Khasiat & Harga Buah Bit di Superindo Carrefour Giant

Mengonsumsi buah-buahan bisa bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah buah bit. Buah bit kerap digunakan sebagai bahan pelengkap , baik itu sebagai pewarna maupun komposisi dalam menu santapan sehari-hari. Buah satu ini merupakan bagian dari keluarga Chenopodiaceae dan dikenal memiliki warna yang cerah.

harga, buah, bit, di, superindo, carrefour, giant, manfaat, kesehatan, kanker, serviks, kandungan, di, pusat, perbelanjaan, supermarket, per, 400, gram, 100, 1, kilogram, panen, lahan, petani

Buah bit merah (sumber: sobeys.com)

Buah bit biasanya dikonsumsi dalam campuran salad, sup, acar, hingga dessert. Namun, buah berwarna merah ini ternyata lebih dari itu, karena juga memberikan kesehatan pada tubuh.

Buah akar itu mengandung fitonutrien yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan detoksifikasi. Selain itu bit juga merupakan sumber yang baik dari kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh, seperti folat, serat, kalium, fosfor, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6.

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Buah bit dinilai mengandung sumber-sumber diet nitrat dapat mengurangi resiko jantung. Hal itu karena nitrat bisa memperlebar pembuluh darah yang akan menurunkan tekanan darah. Ini juga mengurangi overstimulation dari sistem saraf simpatik, yang diaktifkan oleh denyut jantung yang tinggi, atau tekanan darah tinggi. Buah bit menjadi sumber yang sangat baik dan bermanfaat bagi penderita kardiovaskular.

Nitrat dalam buah bit tidak hanya menurunkan stimulasi sistem saraf simpatetik, namun juga mengubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat penting untuk menurunkan tekanan darah, karena membantu arteri Anda untuk tetap melebar dengan mengendurkan otot-otot halus pada pembuluh darah. Selain itu juga mencegah darah dari penebalan dan pembekuan. Oksida nitrat mendukung aliran darah dan dalam prosesnya akan menurunkan tekanan darah.

Baca juga  Harga Molase Tetes Tebu di Pasaran

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter, menemukan bahwa orang yang meminum 500 ml jus bit organik setiap harinya, bisa bertahan 16 persen lebih lama saat melakukan aktivitas olahraga.

harga, buah, bit, di, superindo, carrefour, giant, manfaat, kesehatan, kanker, serviks, kandungan, di, pusat, perbelanjaan, supermarket, per, 400, gram, 100, 1, kilogram, panen, lahan, petani

Buah bit

Para peneliti menduga nitrat yang berubah menjadi oksida nitrat itu mengarah pada pengurangan asupan oksigen, ini membuat olahraga terasa tidak terlalu melelahkan. Tentu saja manfaat bit bisa membantu para atlet, karena secara alami akan meningkatkan daya tahan tubuh mereka selama periode latihan yang dilakukan secara rutin.

Bit merupakan sumber serat makanan yang luar biasa dan secara teratur dapat membantu mengurangi resiko sembelit atau diverticulitis. Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut betaine hydrochloride yang dapat merangsang pencernaan dengan membantu perut untuk memecah protein dan lemak dalam makanan, sekaligus membantu proses detoksifikasi alami dalam tubuh.

Buah bit juga dianggap bisa membantu pengobatan kanker serviks. Hal itu dikarenakan kandungan bermanfaat dalam buah bit yang membuatnya kaya akan khasiat untuk tubuh. Kandungan tersebut mulai dari asam folat, kaliumen, vitamin C, serat, magnesium, zat besi, fosfor, betasianin, triptofan dan banyak lainnya. Salah satu penyebab munculnya kanker adalah akibat radikal bebas. Sedangkan, buah bit mengandung antioksidan tinggi, di mana hal ini bermanfaat untuk mencegah kanker.

Baca juga  Daftar Harga Lengkap Menu Makanan & Minuman di Ayam Bakar Wong Solo

Harga Buah Bit di Superindo, Carrefour, & Giant

Dikarenakan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah bit, tidak sedikit orang yang berminat untuk menikmatinya. Anda bisa menemukan buah bit di berbagai tempat, termasuk di supermarket seperti Superindo, Carrefour, dan Giant.

Harga yang dibanderol untuk buah bit di ketiga tempat tersebut tidak jauh berbeda. Untuk per 400 gramnya, harga buah bit sekitar Rp 30 ribuan. Sementara, untuk harga per 100 gramnya sekitar Rp 2 ribuan.

Promo juga diberlakukan di ketiga tempat tersebut. Promo mungkin memang tidak berlaku setiap hari, namun pada saat-saat tertentu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mengecek situs resmi Superindo, Carrefour, dan Giant untuk mengetahui promo atau diskon.

harga, buah, bit, di, superindo, carrefour, giant, manfaat, kesehatan, kanker, serviks, kandungan, di, pusat, perbelanjaan, supermarket, per, 400, gram, 100, 1, kilogram, panen, lahan, petani

Ilustrasi: perdagangan buah bit

Meskipun dijual di supermarket, namun bisa jadi buah bit tidak sering Anda temukan atau termasuk buah yang langka. Hal itulah yang menjadikan buah bit sebagai peluang bisnis. Seperti yang dilakukan oleh petani di .

Bit merah dikembangkan oleh Kelompok Tani (Poktan) Cempiring di Dusun Tanjung Kidul, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton. Keberhasilan itu membuka peluang bisnis bit merah yang dinilai masih langka.

Baca juga  Fungsi dan Harga Asam Sitrat di Pasaran

Menurut Rahmad Yogi Samantha, ketua Poktan Cempiring, bit merah biasanya tumbuh di dataran tinggi diatas 1.500 mdpl. Namun, kelompoknya mampu mengembangkan dengan baik di dataran rendah yang hanya 2 mdpl. tanaman dataran tinggi itu, sudah dikembangkan sejak 10 April 2017. Lahannya pun tidak luas, hanya sekitar 400 meter persegi.

Usaha menanam buah bit itu dianggap satu-satunya di Indonesia. Suhu atas tanah di Paiton dianggap jauh lebih panas dibandingkan dataran tinggi. Petani menyiasatinya dengan cara menurunkan suhu di bawah tanah, melalui pemurnian tanah. Hal itu menjadikan akar bisa tumbuh dan memungkinkan tanaman tetap bisa hidup.

Yogi, ketua Poktan Cempiring, menerangkan di lahan seluas 400 meter persegi, bisa ditanami hingga 1.000 bit merah. itu dibeli di daerah Malang, yang sudah dikenal sebagai salah satu penghasil bit merah di Indonesia. Dengan diperlakukan full organik, dalam 2,5 bulan buah sudah bisa dipanen. Lahan seluas itu, mampu menghasilkan sekitar 1 kuintal.

Harga jual buah bit yaitu Rp 35 ribu per kilogram. Harga tersebut dianggap cukup murah, sebab di supermarket 1 kilogram bit merah dijual seharga Rp 50 ribuan. Dengan harga jual Rp 35 ribu kilogram, maka dalam 1 kali bisa menghasilkan Rp 3.500.000. Dalam setahun, lahan itu minimal bisa memanen 4 kali, atau menghasilkan Rp 14 juta.

loading...

Leave a reply "Khasiat & Harga Buah Bit di Superindo Carrefour Giant"