Update Kisaran Biaya Laparoskopi (Laparoscopy) di Rumah Sakit Jakarta

Laparoscopy atau laparoskopi adalah sebuah teknik bedah invasif minimal yang menggunakan alat-alat berdiameter kecil untuk menggantikan tangan dokter bedah melakukan prosedur bedah di dalam rongga perut. Sudah banyak dan klinik kesehatan yang menyediakan layanan ini, termasuk di Jakarta, tetapi dengan biaya yang memang cukup mahal.

Biaya, operasi, laparoskopi, di, rumah sakit, area, jakarta, RSIA, RS, Bunda, teknik, batu, empedu, perut, alat, dokter, penyakit, perawatan,
Tim dokter sedang memulai proses operasi laparoskopi

Meski merupakan salah satu teknik bedah, tetapi laparoskopi tidak dapat dilakukan pada semua jenis pembedahan. Beberapa tindakan yang dapat menggunakan teknik laparoskopi sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Kegunaan Laparoskopi

  • Untuk memeriksa atau mengambil sampel dari tumor dan jaringan abnormal lainnya yang tumbuh di rongga perut.
  • Operasi ginekologi atau pemeriksaan awal untuk kondisi abnormal di dalam rahim, seperti untuk pengangkatan rahim, kehamilan yang terganggu, pengangkatan fibroid, serta penyakit radang panggul.
  • Untuk menemukan penyebab terjadinya susah hamil pada wanita, termasuk perlengketan, adanya kista, fibroid, ataupun infeksi. Teknik bedah ini dapat dilakukan setelah tes infertilitas awal dinilai tidak menunjukkan penyebab infertilitas dengan tepat.
  • Untuk melakukan biopsi dan ligasi tuba.
  • Untuk memonitor apakah kanker sudah bermetastasis ke rongga perut dan organ di dalamnya.
  • Untuk memeriksa ada tidaknya kerusakan pada organ internal pasca-cedera atau kecelakaan, misalnya pada limpa.
  • Untuk memperbaiki kondisi pada penderita hernia hiatus atau hernia inguinalis.
  • Digunakan pada tindakan pengangkatan organ, seperti rahim, limpa, kantong empedu, ovarium, hingga usus buntu.
  • Untuk melakukan pemotongan usus sebagian.
  • Mencari penyebab dari nyeri panggul yang muncul secara tiba-tiba.

Keuntungan pembedahan dengan laparoscopy antara lain sayatan kecil sekitar 1 hingga 1,5 cm, dengan ahli bedah akan memasukkan alat laparoscopy yang memiliki sebuah tabung kecil yang dilengkapi kamera dan lampu kecil pada ujungnya yang memperlihatkan isi di dalam rongga perut dan panggul pada sebuah monitor. Dengan sayatan yang kecil tersebut, rasa sakit lebih minimal dan dapat cepat sembuh sehingga memperpendek masa perawatan di rumah sakit. Risiko perdarahan saat proses pembedahan pun dapat diminimalkan.

Saat ini, sudah banyak modern yang menyediakan pelayanan bedah laparoskopi ini. Biaya yang dibutuhkan pasien ketika melakukan teknik bedah ini bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit. Namun, karena tingkat kesulitan yang tinggi dan harus menggunakan peralatan modern, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pembedahan dengan teknik laparoskopi ini memang cenderung mahal.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, sudah ada banyak yang melayani pembedahan dengan teknik ini. Di RS YPK Menteng misalnya, menurut bocoran salah satu pasien, pada tahun 2019 lalu, biaya untuk melakukan bedah dengan teknik laparoskopi berkisar Rp30 jutaan. Untungnya, biaya tersebut bisa di-cover oleh beberapa asuransi.

Prosedur laparoskopi (sumber: rgstonehospital.com)

Sementara itu, di RSIA Bunda Jakarta, biaya laparoskopi dikabarkan berkisar Rp45 jutaan untuk Kelas III, Rp46,4 jutaan untuk Kelas II, Rp50 jutaan untuk Kelas I, Rp60 jutaan untuk Kelas VIP, dan Rp70 jutaan untuk Kelas VVIP. Nah, berikut kami sajikan informasi terkini kisaran biaya laparoskopi di sejumlah di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Biaya Laparoskopi di Jakarta

Nama Biaya Laparoskopi
Columbia Asia Hospital Mulai Rp8.224.685
Umum Mulai Rp18.500.000
SamMarie Wijaya Mulai Rp25.000.000
RS Brawijaya Antasari Mulai Rp27.650.000
Siloam Hospitals Asri Mampang  Mulai Rp31.620.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mulai Rp15.860.000
Siloam Hospitals TB Simatupang  Mulai Rp38.000.000
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Mulai Rp49.000.000

Biaya laparoskopi di sejumlah Jakarta di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk Alodokter. Perlu diingat bahwa biaya laparoskopi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun 2020 lalu, biaya laparoskopi di Jakarta berkisar Rp15 juta hingga Rp38 juta.

Sedangkan pada 2021 dan 2022, biaya laparoskopi cenderung stabil. Namun, di Mayapada Hospital Jakarta Selatan tampaknya turun dari Rp38 juta menjadi Rp15 jutaan. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke atau klinik kesehatan yang menyediakan layanan ini.

[Update: Dian]

Pos terkait