Info Terbaru Biaya Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok

Selain ‘sekolah konvensional’, banyak pengelola yang sekarang mendirikan sekolah berbasis alam, salah satunya Sekolah Alam Indonesia. Diklaim sebagai sekolah alam pertama yang muncul di Tanah Air, Sekolah Alam Indonesia kini telah memiliki beberapa cabang, salah satunya di Depok. Menyelenggarakan pendidikan mulai jenjang TK hingga SMA, biaya sekolah di tempat ini memang tidak bisa dikatakan murah.

Sekilas Tentang Sekolah Alam Indonesia

Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (youtube: ajakanak - travel with kids)

Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (youtube: ajakanak - travel with kids)

Dikutip dari situs resminya, Sekolah Alam Indonesia diketahui pertama kali berdiri pada tahun 1998 silam dengan nama ‘Sekolah Alam’. Berlokasi di kawasan Jalan Damai, Ciganjur, Selatan, sekolah ini awalnya dimulai dengan hanya 8 orang murid, yakni 5 murid di playgroup dan 3 murid di jenjang SD, yang didampingi enam orang guru, masing-masing tiga guru di playgroup, 2 guru SD, dan satu guru Iqra atau mengaji.

Kemudian, pada tahun 2011, lokasi Sekolah Alam pindah ke Jalan Anda Nomor 7X, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, di atas lahan sewaan seluas 7.200 meter persegi. Lalu, seiring dengan perkembangan pendidikan di Indonesia, setelah awalnya hanya diperuntukkan kelas preschool hingga SD kelas 4, Sekolah Alam lantas menerapkan kelas inklusif bagi dengan kebutuhan , yang digabungkan dengan kelas reguler.

Pada tahun 2004, sekolah ini kemudian mengubah namanya menjadi ‘Sekolah Alam Indonesia’, karena melihat perkembangan sekolah alam yang mulai bermunculan di seluruh Tanah Air. Setahun berselang, Sekolah Alam Indonesia menyelenggarakan jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan (SL) yang setara dengan SMP jika di sekolah umum. Bertempat di Jalan Rawa Kopi, Pangkalan Jati, Limo, Depok, dengan lahan seluas 8.000 m2, lokasi ini hanya diperuntukkan siswa-siswi kelas besar yang terdiri dari tingkat SD kelas 5-6 dan tingkat SL kelas 7-9.

Melihat fenomena yang terjadi di Sekolah Alam Indonesia, dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan pendidikan yang ada, maka pada tahun 2011 lalu, kampus ini melakukan perluasan wilayah dengan mendirikan cabang di beberapa wilayah, seperti Studio Alam (Depok), Meruyung (Depok), Cibinong (Bogor), Bukit Siguntang (Palembang), dan JAC (Bengkulu). Di tahun yang sama, Kampus Sekolah Alam Indonesia meningkatkan kebutuhan pendidikan dengan mendirikan SAI BLESS.

Visi Sekolah Alam Indonesia sendiri adalah sebagai center of excellence pendidikan pemimpin yang berkarakter. Sementara, misi pendidikan tersebut adalah menjadi pendidikan berbasis karakter (iman dan ihsan) yang membangun generasi pemimpin masa depan yang mandiri dan bertanggung jawab melalui pembelajaran kehidupan (real life experience) dengan melibatkan komunitas.

Diharapkan siswa dan siswi yang menempuh studi di tempat ini bisa memiliki pribadi yang jujur dan berkarakter, memiliki kedewasaan berpikir dan bertindak, memiliki keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan, memiliki kecerdasan alam, memiliki pengaruh yang kuat, memiliki sikap rendah hati, wirausahawan yang memiliki jiwa sosial, memiliki ketangkasan bergerak, dan memiliki gagasan yang baru dan asli.

Konsep Pendidikan Sekolah Alam Indonesia

Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (youtube: ajakanak - travel with kids)

Aktivitas siswa Sekolah Alam Indonesia (youtube: ajakanak - travel with kids)

Pada awalnya, Sekolah Alam Indonesia memang hanya merupakan suatu gagasan pendidikan. Tetapi, lantas dicoba diwujudkan menjadi sebuah model sekolah, yang sesuai namanya, memiliki dimensi alam sebagai sumber ilmu dan dapat dikelola oleh peserta didik. Karena itu, sekolah ini tidak menggunakan bangunan gedung yang mewah, melainkan suang kelas dari kayu, dan lebih mengedepankan kualitas guru, metodologi yang benar, dan resource yang memadai sebagai gerbang ilmu pengetahuan.

Konsep pendidikan di sekolah ini sendiri berdasarkan pada Al Quran dan hadis yang menerangkan tujuan manusia diciptakan, salah satunya menjadi khalifah di muka bumi. Karena itu, Sekolah Alam Indonesia memprioritaskan tiga pokok materi pada konsep pendidikan mereka, yaitu akhlakul karimah (sikap hidup), latihan kepemimpinan (leadership), dan falsafah ilmu pengetahuan (logika berpikir).

Sekolah Alam Indonesia

Meski berbasis pada alam, bukan berarti Sekolah Alam Indonesia tidak memiliki fasilitas penunjang pendidikan lainnya. Ketika menempuh pendidikan di tempat ini, siswa dan siswi bisa menemukan masjid, kelas yang terbuat dari kayu, perpustakaan, lapangan olahraga, arena outbound, hingga kebun dan ternak.

Syarat Sekolah Alam Indonesia

  1. Syarat usia minimum per tanggal 31 Juli 2019: KB lahir sebelum 31 Juli 2016; TK A Lahir sebelum 31 Juli 2015; TK B Lahir sebelum 31 Juli 2014; SD 1 Lahir sebelum 31 Juli 2013.
  2. Mengunggah Pasfoto berukuran 3x4 (.jpg Maks. 1 MB). Untuk KB dan TK background foto berwarna Biru, SD background foto berwarna Merah, bagi siswi wajib foto menggunakan jilbab.
  3. Mengunggah Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. (.jpg Maks. 1 MB)
  4. Biaya pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2019/2020 sebesar Rp 350.000. Pembayaran dilakukan secara tunai pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 bertempat di Sekolah Alam Indonesia - Studio Alam.

Biaya Pendidikan Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok

Gedung SD di Sekolah Alam Indonesia (youtube: ajakanak-travel with kids)

Gedung SD di Sekolah Alam Indonesia (youtube: ajakanak-travel with kids)

Biaya pendidikan untuk jenjang TK atau Kelompok Bermain tentunya berbeda untuk jenjang SD maupun SMP (atau SL di tempat ini). Berikut kami sajikan biaya pendidikan Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (daerah Rawakopi) untuk siswa baru jenjang KB-TK dan SD tahun ajaran 2019-2020.

Jenis BiayaKB-TKSD
Dana Pengembangan Pendidikan (DPP)Rp 11.000.000Rp 14.500.000
Dana Operasional Tahunan (DOT)Rp 2.900.000Rp 3.150.000
Bea Guru (BG) per bulanRp 600.000Rp 730.000

Tahapan Pembayaran

TahapKB-TK (Rp)SD (Rp)Batas Pembayaran
Tahap I7.000.0009.500.00011 Maret 2019
Tahap II4.000.0005.500.00030 April 2019
Tahap III2.900.0003.650.00031 Mei 2019

Biaya yang disebutkan di atas di luar biaya katering dan transportasi. Siswa atau siswi di Sekolah Alam Indonesia juga tidak dikenakan biaya untuk seragam, karena memang siswa dan siswi di sekolah ini tidak berseragam, melainkan memakai baju bebas setiap harinya.

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak

Sekolah Alam Indonesia cabang Depok telah membuka pendaftaran siswa baru sejak Desember 2018 lalu. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi Sekolah Alam Indonesia via nomor telepon (021) 4456 1985 atau 7783 5721 untuk cabang Studio Alam TVRI atau kampus pusat di nomor telepon (021) 787 5411. Bisa juga dengan mengakses situs psb.saistudioalam.sch.id.

[Update: Dian]

Baca juga  Pendaftaran & Biaya Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) 2019/2020
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok"