Update Harga RC Drift Bensin di Pasaran

Selain menggunakan tenaga baterai, ternyata mainan RC drift juga ada yang menggunakan suplai bensin sebagai bahan bakar. Menurut beberapa pengguna, RC drift bertenaga bensin ini dikatakan lebih tangguh dibandingkan varian baterai. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian harga RC drift bensin relatif lebih mahal.

Mobil mainan RC Drift berbahan bakar bensin (sumber: wisepick.org)
Mobil mainan RC Drift berbahan bakar bensin (sumber: wisepick.org)

Apa Itu Mobil RC?

Dilansir dari berbagai sumber, RC Car atau remote control car telah menjadi salah satu mainan hits di era milenium ketiga. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa mainan tersebut ternyata telah eksis sejak tahun 1920-an silam, yang dipopulerkan oleh organisasi clockwork dan berjalan pada acara untuk balapan mobil khusus mainan yang diputar.

Bacaan Lainnya

Kemudian, pada tahun 1936, Asosiasi Model Mobil Balap dibentuk di Inggris dan dipenuhi mobil dengan sumber tenaga seperti jarum jam. Dari model itu, menunjukkan bahwa mobil 4WD ban karet bisa mempercepat kecepatannya sampai 40 mph dalam waktu kurang dari 3 detik. Berat mobil biasanya 3 pon, setengah dari mobil tenaga karet. Mobil-mobil akan bergerak dan berjalan lurus hingga garis finish.

Beberapa tahun kemudian, di Amerika, mesin bensin miniatur dimasukkan ke dalam mobil, tetapi kebutuhan yang lebih besar untuk kontrol diperlukan. dengan konstruksi circular kabel (tether) dibangun dan dengan kecepatan mencapai 60 mph di tahun 1940. Kit mobil-mobil Amerika cenderung diproduksi oleh perusahaan seperti Bros Dooling dan Ohlsson & Rice.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Berselang sekitar dua dekade, miniatur mobil padat menggunakan sistem radio control mulai diperkenalkan. Model ini telah dilengkapi dengan servo-controlled steering, pedal gas (throttle), dan rem yang dapat dikendalikan menggunakan radio control. Beberapa tahun berikutnya yaitu pada 1966, mobil radio control (RC car) yang layak secara komersial diluncurkan ke pasar.

Mobil-mobilan itu diproduksi oleh El-Gi (Elettronica Giocattoli), sebuah perusahaan asal Reggio Emilia, Italia. Model RC Car pertama mereka adalah 1:12 Ferrari 250LM. Kemudian, diikuti oleh model 1:10 Ferrari P4 yang pertama kali ditampilkan ke pada gelaran Milan Toy Fair tahun 1968.  Pada pertengahan hingga akhir tahun 1960, sebuah perusahaan Inggris bernama Mardave mulai memproduksi secara komersial model-model mobil remote control. Produk pertama mereka adalah model bertenaga gas dan nitro yang terjual awal 1970.

Selama periode tersebut, beberapa produk RC Car komersial mulai diproduksi oleh beberapa perusahaan kecil di Amerika. Kebanyakan perusahaan ini memulai bisnis mereka sebagai vendor mobil slot dan kemudian berubah haluan sebagai penjual RC Car yang semakin populer. Kit pertama yang diproduksi adalah 1/8 scale nitro-powered aluminium flat pan cars yang menggunakan engine a.21 atau mesin yang lebih kecil dengan bodi yang dibuat dari polycarbonate.

Pada tahun 1976, perusahaan Jepang, Tamiya, meluncurkan serangkaian model yang lebih detail namun menggunakan mekanik elektrik sederhana. Dengan harga yang lebih mahal, kit-kit keluaran Tamiya yang menggunakan sistem radio ini terjual dengan cepat. Selanjutnya, Tamiya mulai memproduksi model-model RC Car yang dapat dirangkai dengan tujuan-tujuan tertentu, yang juga merupakan model pertama yang menggunakan sistem suspensi asli. Dengan sistem ini, RC Car dapat dikendalikan secara virtual.

Mobil Mainan RC drift - (YouTube: DIGITAL RC)
Mobil Mainan RC drift – (YouTube: )

Desain yang digunakan untuk mobil bervariasi. Beberapa cukup rumit dan mesin terhubung ke gearbox operasional dan memiliki suspensi dasar. Sementara, lainnya cukup sederhana dengan konfigurasi mesin Sidewinder menggerakkan langsung ke gigi, terhubung pada poros belakang atau pada salah satu roda belakang. Seiring waktu, agar mesin menghasilkan tenaga lebih, tetapi tetap dapat diatasi operasional, desain sasis dibuat lebih ke arah flat/sidewinder (datar). Pada pertengahan 1970-an, model datar menjadi desain tertinggi dan digunakan hingga tahun 1980.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Pada pertengahan hingga akhir 1970-an, desain sasis terdiri dari fiberglass. Sasis utama dihubungkan ke sebuah pod (aluminium) untuk dipasangkan mesin dan poros belakang. Sebuah bagian radio dipasangkan di atas sasis pada blok, dan juga bahan bakar 125cc. Bagian radio dapat dipasang erat ke sasis atau diamankan dengan grommet karet dengan sekrup untuk modifikasi atau penyesuaian. Hingga saat ini, RC Car terus berkembang dengan teknologi yang jauh lebih canggih. Skala pun sangat beragam, dari skala 1:64 sampai skala 1:5.

Pengertian RC Drift

Dilihat dari segi kegunaan, RC Car dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Model yang cukup populer adalah Drift Car. Sesuai namanya, RC drift berbeda dengan permainan RC lainnya karena membutuhkan teknik drifting saat Anda memainkannya. Drifting sendiri adalah teknik menyetir, dengan pengemudi berusaha membuat agar mobil mereka berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin.

Dibandingkan dengan RC pada umumnya, RC drift memang memiliki tantangan dan keunikan yang akan membuat banyak orang dewasa tertarik memainkannya. RC drift disebut-sebut dapat memicu adrenalin serta melepaskan stres bagi mereka yang sedang memainkannya. Selain itu, orang yang bermain RC drift dapat merasakan secara nyata seperti apa menyetir dengan teknik drift.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Di sendiri, sudah ada banyak model dan merek RC drift yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, apabila Anda membutuhkan sebuah RC drift yang tangguh, model yang memakai bahan bakar bensin bisa menjadi opsi yang menarik. Berikut kami sajikan kisaran harga RC drift bensin di pasaran dalam negeri.

Mobil RC Drift Bensin - biggo.id
Mobil RC Drift Bensin – biggo.id

Harga RC Drift Bensin

Merk/Tipe RC Drift Harga
JJRC Q64 1:16 2.4G Rp1.699.500
Kyosho 1 Bensin Rp3.850.000
HSP 94122 XSTR Versi RTR Rp4.196.000
HSP Backwash HTR Superpower 1:10 Rp4.416.000
TOYAN FS-S100G 4-Stroke Rp8.550.000
Inferno III9 Nitro Engine Rp15.540.000
Rovan Rofun F5 1/5 2.4G 4WD Rp22.477.000

Harga RC drift berbahan bakar bensin di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko mainan dan situs jual beli online. Dibandingkan tahun sebelumnya, beberapa model mengalami kenaikan harga. Rovan Rofun F5 1/5 2.4G 4WD misalnya, awalnya dijual Rp22,18 juta dan sekarang sedikit naik menjadi Rp22,477 juta. Sementara itu, harga HSP Backwash HTR Superpower 1:10 naik dari Rp3,315 juta menjadi Rp4,416 jutaan.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *