Update Biaya Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok TA 2022/2023

Selain ‘sekolah konvensional’, banyak pengelola yang sekarang mendirikan sekolah berbasis alam, salah satunya Sekolah Alam Indonesia. Diklaim sebagai sekolah alam pertama yang muncul di Tanah Air, Sekolah Alam Indonesia kini telah memiliki beberapa cabang, salah satunya di Depok. Menyelenggarakan pendidikan mulai TK hingga SMA, biaya sekolah di tempat ini memang tidak bisa dikatakan murah.

Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (youtube: ajakanak - travel with kids)
Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (youtube: ajakanak – travel with kids)

Profil Sekolah Alam Indonesia

Dikutip dari situs resminya, Sekolah Alam Indonesia pertama kali berdiri pada tahun 1998 silam dengan nama ‘Sekolah Alam’. Berlokasi di kawasan Jalan Damai, Ciganjur, Selatan, sekolah ini awalnya dimulai dengan hanya 8 orang murid, yakni 5 murid di playgroup dan 3 murid di SD, yang didampingi enam orang guru, masing-masing tiga di playgroup, 2 guru SD, dan satu guru Iqra atau mengaji.

Bacaan Lainnya

Kemudian, pada tahun 2011, lokasi Sekolah Alam pindah ke Jalan Anda Nomor 7X, Ciganjur, Jagakarsa, Selatan, di atas lahan sewaan seluas 7.200 meter persegi. Lalu, seiring dengan konsep pendidikan di Indonesia, setelah awalnya hanya diperuntukkan kelas preschool hingga SD kelas 4, Sekolah Alam lantas menerapkan kelas inklusif bagi siswa dengan kebutuhan khusus, yang digabungkan dengan kelas reguler.

Baca juga  Biaya Kuliah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung TA 2022/2023

Pada tahun 2004, sekolah ini mengubah namanya menjadi ‘Sekolah Alam Indonesia’, karena melihat sekolah alam yang mulai bermunculan di seluruh Tanah Air. Setahun berselang, Sekolah Alam Indonesia menyelenggarakan pendidikan Sekolah Lanjutan (SL) yang setara dengan SMP jika di sekolah umum. Bertempat di Jalan Rawa Kopi, Pangkalan Jati, Limo, Depok, dengan lahan seluas 8.000 m2, lokasi ini hanya diperuntukkan siswa-siswi kelas besar yang terdiri dari tingkat SD kelas 5-6 dan tingkat SL kelas 7-9.

Biaya Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok - @Sekolah Alam Depok
Biaya Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok – @Sekolah Alam Depok

Melihat fenomena yang terjadi di Sekolah Alam Indonesia, dan kebutuhan Indonesia akan pendidikan yang ada, maka pada tahun 2011 lalu, kampus ini melakukan perluasan wilayah dengan mendirikan cabang di beberapa wilayah, seperti Studio Alam (Depok), Meruyung (Depok), Cibinong (Bogor), Bukit Siguntang (Palembang), dan JAC (Bengkulu). Di tahun yang sama, Kampus Sekolah Alam Indonesia meningkatkan kebutuhan pendidikan dengan mendirikan SAI BLESS.

Visi Sekolah Alam Indonesia sendiri adalah sebagai center of excellence pendidikan pemimpin yang berkarakter. Sementara, misi lembaga pendidikan tersebut adalah menjadi lembaga pendidikan berbasis karakter (iman dan ihsan) yang membangun generasi pemimpin masa depan yang mandiri dan bertanggung jawab melalui pembelajaran kehidupan (real life experience) dengan melibatkan komunitas.

Baca juga  Update Harga Tinta Stempel (Berbagai Merk)

Diharapkan siswa dan siswi yang menempuh studi di tempat ini bisa memiliki pribadi yang jujur dan berkarakter, memiliki kedewasaan berpikir dan bertindak, memiliki keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan, memiliki kecerdasan alam, memiliki pengaruh yang kuat, memiliki sikap rendah hati, wirausahawan yang memiliki jiwa sosial, memiliki ketangkasan bergerak, dan memiliki gagasan yang baru dan asli.

Sekolah Alam Indonesia cabang Depok (youtube: ajakanak - travel with kids)
Aktivitas siswa Sekolah Alam Indonesia (youtube: ajakanak – travel with kids)

Konsep Pendidikan Sekolah Alam Indonesia

Pada awalnya, Sekolah Alam Indonesia memang hanya merupakan suatu gagasan pendidikan. Tetapi, lantas dicoba diwujudkan menjadi sebuah model sekolah, yang sesuai namanya, memiliki dimensi alam sebagai sumber ilmu dan dapat dikelola oleh peserta didik. Karena itu, sekolah ini tidak bangunan gedung yang mewah, melainkan ruang kelas dari kayu, dan lebih mengedepankan kualitas guru, metodologi yang benar, dan resource buku yang memadai sebagai gerbang ilmu pengetahuan.

Konsep pendidikan di sekolah ini sendiri berdasarkan pada Al Quran dan hadis yang menerangkan tujuan manusia diciptakan, salah satunya menjadi khalifah di muka bumi. Karena itu, Sekolah Alam Indonesia memprioritaskan tiga pokok materi pada konsep pendidikan mereka, yaitu akhlakul karimah (sikap hidup), latihan kepemimpinan (leadership), dan falsafah ilmu pengetahuan (logika berpikir).

Fasilitas Sekolah Alam Indonesia

Meski berbasis pada alam, bukan berarti Sekolah Alam Indonesia tidak memiliki fasilitas penunjang pendidikan lainnya. Ketika menempuh pendidikan di tempat ini, siswa dan siswi bisa menemukan masjid, kelas yang terbuat dari kayu, perpustakaan, lapangan olahraga, arena outbound, hingga kebun dan ternak. Lalu, berapa biaya yang diperlukan agar anak bisa bersekolah di Sekolah Alam Indonesia Depok?

Gedung SD di Sekolah Alam Indonesia (youtube: ajakanak-travel with kids)
Gedung SD di Sekolah Alam Indonesia (youtube: ajakanak-travel with kids)

Biaya Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok TA 2022/2023

Jenis Biaya KB-TK SD
Biaya Pendaftaran Rp500.000 Rp500.000
Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Rp9.000.000 Rp14.500.000
Dana Operasional Tahunan (DOP) Rp3.500.000 Rp4.100.000
Bea Guru (BG)/ Bulan Rp700.000 Rp800.000
Baca juga  Update Kisaran Biaya Homeschooling (Jenjang TK, SD, SMP, SMA)

Biaya di atas kami rangkum dari situs resmi sekolah yang bersangkutan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biaya ini masih tetap. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya katering dan transportasi. Sekadar informasi, siswa di Sekolah Alam Indonesia tidak dikenakan biaya untuk seragam, karena memang peserta didik di sekolah ini tidak berseragam, melainkan memakai baju bebas setiap harinya.

Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok - depoknetizen.blogspot.com
Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok – depoknetizen.blogspot.com

Jadwal Pendaftaran Sekolah Alam Indonesia Cabang Depok TA 2022/2023

Untuk tahun akademik 2022/2023, Sekolah Alam Indonesia cabang Depok ternyata sudah membuka pendaftaran siswa baru sejak tanggal 29 September 2021 hingga 31 Juli 2022. Jika Anda tidak ingin ketinggalan informasi terbaru, Anda bisa menghubungi pihak sekolah di nomor ponsel 0821 111 3850 atau nomor telepon (021) 77837721.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.