Khasiat & Harga Terbaru Buah Bit di Superindo, Carrefour, dan Giant

Mengonsumsi -buahan bisa bermanfaat bagi . Salah satunya adalah buah bit. Buah bit kerap digunakan sebagai bahan pelengkap kuliner, baik itu sebagai pewarna maupun komposisi dalam menu santapan sehari-hari. Buah satu ini merupakan bagian dari keluarga Chenopodiaceae dan dikenal memiliki warna yang cerah.

harga, buah, bit, di, superindo, carrefour, giant, manfaat, kesehatan, kanker, serviks, kandungan, di, pusat, perbelanjaan, supermarket, per, 400, gram, 100, 1, kilogram, panen, lahan, petani

Buah bit

Buah bit biasanya dikonsumsi dalam campuran salad, sup, acar, hingga dessert. Namun, manfaat buah berwarna merah ini ternyata lebih dari itu, karena juga memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. Buah itu mengandung fitonutrien yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan detoksifikasi. Selain itu, bit juga merupakan sumber yang baik untuk kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh, seperti folat, serat, kalium, fosfor, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6.

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Buah bit dinilai mengandung sumber-sumber diet nitrat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal itu karena nitrat bisa memperlebar pembuluh darah yang akan menurunkan tekanan darah. Ini juga mengurangi overstimulation dari sistem saraf simpatik, yang diaktifkan oleh denyut jantung yang tinggi, atau tekanan darah tinggi. Buah bit menjadi sumber yang sangat baik dan bermanfaat bagi penderita penyakit kardiovaskular.

Nitrat dalam buah bit tidak hanya menurunkan stimulasi sistem saraf simpatetik, namun juga mengubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat penting untuk menurunkan tekanan darah, karena membantu arteri Anda untuk tetap melebar dengan mengendurkan otot-otot halus pada pembuluh darah. Selain itu, juga mencegah darah dari penebalan dan pembekuan. Oksida nitrat mendukung aliran darah dan dalam prosesnya akan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter menemukan bahwa orang yang meminum 500 ml jus bit organik setiap harinya, bisa bertahan 16 persen lebih lama saat melakukan aktivitas olahraga. Para peneliti menduga nitrat yang berubah menjadi oksida nitrat itu mengarah pada pengurangan asupan oksigen, ini membuat olahraga terasa tidak terlalu melelahkan. Tentu saja, manfaat bit bisa membantu para atlet, karena secara alami akan meningkatkan daya tahan tubuh mereka selama periode latihan yang dilakukan secara rutin.

Bit merupakan sumber serat makanan yang luar biasa dan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko sembelit atau diverticulitis. Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut betaine hydrochloride yang dapat merangsang pencernaan dengan membantu perut untuk memecah protein dan lemak dalam makanan, sekaligus membantu proses detoksifikasi alami dalam tubuh.

Buah bit juga dianggap bisa membantu pengobatan kanker serviks. Hal itu dikarenakan kandungan bermanfaat dalam buah bit yang membuatnya kaya akan khasiat untuk tubuh. Kandungan tersebut mulai dari asam folat, kalium, vitamin C, serat, magnesium, zat besi, fosfor, betasianin, triptofan, dan banyak lainnya. Salah satu penyebab munculnya kanker adalah akibat radikal bebas. Sementara, buah bit mengandung antioksidan tinggi, yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

Buah Bit

Dikarenakan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah bit, tidak sedikit orang yang berminat untuk menikmatinya. Anda bisa menemukan buah bit di berbagai tempat, termasuk di supermarket seperti Superindo, Carrefour, dan Giant. Harga yang dibanderol untuk buah bit di ketiga tempat tersebut tidak jauh berbeda. Untuk per 400 gramnya, harga buah bit sekitar Rp35 ribuan. Sementara, untuk harga per 100 gramnya sekitar Rp5 ribuan. Pada tahun sebelumnya, harga buah bit di , termasuk Superindo, Carrefour, dan Giant mulai Rp30 ribuan per 400 gr.

Buah bit (sumber: steemkr.com)

Buah bit (sumber: steemkr.com)

Promo juga diberlakukan di ketiga tempat tersebut. Promo mungkin memang tidak berlaku setiap hari, namun pada saat-saat tertentu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mengecek situs resmi Superindo, Carrefour, dan Giant untuk mengetahui promo atau diskon.

Cara Budidaya Buah Bit

Meskipun dijual di supermarket, namun bisa jadi buah bit tidak sering Anda temukan atau termasuk buah yang langka. Hal itulah yang menjadikan buah bit sebagai peluang bisnis. Anda bisa mencoba membudidayakan sendiri buah bit dan menjualnya di , tentunya dengan harga jual yang tidak jauh beda dengan harga jual yang ada di atas.

Sebelum melakukan budidaya, pastikan juga Anda telah menyiapkan benih buah bit. Tidak sulit untuk menemukan benih tersebut, Anda bisa membelinya lewat atau melalui toko benih. Benih bit sendiri di pasaran harganya mulai Rp10.000 dengan isi kemasan 20 biji hingga Rp66.000 untuk kemasan 150 biji. Anda tinggal memilih benih bit sesuai dengan kebutuhan.

Setelah mendapatkan benih bit, pastikan Anda melakukan uji layak tanam. Ini untuk mengetahui apakah benih dapat tumbuh dengan baik atau tidak. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan baskom berisi air dan menuangkan benih ke dalam baskom tersebut. Pilihlah biji yang tidak mengapung, ini adalah benih yang layak untuk ditanam.

Tanamlah benih pada media semai terlebih dahulu, dan merawat benih hingga menjadi . yang sudah mencapai ketinggian 5 cm dapat dipindahkan pada media tanam dan harus dirawat hingga panen tiba. Untuk membuat tanaman buah bit terlindung dari hama serangga, Anda bisa menempatkan mulsa plastik pada lahan tanam.

Mulsa plastik yang digunakan harus berwarna gelap. Warna gelap pada mulsa plastik berguna untuk menyembunyikan warna buah bit yang mencolok. Warna gelap juga akan membantu proses penyinaran lebih efektif, serta membantu menjaga kelembapan tanah lebih baik.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Kandungan, Manfaat, dan Harga Bunga Saffron
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Khasiat & Harga Terbaru Buah Bit di Superindo, Carrefour, dan Giant"