Update Harga Ford C-Max Energi dan Ford C-Max Hybrid

Perkembangan yang kian pesat menjalar ke perusahaan dunia. Banyak pabrikan terkenal yang kemudian meluncurkan mobil-mobil yang mereka klaim mengusung dan teknologi , salah satunya Ford melalui C-Max Energi. terakhir kendaraan ini dipasarkan di pasaran AS dengan mencapai Rp360 jutaan.

Ford, C-Max, kendaraan, harga, mobil, dolar, perusahaan, otomotif, teknologi, pabrikan, energi, produksi, varian, solar, bensin, kontrol, kapasitas

Ford C-Max Hybrid keluaran 2018 (sumber: ford.com)

Dilansir dari Wikipedia, Ford C-Max (sebelumnya disebut sebagai Ford Focus C-Max) merupakan kendaraan MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang pertama kali diproduksi oleh Ford Motor Company pada tahun 2003 lalu. Ford memperkenalkan C-Max di pasar Negeri Paman Sam sebagai jalur kendaraan hibrida, yang mencakup C-Max Hybrid yang dirilis pada September 2012 dan C-Max Energi yang diluncurkan sebulan kemudian.

Dalam gelaran Consumer Electronic Show, yang merupakan event tahunan dan diadakan di Las Vegas, AS, pabrikan memamerkan mobil buatannya yang dirancang secara khusus menggunakan panel surya sebagai salah satu sumber tenaganya. Namun bukan sekadar panel surya biasa, Solar Concept-nya dilengkapi ‘concentrator lens’ yang berfungsi untuk memaksimalkan jumlah konsentrasi sinar matahari yang mampu diserap oleh panel surya kemudian disimpan dalam bentuk energi listrik.

Melalui terobosan ini, tentunya untuk sekali full-charge, pengemudi mobil Ford C-Max Energi ini mampu berkendara dengan tenaga yang tersimpan di baterai C-Max Solar Energi Concept hingga jarak 33 kilometer. Hal ini berarti tidak membutuhkan bensin setetes pun. Selain itu, C-Max Energi yang dibuat dari platform Ford Focus ini digerakkan oleh mesin bensin dan motor listrik yang bisa menghasilkan power hingga 195 tenaga kuda.

Seperti C-Max konvensional, C-Max Energi, dan juga model hybrid, hanya menyediakan kapasitas lima kursi. Mobil ini sendiri dihadirkan untuk menggantikan model Ford Escape Hybrid dan Mercury Mariner Hybrid sejak perusahaan menghentikan Mercury pada tahun 2011 dan Escape Hybrid pada tahun 2012.

Kendaraan ini sendiri menggunakan platform Mk III baru sekaligus yang pertama di kelasnya untuk mendukung Torque Vectoring Control (TVC). C-Max yang didesain ulang memiliki kursi baris ketiga lipat datar, gerbang angkat daya bebas genggam, kamera tampak belakang, bantuan parkir, dan panoramic sunroof. Sementara, radio HD, Sirius XM, Sync, kontrol iklim zona ganda, dan navigasi datang sebagai standar atau sebagai pilihan yang tersedia pada garis trim yang berbeda.

Sayangnya, produksi kendaraan C-Max tidak berjalan lama. Produksi C-Max Energi di AS dihentikan Ford pada September 2017, sedangkan produksi lini C-Max Hybrid berhenti pada tahun 2018. Namun, jika Anda menelusuri situs resmi Ford, saat ini masih dijual varian C-Max Hybrid SE dengan harga sekitar 27.120 dolar AS dan C-Max Hybrid Titanium dengan harga 27.725 dolar AS. Jika dirupiahkan, kendaraan tersebut ditawarkan dengan harga mulai Rp404 jutaan per unit (kurs 1 dolar AS = Rp14.900). 

Baca juga  Update Specs dan Harga Mobil Smart Fortwo di Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Ford C-Max Energi dan Ford C-Max Hybrid"