Info Terbaru Harga Susu PediaSure di Indomaret dan Alfamart

Cukup terkenal di kalangan ibu muda, PediaSure merupakan susu formula bayi untuk usia 6 bulan. Susu formula ini memiliki banyak rasa, seperti madu, vanilla, dan cokelat yang dikemas dalam wadah kaleng dan box. Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret atau e-commerce dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi anak minum susu (sumber: bukalapak.com)
Ilustrasi anak susu (sumber: bukalapak.com)

Keunggulan PediaSure

Sejumlah dokter dan ahli gizi selama ini selalu menganjurkan para ibu untuk memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif untuk bayinya hingga berusia 6 bulan. ASI dianggap sebagai nutrisi yang terbaik untuk seorang bayi, apalagi ASI yang pertama kali dikeluarkan oleh sang ibu ketika bayi lahir.

Bacaan Lainnya

Namun, dalam beberapa kondisi, rupanya tak semua ibu mampu dan mau memberi ASI eksklusif pada anaknya. Hal inilah yang menyebabkan keberadaan susu formula seolah menjadi alternatif memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Nah, dari sekian banyak merek susu yang beredar di pasaran, PediaSure merupakan salah satu merek yang cukup diminati.

PediaSure adalah produk susu formula produksi Abbott Nutrition. Susu PediaSure diklaim sebagai susu nutrisi berbentuk minuman serbuk yang dapat bermanfaat sebagai dukungan nutrisi untuk tumbuh kembang anak usia 1 hingga 10 tahun yang memiliki masalah nafsu makan.

Seperti diketahui, banyak anak yang mengalami kesulitan makan dan cukup pemilih selama berada dalam masa pertumbuhan. Selama ini, susu formula juga kerap dianggap sebagai penyebab utama anak sulit makan. Namun, Abbott berusaha mematahkan anggapan tersebut dan menciptakan produk PediaSure yang diklaim bermanfaat untuk anak yang kesulitan makan.

Susu PediaSure terdiri dari tiga pilihan rasa, antara lain vanilla, cokelat, dan madu. Setiap ibu dapat memilih rasa susu yang sesuai dengan selera masing-masing anak. Selain rasanya yang bervariasi, ukuran kemasan susu PediaSure juga ada beberapa macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yakni kemasan kaleng isi 400 gram dan kaleng isi 850 gram.

PediaSure diklaim memiliki berbagai kandungan nutrisi mulai dari mikro-nutrisi (12 vitamin dan 7 mineral) dan makro-nutrisi (protein, lemak, karbohidrat) untuk pertumbuhan, asam linoleat sebagai asam lemak esensial, sumber protein yang diklaim membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral zinc dan selenium, serta campuran tiga minyak nabati.

Di samping itu, klaim perusahaan mengungkapkan bahwa produk susu PediaSure Complete telah memenuhi atau melebihi 100 persen (120%) angka kecukupan gizi berdasarkan Dietary Reference Intakes (RDIs) atau Recommended Dietary Allowances (RDA) untuk anak-anak umur 1 hingga 10 tahun. PediaSure Complete juga memenuhi syarat dari NAS-NRC RDAs (National Academy of Science and the National Research Council) untuk protein, vitamin, dan mineral bagi anak usia 1 hingga 6 tahun pada intake 1.000 ml per hari dan anak usia 7 hingga 10 tahun pada intake 1.300 ml per hari.

Meski oleh sebagian orang susu PediaSure dianggap sebagai makanan cair untuk anak-anak, rupanya susu ini tak mengandung nasi, lauk, maupun sayur. Namun, kandungan gizi di dalamnya membuat susu PediaSure dianggap sebagai susu dengan nutrisi lengkap dan seimbang dari protein lemak dan karbohidrat (12 persen protein, 44 persen lemak, 44 persen karbohidrat) untuk membantu melengkapi kebutuhan dalam proses pertumbuhan anak.

Selain itu, susu PediaSure Complete diklaim telah diformulasikan secara khusus dari 100% minyak sayuran (non-palm oil) dengan kandungan fatty linoleic acid dan linolenic acid yang berfungsi untuk pembentukan DHA dan AA untuk perkembangan otak. Kandungan 20% MCTs (medium chain triglycerides) juga diklaim sebagai campuran lemak yang unik serta mudah dicerna dan diserap tubuh untuk memberikan sumber energi optimal bagi tumbuh kembang anak.

Susu satu ini juga diklaim cocok untuk anak yang hipersensitif terhadap laktosa atau laktosa intoleransi dan hipersensitif gluten. Pasalnya, susu PediaSure menyatakan produknya bebas gluten (gluten free) dan bebas laktosa (lactose free), sehingga dianggap lebih dapat diterima oleh anak-anak yang mengalami intoleransi laktosa atau hipersensitif terhadap gluten.

Susu PediaSure dilengkapi dengan prebiotik dan probiotik yang diklaim dapat membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan pada anak. Anak-anak yang sulit makan biasanya dalam beberapa kasus juga mengalami permasalahan pencernaan. Karena itu, PediaSure menganggap bahwa pemberian probiotik dan prebiotik dan membantu memperbaiki keseimbangan bakteri baik dalam pencernaan.

Meski diklaim baik untuk pertumbuhan anak-anak usia 1 hingga 10 tahun, PediaSure menekankan bahwa produk susu nutrisi-nya ini tidak cocok dikonsumsi oleh bayi yang usianya masih di bawah 1 tahun. Untuk memperoleh manfaat sesuai yang ditawarkan oleh produk susu PediaSure, setiap ibu diharapkan mematuhi aturan penyajian. Berikut ini informasi lengkap seputar komposisi dan takaran penyajian yang disarankan untuk mengonsumsi susu Pediasure.

Susu Pediasure (credit: BukaReview)

Komposisi PediaSure

Sukrosa, minyak nabati (minyak bunga matahari tinggi oleat, minyak kedelai, minyak trigliserida rantai sedang (MCT)), pati jagung terhidrolisa, natrium kaseinat, protein whey, mineral, frukto-oligosakarida (FOS), vitamin, perisa (artifisial vanilla dan madu), M-inositol, taurin, L-karnitin, lactobacillus acidophilus, bifidobacterium lactis.

Kandungan Nutrisi PediaSure

Mikro-nutrisi (12 vitamin dan 7 mineral) dan makro-nutrisi (protein, lemak, karbohidrat) untuk pertumbuhan, asam linoleat sebagai asam lemak esensial, sumber protein yang diklaim membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta mineral zinc dan selenium, campuran tiga minyak nabati.

Manfaat PediaSure

  • Memenuhi kebutuhan gizi anak. Seperti yang telah dijelaskan, susu PediaSure memiliki banyak kandungan nutrisi. Hal ini menjadikan susu formula tersebut baik dijadikan sebagai asupan harian anak untuk memenuhi gizinya. Dengan gizi harian yang lengkap, anak-anak tidak akan mengalami gangguan kesehatan seperti malnutrisi.
  • Membantu proses tumbuh kembang anak. Susu PediaSure yang kaya protein, zat besi, dan vitamin merupakan salah satu produk yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan gizi yang lengkap dan seimbang, anak-anak yang usianya masih di bawah lima tahun dapat terhindar dari stunting atau gangguan pertumbuhan.
  • Melancarkan pencernaan anak. Tak jarang anak-anak mengalami sembelit akibat kurang mengonsumsi serat dari sayur. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda bisa memberikan susu PediaSure yang kaya serat. Selain itu, susu ini diklaim mampu mempercepat proses metabolisme anak.
  • Meningkatkan daya imun. Mengandung vitamin yang kompleks, susu ini tidak hanya mampu membantu tumbuh kembang anak, tetapi juga meningkatkan daya imun. Diketahui, anak yang susu secara rutin memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang jarang minum susu. Si kecil juga tidak mudah sakit dan bisa beraktivitas dengan baik.
  • Mencegah gejala anemia. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terjangkit gejala anemia. Gejala anemia pada anak antara lain kelelahan, mudah mengantuk, lesu, dan kurang aktif. Semua ini bisa dicegah dan diatasi dengan memberikan susu PediaSure. Kandungan zat besi yang melimpah mampu meningkatkan kadar sel merah dalam tubuh, sehingga bebas dari anemia.

Nah, untuk mendapatkan semua manfaat susu PediaSure di atas, pastikan Anda memberikan susu sesuai dengan dosisnya. Pemberian susu PediaSure yang terlalu sedikit atau berlebihan bisa berdampak pada kesehatan anak. Berikut saran penyajian susu PediaSure yang tepat.

Saran Penyajian dan Cara Penyimpanan PediaSure

Tuangkan 5 sendok takar PediaSure ke dalam gelas berisi air hangat atau dingin sebanyak 190 ml (suhu kurang dari 35 derajat Celcius). Kemudian, aduk hingga rata. Anda dianjurkan untuk memberikan susu PediaSure pada anak sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Susu ini bisa diberikan setelah makan. Setelah kemasan dibuka, tutup kaleng susu PediaSure dengan rapat, serta simpan kaleng susu PediaSure di tempat yang sejuk dan kering. Sebaiknya susu jangan disimpan dalam lemari pendingin.

Untuk mencari susu PediaSure di sebenarnya tidak sulit. Hampir setiap minimarket dan pusat perbelanjaan besar sudah menjual susu PediaSure dengan beragam pilihan rasa dan ukuran. Namun biasanya, untuk varian susu rasa tertentu, harganya dipatok lebih mahal dibanding rasa lainnya. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga susu PediaSure di Indomaret, Alfamart, dan e-commerce.

Susu Pediasure (sumber: bukalapak)

Harga Susu PediaSure di Indomaret

Varian Susu PediaSure Kisaran Harga
PediaSure Triplesure Vanilla 200 gram Rp72.000
PediaSure Triplesure Madu 400 gram Rp134.900
PediaSure Triplesure Vanilla 400 gram Rp142.500
Pediasure Triplesure Cokelat 400 gr Rp148.900
PediaSure Triplesure Madu 850 gram Rp269.900
Pediasure Triplesure Cokelat 2 X 450 G Rp274.900
PediaSure Triplesure Vanilla 850 gram Rp284.900

Harga Susu PediaSure di Alfamart

Varian Susu PediaSure Kisaran Harga
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Vanilla 200 gram Rp77.500
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Madu 200 gram Rp77.500
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Vanilla 400 gram Rp150.900
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Madu 400 gram Rp150.900
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Classic Milky 400 gram Rp150.900
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Cokelat 400 gram Rp150.900
PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Madu 850 gram Rp303.700

 

PediaSure Triplesure Susu Formula Pertumbuhan Anak Vanilla 850 gram Rp303.700
Varian kemasan Susu Pediasure (sumber: boxed.com)

Harga Susu PediaSure di E-Commerce

Varian Susu PediaSure Kisaran Harga
PediaSure Triplesure Complete Cokelat 400 gram Rp144.000
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 400 gram Rp144.000
PediaSure Triplesure Complete Madu 400 gram Rp144.000
PediaSure Triplesure Complete Madu 850 gram Rp288.700
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 850 gram Rp288.700
PediaSure Triplesure Complete Cokelat 850 gram Rp288.700
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 1800 gram Rp500.000
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 400 gram (4 kaleng) Rp522.000
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 850 gram (2 kaleng) Rp633.900
PediaSure Triplesure Complete Gold 850 gram Rp650.000
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 400 gram (4 kaleng) Rp955.500
PediaSure Triplesure Complete Madu 400 gram (4 kaleng) Rp955.500
PediaSure Triplesure Complete Cokelat 400 gram (4 kaleng) Rp955.500
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 850 gram (3 kaleng) Rp958.700
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 1800 gram (2 pack) Rp1.333.300
PediaSure Triplesure Complete Vanilla 850 gram (5 kaleng) Rp1.582.700
PediaSure Triplesure Complete Madu 850 gram (5 kaleng) Rp1.582.700
PediaSure Triplesure Complete Cokelat 850 gram (5 kaleng) Rp1.582.700

Harga yang kami rangkum di atas merupakan informasi harga yang berhasil didapat dari situs resmi Indomaret, aplikasi Alfagift, dan e-commerce. Harga di masing-masing toko bisa berbeda-beda tergantung kebijakan yang diterapkan oleh tiap toko. Untuk mengetahui harga susu PediaSure yang berlaku di tempat tinggal Anda, Anda bisa berburu promo atau brosur produk yang ditawarkan oleh sejumlah supermarket atau minimarket di kota-kota Anda.

Perlu dicatat, harga susu PediaSure tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga susu PediaSure tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, PediaSure Triplesure Complete Cokelat 400 gram di e-commerce yang dijual dengan harga Rp136 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp139 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp144 ribu di tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait