Update Harga Steel Grating per M2 dan Ukuran Lainnya

Bagi Anda yang bergelut dengan konstruksi bangunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan material bernama steel grating. Sering juga disebut sebagai grating besi, ini adalah besi berbentuk kotak-kotak maupun bilah, yang sering digunakan sebagai penutup saluran dan penyaring atau filter. Di pasaran, steel grating biasanya dijual per meter atau per m2, dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: instalasi steel grating untuk floring (sumber: webforge.co.id)
Ilustrasi: instalasi steel grating untuk floring (sumber: webforge.co.id)

Dilansir dari berbagai sumber, steel grating adalah besi yang berbentuk kotak-kotak maupun bilah. ini mengaitkan besi ini dengan di las atau penguncian. Grating dapat diaplikasikan saluran air, penyaringan atau filter, hingga pembuatan kolam renang supaya lebih kuat dan aman. Di samping itu, steel grating juga dapat diaplikasikan sebagai aksesoris pada kolam renang.

Bacaan Lainnya

Secara umum, bagian-bagian dari steel grating adalah bearing bar, yaitu batang datar yang menahan beban utama sesuai dengan arah bentang. Selain itu, ada juga bagian cross bar, yang merupakan bilah penghubung, yang terbuat dari bilah bengkok, bilah bundar, atau bilah datar, yang memanjang di seluruh bilah bantalan.

Antara dua palang yang bersebelahan, dipisahkan dengan rongga atau bearing bar pitch dengan jarak tertentu. Selain itu, steel grating juga memiliki panjang (dimensi maksimum panel kisi, diukur sejajar dengan bar bantalan & dalam arah yang sama dengan bar bantalan) serta lebar (dimensi maksimum panel kisi, diukur tegak lurus terhadap bantalan bar, & searah dengan palang).

Baca juga  Update Harga Mie Instan 1 Dus di Pasaran (Berbagai Merk)

Kelebihan Steel Grating

  • Memiliki tingkat efisiensi tinggi untuk kebutuhan jangka lama.
  • Ketahanan cuaca sangat kuat.
  • Ketahanan reaksi kimia sangat kuat.
  • Ketahanan terhadap material yang melintas di atasnya sangat kuat.
  • Praktis, mudah diaplikasikan tanpa perlu waktu lama.
  • Mudah menyesuaikan kebutuhan karena produk steel grating bisa di-custom atau dimodifikasi.

Jenis-Jenis Steel Grating

Steel grating (sumber: indotrading.com)
Steel grating (sumber: indotrading.com)
  • Plain steel grating, adalah steel grating dengan permukaan rata dan polos. Meski terkesan licin (karena permukaan logam), penggunaan steel grating ini tidak mampu tergantikan dalam beberapa bidang. Sebagai contoh, saat kita membutuhkan produk steel grating untuk sebuah pijakan yang diharuskan tanpa memakai alas kaki, tentu steel grating polos ini lebih tepat untuk dipilih. Karena, permukaannya tidak menyebabkan sakit di kaki.
  • Serrated Steel Grating, merupakan produk steel grating dengan permukaan bergerigi. Produk steel grating ini sangat tepat digunakan pada area tempat risiko terpeleset cukup tinggi. Steel grating jenis ini dapat diaplikasikan pada tempat yang berminyak, lantai industri, area yang berair, ataupun tangga gedung bertingkat.

Selain jenis-jenis di atas, terdapat juga beberapa varian steel grating berdasarkan ukurannya. Steel grating dengan 30 mm bearing bar pitch misalnya, sering digunakan untuk keperluan area industri, yang diklaim memiliki daya tahan yang cukup kuat. Sementara, steel grating dengan 40 mm bearing bar pitch merupakan varian yang cukup ekonomi dan tipe paling ringan. Model ini menjadi pilihan yang baik untuk keperluan ruang (parit atau drainase) yang sempit, di tempat komersial maupun selokan di rumah.

Baca juga  Info Harga Ayam Ringneck Hijau (Anakan & Dewasa)

Ada juga steel grating dengan 60 mm bearing bar pitch dan 50 mm cross bar pitch yang didesain khusus untuk keperluan industri pertambangan. Steel grating ukuran ini biasa mampu menahan tumpahan material, dan umum digunakan pada fabrication plant, transfer terminal, serta berbagai area pertambangan lainnya.

Pemasangan steel grating biasanya dilakukan pada saluran air di area terbuka, seperti jalan raya dan stadion. Desain steel grating yang berlubang memungkinkan air dapat langsung masuk ke dalam saluran drainase melalui lubang grating yang bersangkutan. Selain itu, komponen drainase ini memiliki konstruksi yang cukup kokoh, sehingga dapat berfungsi sebagai jalan penyeberangan.

Karena didesain tanpa menggunakan frame, maka penggunaan steel grating dipasangkan langsung pada beton saluran. Dalam pemasangan material ini, perlu memerhatikan beberapa hal agar dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika Anda ingin mengaplikasikan steel grating di lapangan atau lokasi proyek.

Tips Memasang Steel Grating

Steel grating (sumber: metelmex.com)
Steel grating (sumber: metelmex.com)
  • Steel grating bagian atas harus dipasang secara rata dengan beton samping. Hal ini bertujuan agar beban yang melewatinya smooth (halus) dan tidak terjadi goncangan pada steel grating yang bersangkutan. Selai itu, steel grating tidak dirancang untuk beban kejut karena permukaan yang tidak rata, sehingga pemasangan bagian atas grating ini harus benar-benar rata.
  • Beton landasan steel grating (bagian kanan dan kiri) harus rata atau sama tinggi. Bagian bawah steel grating diusahakan menempel secara sempurna dengan landasan bawah. Beton landasan bawah ini juga harus dibuat kokoh agar mampu menahan beban steel grating dan juga beban orang atau kendaraan atau benda apa pun yang melewatinya.
  • Lebar landasan beton penyangga sebaiknya dibuat maksimal. Maksimal di sini maksudnya adalah kalau lebar beton dapat dibuat 10 cm, maka sebaiknya dibuat 10 cm. Tidak disarankan untuk membuat minimal lebar beton, karena dikhawatirkan beton tidak akan kuat menahan beban di atasnya. Ukuran lebar beton sendiri dapat disesuaikan dengan panjang steel grating yang akan dipasang. Semakin panjang ukuran sebuah steel grating, maka semakin lebar ukuran landasan beton.
Baca juga  Info Harga Emas Putih 750 Terupdate

Harga Steel Grating

Tidak susah mendapatkan steel grating, karena sudah banyak toko konstruksi yang menjual material yang satu ini. Di pasaran Indonesia, steel grating umumnya dijual per m2 dengan harga bervariasi, dan sekarang berkisar mulai Rp930 ribuan. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda, yakni Rp750 ribu hingga Rp950 ribuan. 

Sementara, jika Anda membutuhkan ukuran yang lebih besar, 600 cm x 90 cm dengan ketebalan 4 mm misalnya, saat ini ditawarkan dengan harga Rp4 juta hingga Rp6,8 jutaan, tergantung kebijakan masing-masing toko. Sebagai perbandingan, steel grating dengan ukuran yang sama tahun lalu dilepas dengan harga Rp4,8 juta hingga Rp5,28 jutaan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.