Biaya Homeschooling di Malang TA 2023/2024

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan homeschooling. Ini merupakan salah satu kegiatan belajar dan mengajar yang bisa menjadi alternatif anak untuk menempuh pendidikan layaknya sekolah formal. Homeschooling sendiri sudah tersebar di banyak kota, salah satunya di Malang, dengan biaya pendidikan yang dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan sekolah swasta.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: homeschooling (sumber: jovee.id)
Ilustrasi: homeschooling (sumber: jovee.id)

Apa Itu Homeschooling?

Sebenarnya tidak ada definisi tunggal mengenai pembelajaran yang satu ini. Namun, jika diartikan secara sederhana, homeschooling bisa dikatakan sebagai model alternatif belajar selain di sekolah, tidak harus di rumah, melainkan bisa di lingkungan lain yang mendukung. Selain homeschooling, sistem ini juga biasa disebut dengan istilah home education atau home-based learning, yang digunakan untuk maksud yang kurang lebih sama.

Menurut situs Rumah Inspirasi, salah satu pengertian umum homeschooling adalah sebuah keluarga yang memiliki untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anak dan mendidik buah hatinya dengan berbasis rumah. Pada homeschooling, orang tua bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pendidikan anak, sedangkan pada sekolah reguler (konvensional), tanggung jawab tersebut didelegasikan kepada guru dan sistem sekolah.

Walaupun orang tua menjadi penanggung jawab utama homeschooling, tetapi pendidikan homeschooling tidak hanya dan tidak harus dilakukan oleh orang tua. Selain mengajar sendiri, orang tua dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus, melibatkan anak-anak pada proses magang (internship), dan sebagainya.

Metode homeschooling dikatakan mencoba mengembangkan sudut pandang baru dari pendidikan dan sekolah. Anak dipandang sebagai individu yang berbeda, dan karena itu, mereka membutuhkan model dan metode belajar yang berbeda pula. Sekadar ilustrasi, akan sangat mustahil jika si kreator seni dipaksakan untuk angka, demikian pula si jago matematika mungkin bisa kelimpungan bila harus dipaksa bermain bahasa.

Secara umum, tujuan dari homeschooling adalah menyiapkan anak sebagai pembelajar mandiri, dengan ciri-ciri memiliki motif internal untuk belajar, berorientasi pada tujuan yang ingin ia raih, terampil mencari bahan ajar, serta pandai mengelola diri (self management). Meski demikian, tidak semua anak cocok mengikuti pembelajaran dengan model homeschooling.

Saat ini, tidak sulit menemukan lembaga yang menyediakan jasa homeschooling, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, , Yogyakarta, Bandung, maupun di Malang. Khusus bagi Anda yang berdomisili di Malang, ada beberapa lembaga yang menyediakan layanan homeschooling seperti berikut ini.

Homeschooling Primagama Malang

Kantor pusat Homeschooling Primagama Malang beralamat di Jalan Candi Mendut Barat Blok C17, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru. Primagama sendiri, seperti diketahui, merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar (LBB) yang cukup populer di Tanah Air, dengan memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Homeschooling Primagama (sumber: tangerangonline.id)

Ada empat sistem kelas yang ditawarkan homeschooling ini kepada peserta didik, yaitu Kelas Individu, Kelas Komunitas, Distance Learning Class, dan Sistem Kelas Belajar Mandiri. Kelas Individu adalah sistem kelas untuk satu orang peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di rumah atau lingkungan mendukung lainnya, Kelas Komunitas adalah sistem kelas untuk dua sampai enam orang yang dilaksanakan di HSPG, Distance Learning adalah sistem kelas jarak jauh, dan Sistem Kelas Belajar Mandiri adalah siswa belajar secara sendiri tanpa didampingi pengajar namun tetap mendapatkan hak dan fasilitas dari lembaga.

Sekolah Dolan

Sekolah Dolan Malang (sumber: ngalam.co)

Lembaga yang lebih sering disebut sebagai komunitas belajar ini berdiri sejak tahun 2006 silam. Sekolah Dolan sendiri memiliki kantor pusat di Perumahan Villa Bukit Tidar A4-209, Genting, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru. Didirikan oleh Lukman Hakim yang awalnya hanya untuk kebutuhan anak sendiri, sekarang Sekolah Dolan telah mengantongi izin resmi dari Dinas Pendidikan Kota Malang.

Selain mendidik anak-anak dari tingkat SD hingga SMA, Sekolah Dolan juga memfasilitasi siswa yang ingin memperoleh ijazah nasional dari jalur kesetaraan Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Pendampingan bisa dilakukan dengan cara community visit (kunjungan ke Sekolah Dolan), home visit (pendampingan di rumah), dan distance learning (jarak jauh pendampingan orang tua atau tutor dengan panduan kesepakatan kegiatan dari komunitas).

Homeschooling Mayantara

Mayantara Homeschooling

Homeschooling Mayantara merupakan salah satu homeschooling di Kota Malang dengan ekstrakurikuler bahasa asing, dengan pilihan nasional dan internasional. Siswa difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing selain mata pelajaran UN, sebagai bekal kecakapan hidup. Homeschooling ini berlokasi di Jalan Puncak Mandala 40A, Raya Tidar, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Sistem kelas yang ditawarkan yakni kelas privat ke Mayantara School, kelas privat ke rumah siswa, dan kelas reguler (kelompok). Kelas privat terdiri dari satu siswa, sedangkan kelas kelompok terdiri dari 2 sampai 4 siswa. Kelas yang diikuti siswa mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA ini meliputi kelas tatap muka, kelas online, kelas bersama (non-mata pelajaran), dan kelas penilaian orang tua. Ragam kelas ini membantu siswa untuk lebih aktif mengembangkan potensinya. Di Mayantara School, peserta juga bisa memilih ekstrakurikuler, seperti renang, menggambar, karya tulis ilmiah, mengaji, komputer dasar, animasi, hingga bahasa asing.

Biaya Homeschooling di Jawa Timur

Lalu, berapa yang harus dikeluarkan jika orang tua memutuskan anak untuk belajar dengan metode homeschooling? Sebenarnya, biaya homeschooling standar sesuai kebutuhan, seperti privat di rumah atau di lembaga. Namun, menurut salah satu pengelola homeschooling, perbedaan nominal biaya di sekolah ini tidak jauh berbeda dengan sekolah swasta pada umumnya.

Menurut dia, di kawasan Indonesia bagian timur, termasuk Jawa Timur, uang pangkal homeschooling umumnya berkisar di angka Rp17 jutaan sampai dengan Rp25 jutaan. Walau demikian, homeschooling Mayantara tidak mengenakan uang gedung. Sementara itu, nominal biaya untuk pembayaran SPP berada di angka Rp750 ribuan hingga Rp1,6 jutaan per bulan. Namun, ada pula homeschooling yang tidak mematok biaya, khususnya kepada siswa yang kurang mampu.

Biaya Homeschooling di Malang

Biaya Homeschooling
Nama Lembaga Kisaran Biaya SPP per Bulan
Homeschooling Mayantara Rp754 ribu – Rp1,3 juta
Primagama Malang Rp1,1 juta – Rp1,2 juta

Perlu diingat, biaya di atas ditujukan untuk jenjang SD hingga SMP dengan metode pembelajaran yang berbeda (privat di rumah atau di tempat homeschooling). Hingga tahun 2023 ini, biaya SPP di Primagama dan Homeschooling Mayantara belum mengalami perubahan sejak tahun lalu. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mendatangi lembaga yang bersangkutan.

Informasi Kontak Homeschooling di Malang

Primagama Malang
Alamat: Jl. Candi Mendut Barat Blok C17, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru.
No. Telp: (0341) 400548 atau 081 838 8465.

Sekolah Dolan
Alamat: Perumahan Villa Bukit Tidar A4-209, Genting, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru.
No. Telp: (0341) 559763, 081 239 366 021, dan 085 234 075 023.

Homeschooling Mayantara
Alamat: Jl. Puncak Mandala 40A, Raya Tidar, Kecamatan Sukun, Kota Malang.
No. Telp: 0813 3344 4927 dan 0341-5081465. 

[Update: Ditta]

Pos terkait