Update Klasifikasi dan Contoh Biaya Tetap

No comment4876 views

Biaya merupakan unsur yang digunakan dalam melakukan analisis Break Even Point (BEP), apabila dilihat dari perilaku biaya. Untuk dapat menentukan tingkat BEP, maka biaya yang terjadi pada perusahaan harus dapat dipisahkan terlebih dahulu menjadi biaya tetap dan biaya variabel.

Biaya akan berkaitan dengan semua tipe organisasi baik organisasi , nonbisnis, manufaktur, dagang, dan jasa. Biaya akan mempengaruhi terhadap keuntungan perusahaan karena dalam setiap aktivitas usaha tidak akan terlepas dari pengorbanan yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan usaha.

Menghitung Biaya Tetap - (Sumber: bizinwest.pl)

Menghitung Biaya Tetap - (Sumber: bizinwest.pl)

biaya bisa berbagai macam, menurut beberapa pendapat. Ada yang mengatakan bahwa biaya adalah pengeluaran kas (setara kas) yang dibayar atau sebesar nilai wajah dari imbalan (consideration) yang diberikan untuk memperoleh aset pada saat perolehan.

Secara umum, biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan yang dilakukan baik dalam bentuk arus keluar atau pengurangan aktiva atau adanya kewajiban guna memperoleh . Artinya, apabila pengorbanan itu tidak menghasilkan , maka hal tersebut merupakan kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Di dalam kehidupan sehari-hari, contoh sederhananya yaitu ketika ingin membeli sesuatu, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli apa yang diinginkan, dengan cara menukar barang yang diinginkan dengan uang. Intinya adalah adanya sesuatu yang Anda miliki harus diserahkan atau korbankan untuk mendapatkan yang diinginkan. Oleh karena itu, biaya sering disebut dengan pengorbanan.

Contohnya, ketika Anda telah mengeluarkan uang, misalnya Rp 100.000 untuk membeli baju baru, Anda tidak mungkin menggunakan uang yang telah Anda keluarkan untuk membeli barang lain. Dengan kata lain, uang yang Anda keluarkan hanya untuk apa yang akan diterima.

Uang yang Anda keluarkan untuk baju tersebut sudah menjadi milik si penjual baju, dan uang tersebut sudah terlepas dari kepemilikan Anda. Apakah mungkin uang tersebut diminta kembali untuk membeli keperluan lain, sedangkan baju yang Anda beli tidak dikembalikan? Tentu tidak.

Anda telah berkorban untuk mendapatkan baju baru tersebut dan sekaligus menghilangkan kemungkinan terpenuhinya keperluan Anda yang lain, dengan uang sama yang telah Anda gunakan untuk membeli baju.

Baca juga  Diperkaya Dengan Ekstrak Biji Anggur, Berikut Harga Vitamin E Shaklee

Pada umumnya, berbagai macam biaya yang terjadi dan cara klasifikasi biaya tergantung pada tipe perusahaan. Biaya perlu diklasifikasikan dengan tujuan untuk memudahkan dalam perencanaan.

Klasifikasi biaya atau penggolongan biaya adalah suatu pengelompokan biaya secara sistematis atas keseluruhan elemen biaya yang ada ke dalam golongan-golongan tertentu yang lebih ringkas untuk dapat memberikan yang lebih ringkas dan penting.

Hal tersebut sangat penting untuk mengetahui apakah biaya tertentu bereaksi atau merespons terhadap perubahan aktivitas usaha. Apabila aktivitas usaha meningkat atau menurun, biaya tertentu mungkin akan ikut naik atau turun.

Berdasarkan hal tersebut, klasifikasi biaya dapat menjadi beberapa biaya, di antaranya biaya tetap, biaya variabel, dan biaya semi variabel. Pada uraian kali ini akan mencoba menjelaskan tentang biaya tetap.

Dilihat dari pengertiannya terlebih dahulu, biaya tetap didefinisikan sebagai biaya yang secara total tidak berubah ketika aktivitas bisnis meningkat atau menurun. Menurut beberapa pendapat mengatakan bahwa biaya tetap adalah biaya yang jumlah totalnya tetap tidak berubah dalam range output tertentu, tetapi untuk setiap satuan akan berubah-ubah sesuai dengan perubahan .

Dengan kata lain biaya tetap merupakan biaya yang tidak akan mengalami perubahan secara keseluruhan, namun berubah untuk setiap satuan produksi. Semakin besar atau semakin kecil volume kegiatan tidak mempengaruhi biaya tetap. Dikarenakan biaya tetap merupakan biaya yang konstan secara keseluruhan, terdapat beberapa biaya yang dianggap sebagai biaya tetap, sesuai dengan kebijakan manajemen.

Sesuai dengan pengertiannya, biaya tetap adalah biaya yang jumlah totalnya akan tetap sama walaupun jumlah yang diproduksi/dijual berubah-ubah dalam kapasitas normal. Contohnya adalah biaya sewa gedung. Ciri dari biaya ini adalah jumlah totalnya tetap, tetapi jumlah per unitnya variabel. Berikut ini akan disajikan pula mengenai contoh perhitungannya.

Total biaya sewa (Rp)Jumlah unit yang diproduksiBiaya per unit (Rp)
250.0001002.500
250.000500500
250.0001.000250
250.0002.500100

Dapat dilihat di atas, biaya tetap dapat dilihat dari tetapnya jumlah total biaya sewanya, walaupun jumlah unit dan biaya per unitnya berubah. Hal tersebut yang membedakan dengan biaya variabel.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lipstik Eternally Beauty

Perbedaannya dengan biaya variabel adalah jika pada perhitungan biaya variabel, yang berubah adalah biaya total dan tergantung dari perubahan jumlah produksi, namun biaya per unitnya tidak berubah.

Biaya Sewa Toko Masuk Ke Dalam Biaya Tetap - (Sumber: rumahdijual.com)

Biaya Sewa Toko Ke Dalam Biaya Tetap - (Sumber: rumahdijual.com)

Lantas, kapan sebenarnya suatu biaya digolongkan sebagai biaya tetap? Jika biaya tersebut tidak berubah walaupun ada perubahan dalam jumlah produksi. Contohnya, adalah seperti biaya sewa. Dimisalkan saja biaya sewa di atas adalah sewa ruko (sebuah toko menjual kue kering). Seberapa banyak makanan dan yang diproduksi untuk dikonsumsi pengunjung, maka biaya sewa ini tidak akan berubah. Seandainya pun rumah makan tersebut sama sekali tidak menyiapkan kue kering, tetap saja biaya sewa harus dibayar dan jumlahnya tidak akan berubah.

Dengan kembali menggunakan contoh toko kue kering di atas, dalam jumlah total biaya sewa per bulan adalah Rp 250.000 per bulan. Anda hendak menentukan nilai biaya tetap per unit. Biaya tetap per unit adalah berapa biaya tetap yang harus ditanggung per 1 unit hasil produksi. Misalkan toko kue kering menyiapkan 100 buah setiap bulan, maka biaya tetap per unitnya adalah Rp 2.500 (Rp 250.000:100).

Baca juga  Berapa Harga Minyak Telon My Baby Ukuran 150 ml?

Contoh lain dari biaya tetap antara lain gaji eksekutif produksi, pajak properti, gaji supervisor, asuransi properti dan kewajiban, gaji satpam dan pegawai kebersihan, pemeliharaan dan perbaikan gedung dan , sewa, dan lain-lain.

 

loading...

Leave a reply "Update Klasifikasi dan Contoh Biaya Tetap"