Info Terkini Harga Bola Belgi Billiard (per Buah dan per Set)

Selain meja yang berukuran berat dan biasanya dilapisi dengan karpet atau pelapis khusus serta tongkat atau stick, salah satu peralatan billiard yang harus ada adalah Belgi. Saat ini, untuk mendapatkan bola Belgi memang tidak terlalu sudah, karena sudah tersedia dalam berbagai merek dan ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

Billiard, atau biliar, sendiri adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam kategori olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman yang benar. Di samping itu, layaknya cabang olahraga lainnya, billiard juga harus ditunjang dengan kemampuan fisik yang prima agar pemain mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Bola biliar merek Belgi (sumber: tokopedia)

Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Terdiri dari beberapa jenis, misalnya jenis Carom, English Billiard, dan Pool, billiard dapat dimainkan secara perorangan maupun secara tim. Jenis Carom dimainkan di atas meja yang tidak memiliki lubang sama sekali, sedangkan jenis English Billiard dan Pool dimainkan di atas meja yang memiliki enam buah lubang.

Ada tiga peralatan utama agar Anda bisa memainkan olahraga billiard. Peralatan pertama tentunya adalah meja. Meja billiard memiliki beragam ukuran, yang bisa disesuaikan dengan jenis permainan maupun dimensi ruangan. Tempat billiard yang memiliki ukuran sembilan kaki biasanya diperuntukkan pemain yang sudah profesional. Sementara, meja billiard yang ada di bar atau lounge rata-rata memiliki ukuran tujuh kaki.

Meja billiard ini biasanya terbuat dari bahan granit atau lempengan tebal, yang berguna untuk mencegah adanya tonjolan-tonjolan yang tidak diinginkan dan mencegah perubahan bentuk meja karena kelembapan udara. Meja billiard biasanya juga dilapisi dengan khusus, umumnya berwarna hijau, meski ada juga warna lain seperti merah dan . Perbedaan warna kain pelapis pada meja ini bisa memengaruhi laju bola.

Peralatan lainnya adalah stick atau tongkat billiard. Ada beragam jenis ukuran stick yang bisa dipakai dalam billiard, dengan paling umum memiliki diameter minimal 1 mm, sedangkan untuk snooker berdiameter minimal 10 mm. Efektivitas pukulan dan reaksi bola bergantung pada kepadatan dan kualitas cue tip atau ujung stick. Cue tip sendiri adalah bagian dari stick yang memiliki peran penting, yaitu untuk menyodok sekaligus menentukan arah laju bola.

Kemudian, perlengkapan utama lainnya adalah bola. Seperti namanya, bola billiard adalah sebuah bola yang umumnya memiliki bentuk yang keras dan ukuran kecil yang digunakan untuk olahraga ini. Awalnya, bola billiard terbuat dari material kayu, yang kemudian dibuat dengan bahan tanah liat, yang tetap digunakan sampai abad kedua puluh.

Bola billiard sendiri hadir dalam beragam merek. Salah satu merek yang cukup terkenal dan banyak diperdagangkan di pasaran adalah Belgian Aramith Balls. Bola ini terbagi menjadi beberapa varian, yaitu Aramith Tournament, Aramith Pro TV Cup, Aramith Pro, dan Aramith Premier. Model paling murah adalah Aramith Premier yang memiliki warna yang tidak terlalu mengilap dan tekstur angka yang kurang tebal.

Harga bola billiard Belgi bervariasi, tergantung dari merek. Pada 2019 di pasaran, bola billiard Belgi ukuran sedang misalnya, ditawarkan dengan harga mulai Rp250 ribuan per buah hingga Rp3 jutaan per set. Sementara pada 2020, harga bola billiard Belgi terbilang turun dibandingkan 2019. Misalnya, Bola Belgi Aramith Premier yang semula ditawarkan seharga Rp2 jutaan menjadi Rp1,5 jutaan per set.

Memasuki 20, harga bola billiard Belgi kembali mengalami perubahan untuk beberapa jenis. Ada bola Belgi yang cenderung turun harga, tetapi ada pula yang naik dibandingkan 2020 lalu. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan info perbandingan harga bola Belgi antara penjualan tahun 2020 dan 2021 di pasaran Tanah Air.

Harga Bola Billiard - www.bfromtokyo.com

Harga Bola Billiard - www.bfromtokyo.com

Harga Bola Belgi

Varian Bola BelgiHarga Sebelumnya (2020)Harga Sekarang (2021)
Bola Belgi EcerRp210.000 per buahMulai Rp250.000 per buah
Bola Belgi Aramith PremierMulai Rp1.500.000 per setMulai Rp2.700.000 per set
Bola Belgi Aramith Pro 2.1/4”Rp2.000.000 – Rp3.500.000 per setRp4.500.000 per set
Bola Belgi Aramith Pro TV CupMulai Rp3.500.000 per setMulai Rp3.500.000 per set

Harga bola billiard Belgi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan olahraga dan situs jual beli . Harga bola billiard Belgi tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung berkunjung ke toko peralatan olahraga terdekat di kota Anda. 

[Ditta]

Baca juga  Harga INACO 1 kg (Jelly dan Nata De Coco)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terkini Harga Bola Belgi Billiard (per Buah dan per Set)"