Info Terbaru Kisaran Biaya Tes CA-125 Untuk Deteksi Dini Kanker Ovarium

merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit ini sendiri banyak macamnya, salah satunya ovarium. Seperti namanya, ovarium ini banyak menyerang kalangan perempuan.

Ilustrasi: tes CA-125

Ilustrasi: CA-125

Hingga saat ini, memang belum ada cara sederhana yang dapat diandalkan untuk mendeteksi kanker ovarium pada perempuan. Namun, Anda bisa melakukan pemeriksaan dini untuk mendeteksi adanya kanker ovarium ini atau tidak melalui beberapa tes, salah satunya tes darah CA-125.

CA-125 sendiri merupakan penanda tumor untuk kanker ovarium dan kadangkala juga kanker rahim. Pasalnya, CA-125 akan diproduksi oleh sel kanker dari ovarium (indung telur) dan rahim, dan masuk ke dalam darah, sehingga bisa terdeteksi dari pemeriksaan . Tes CA-125 dilakukan untuk mengukur tingkat CA-125 dalam darah.

Namun, spesifisitas dan sensitivitas tes CA-125 ini memiliki keterbatasan. Untuk spesifisitas, peningkatan CA-125 selain pada kanker ovarium, juga dapat ditemukan pada kanker lainnya, seperti kanker endometrium, saluran indung telur, paru, payudara, dan pencernaan. CA-125 dapat juga meninggi pada keadaan endometriosis, menstruasi, dan hamil, atau penyakit peradangan di sekitar organ .

biaya, tes, CA-125, kanker, ovarium, jenis, pemeriksaan, rumah sakit, darah, masuk, laboratorium, klinik, bervariasi, tes, perempuan, tahap, awal, sel, saluran, indung, telur

Ilustrasi di

Sementara, untuk sensitivitas, juga memiliki keterbatasan karena sekitar 20 persen kasus kanker ovarium tidak terjadi peningkatan CA-125 dan hanya 50 persen dari kasus kanker ovarium tahap awal yang mengalami peningkatan CA-125. Meski demikian, tes CA-125 ini dapat digunakan untuk memprediksi adanya suatu kelainan yang dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi, jika tes CA-125 mengalami peningkatan, sebaiknya dicari tahu apa penyebabnya.

Tes CA-125 untuk mendeteksi kanker ovarium ini bisa dilakukan di rumah sakit, , atau laboratorium terdekat dari tempat tinggal Anda. Untuk biayanya, bervariasi tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit atau laboratorium, sekitar Rp300 ribuan hingga Rp800 ribuan.

Di Laboratorium Pramita Cabang Buncit, biaya tes CA-125 sekitar Rp400 ribuan, sedangkan di Laboratorium Prodia biayanya sekitar Rp800 ribuan. Untuk tes CA-125 di Laboratorium JIH Jakarta Timur, biayanya berkisar Rp450 ribuan. Sementara, biaya tes CA-125 di Makmal Universitas Indonesia Salemba adalah Rp300 ribuan. tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Update Biaya Tes ANA (Anti Nuclear Antibody) Profile
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Biaya Tes CA-125 Untuk Deteksi Dini Kanker Ovarium"