya Palembang Mulai Rp2.300.000
RS A.R Bunda Prabumulih Mulai Rp2.385.000
Siloam Hospitals Asri Jakarta Mulai Rp2.500.000
RS Immanuel Bandung Mulai Rp2.576.500
RS EMC Tangerang Mulai Rp2.527.000
RS Harapan Keluarga Cikarang Mulai Rp2.750.000
RS Dr. Oen Solo Baru Mulai Rp2.950.000
Primaya Hospital Makassar Mulai Rp3.150.000
Siloam Hospitals Lippo Village Mulai Rp3.371.000
Siloam Hospitals Kebon Jeruk Mulai Rp3.371.000
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Mulai Rp3.500.000
RS Imanuel Way Halim Bandar Lampung Mulai Rp3.670.000
RS Efarina Etaham Berastagi Mulai Rp3.696.000
Siloam Hospitals Surabaya Mulai Rp3.800.000
RS Mitra Plumbon Majalengka Mulai Rp3.937.500
RSU Royal Prima Medan Mulai Rp3.963.960
RS Bogor Senior Mulai Rp4.000.000
RS Mitra Plumbon Cirebon Muai Rp4.725.000
RS Hermina Yogyakarta Mulai Rp4.760.000
RS Premier Jatinegara Mulai Rp5.200.000
RS TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo Mulai Rp5.400.000
RS Premier Surabaya Mulai Rp8.000.000
RS dr. Abdul Radjak Salemba Mulai Rp10.315.000

Apabila Anda terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, pemeriksaan endoskopi lambung termasuk perawatan yang ditanggung sepenuhnya oleh pihak BPJS. Untuk menjalani endoskopi lambung, Anda dapat meminta rujukan dari fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat 1 untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit dan menjalani endoskopi.

Saat pergi ke rumah sakit rujukan, lakukan pendaftaran administrasi sambil membawa dokumen persyaratan seperti fotokopi kartu peserta BPJS dan fotokopi surat rujukan. Perlu diingat bahwa sebelumnya Anda harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter Faskes 1 untuk memperoleh rujukan endoskopi ke rumah sakit.

[1] Putri, Anisha Tiara, F. Rezal, Akifah. 2017. Efektifitas Media Audio Visual dan Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Gastritis pada Santriwati di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri dan Ummusshabri Kota Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Masyarakat, Vol. 2(6).

[2] Wahyu, A. 2011. Maag dan Gangguan Pencernaan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka.

[3] Yuliarti, R. 2010. Maag: Kenali, Hindari dan Obati. Yogyakarta: CV Andi.

[4] Makmun, Dadang. 2018. Peranan Endoskopi Terapeutik dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Gastrointestinal Stadium Lanjut. eJKI, Vol. 6(2): 69-75.

Pos terkait