Kisaran Harga Selai Cokelat Kiloan di Pasaran

No comment1049 views

Sebagai pelengkap untuk menikmati roti, biasanya digunakan selai. Salah satunya selai cokelat. Sebagai langkah praktis, Anda bisa membeli selai langsung jadi. Selai bisa dibeli dalam kemasan jar ataupun kiloan. Untuk selai cokelat kiloan, biasanya dijual dengan bervariasi. Harganya bisa sekitar Rp 45 ribu hingga Rp 55 ribuan.

harga, selai, coklat, kiloan, merek, morin, di, indomaret, alfamart, jar, kacang, manis, membuat, cara, sendiri, bau, tekstur, kental, nutrisi, sarapan, roti, dark, white, chocolate, kandungan, panci, alat, bahan

Mengoleskan selai cokelat di atas roti untuk disantap (sumber: shutterstock.com)

Jika membeli selai cokelat dalam bentuk jar, Anda bisa membeli di Indomaret atau Alfamart. Merek yang biasa ditemukan adalah Morin 150 gram seharga Rp 19.700. Ada pula merek Mariza 165 gram yang dijual dengan harga Rp 17.600, dan 200 gram seharga Rp 14.400.

Selain selai cokelat, di Indomaret maupun Alfamart terdapat pula selai cokelat yang campur dengan kacang, seperti Morin Jam Choco Peanut 150 gram yang dijual dengan harga Rp 19.700. Merek lainnya yaitu Ceres Choco Spread Duo Milk Hazelnut yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 44.500. Merek selai lainnya bisa Anda lihat langsung di Indomaret atau Alfamart, ataupun melalui website resmi masing-masing.

membuat selai cokelat di rumah

Tetapi, bagi Anda yang ingin membuat selai cokelat sendiri di rumah, bisa menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan seperti cokelat bubuk, tepung terigu, susu kental manis cokelat, gula pasir, margarin (bisa diganti dengan minyak goreng), vanili, dan air.

Baca juga  Info Harga Matrix Biolage Shampoo di Pasaran

Jika Anda ingin rasa cokelatnya lebih kuat dan lezat, bisa menambahkan DCC (dark cooking chocolate) yang khusus digunakan untuk memasak. Gunakan DCC dengan kualitas baik seperti Colatta Dark Compound Chocolate. DCC ini sering digunakan dalam pembuatan cokelat. Untuk alatnya sendiri, Anda membutuhkan panci anti lengket dan pengocok (whisk) untuk mengaduk selai.

Setelah menyiapkan bahan dan alat, Anda bisa mencampurkan bahan selai cokelat. Pertama-tama, campur semua bahan kering dalam panci anti lengket. Lalu, masukkan susu kental manis yang sudah diencerkan dengan air sambil masukkan DCC yang sudah dicincang/diserut halus. Aduk dengan gerakan memutar terus-menerus dalam api kecil sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada sisa tepung yang menggumpal. Masukkan margarin pada tahap terakhir.

harga, selai, coklat, kiloan, merek, morin, di, indomaret, alfamart, jar, kacang, manis, membuat, cara, sendiri, bau, tekstur, kental, nutrisi, sarapan, roti, dark, white, chocolate, kandungan, panci, alat, bahan

Proses pembuatan selai cokelat rumahan

Setelah selai mulai kental dan meletup-letup, masukkan margarin atau minyak goreng. Aduk terus menerus agar margarin bisa meleleh dengan sempurna dan tercampur rata dengan adonan selai. Tunggu sampai selai benar-benar matang, lalu matikan kompor.

Jika selai sudah mulai benar-benar dingin, pindahkan selai ke dalam toples kaca yang kedap udara. Selain agar lebih mudah diambil, menyimpan selai dalam toples kaca juga bisa membantu agar selai lebih tahan lama. Pastikan Anda menutup kembali toples dengan rapat setelah mengambil selai.

Sebenarnya, selai cokelat yang matang sudah bisa langsung dikonsumsi. Hanya saja, Anda bisa memasukan selai terlebih dahulu ke dalam lemari. Hal tersebut bertujuan agar tekstur selai menjadi lebih kental.

Baca juga  Info Terbaru Harga Drum Elektrik Roland (Semua Tipe)

Agar kemungkinan berhasil lebih besar pada saat membuat selai cokelat, berikut tips & trik yang bisa dicoba:

  • Cokelat masak yang dipakai bisa dibeli di supermarket-supermarket. Perlu diingat bahwa cokelat yang digunakan adalah cokelat untuk dimasak, bukan cokelat batangan.
  • Kalau rasa tergantung selera, biasa pakai white chocolate juga bisa, atau bisa dicampur dengan dark chocolate.
  • Untuk susunya juga menyesuaikan, kalau white chocolate pakai susu putih.
  • Susu cair jangan diganti susu bubuk yang dicairkan (biasanya kurang menyatu dengan cokelatnya)
  • Jika ingin lebih manis bisa ditambah gula pasir. Caranya, gula dimasak dulu bersama dengan susu dan mentega sampai larut.

Anda ingin sarapan roti tawar pagi ini? Agar rasanya makin nikmat, bisa mengolesi roti dengan selai. Pilihannya bisa berupa selai kacang atau selai cokelat. Kalau suka, bisa juga kedua selai ini dipadukan.

Olesan selai yang manis akan menambah citarasa dari roti tawar. Selain rasanya enak dan manis, ternyata selai dapat menambah asupan energi, baik selai kacang dan selai cokelat. Tapi, perlu diperhatikan juga kandungan gula yang biasa tercantum dalam kemasan.

harga, selai, coklat, kiloan, merek, morin, di, indomaret, alfamart, jar, kacang, manis, membuat, cara, sendiri, bau, tekstur, kental, nutrisi, sarapan, roti, dark, white, chocolate, kandungan, panci, alat, bahan

Sajian roti lengkap dengan selai cokelat (sumber: bakingbytes.com)

Selai kacang diketahui mengandung nutrisi yang baik. Per 100 gram selai kacang mengandung 588 kalori, 50.39 lemak, 19.56 karbohidrat dan 25.9 protein. Kandungan proteinnya dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu kandungan karbohidratnya juga dapat memberikan energi ekstra untuk tubuh. Selai kacang ini juga diyakini dapat membantu melangsingkan tubuh.

Baca juga  Info Harga Kain Spunbond per Meter di Pasaran

Sedangkan selai cokelat yang terbuat dari bijian cocoa mengandung polifenol yang dapat memperbaiki mood. Selain itu, juga kaya akan antioksidan. Di samping itu, kandungan bioflavonoidnya bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah. Dua selai yang menyehatkan itu bisa jadi pilihan sebagai olesan roti tawar untuk menu sarapan.

Supaya selai cokelat tetap bisa dinikmati dan rasanya tidak berubah, perlu diperhatikan tempat penyimpanan beserta caranya. Sama halnya dengan cokelat atau selai lainnya (seperti selai kacang), selai cokelat sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Hal ini karena jika disimpan dalam kulkas, bisa membeku atau mengubah rasanya. Sebaiknya disimpan di dalam tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan juga bersuhu ruangan. Lalu, perhatikan pula saat menutup selai, usahakan tertutup rapat. Selain menjaga rasanya, juga untuk menghindari datangnya semut.

Apabila tempat penyimpanan Anda cenderung didatangi semut, bisa memakai kapur semut di sekeliling tempat selai disimpan, atau memindahkan selai ke tempat yang aman dari gangguan semut.

Untuk memastikan apakah selai masih layak untuk dikonsumsi, Anda bisa melihat dari bau atau teksturnya. Jika memiliki bau kurang sedap, sebaiknya tidak dikonsumsi. Begitu pula ketika tekstur selai sudah berubah, sebaiknya jangan dikonsumsi. Untuk selai cokelat dalam kemasan, biasanya telah tercantum tanggal kedaluwarsanya.

loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Kisaran Harga Selai Cokelat Kiloan di Pasaran"