Khasiat dan Harga Akar Kuning (Semua Kemasan)

No comment180 views

Sebenarnya, Indonesia dianugerahi banyak tanaman yang dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional. Nah, dari sekian banyak tanaman yang ada, salah satu yang diklaim cukup mujarab adalah akar kuning. Telah dijual dalam berbagai kemasan dengan harga bervariasi, tanaman yang berasal dari kawasan Kalimantan ini konon mampu mengobati berbagai penyakit, termasuk gangguan fungsi hati.

Kayu akar kuning (sumber: palangkaraya.go.id)

Kayu akar kuning (sumber: palangkaraya.go.id)

Selain obat-obatan kimia, masih banyak masyarakat kita yang lebih memilih menggunakan bahan-bahan alam untuk mengobati penyakit. Hal ini salah satunya tidak terlepas dari fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan termasuk ke dalam delapan negara mega biodiversity di dunia, baik flora maupun fauna.[1]

Terkenal sebagai tanaman herbal, ini adalah tumbuhan atau tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional terhadap penyakit.[2] Sebenarnya, obat tradisional tidak melulu tanaman, tetapi juga bisa memanfaatkan bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian atau galenik, atau campuran dari bahan-bahan tersebut. Namun, umumnya masyarakat kita menyebut obat herbal dengan tanaman herbal.

Kandungan Akar Kuning

Dari sekian banyak obat herbal yang ada, salah satu yang sering digunakan, terutama oleh masyarakat tradisional Kalimantan, adalah akar kuning. Punya nama ilmiah Arcangelisia flava Merr.), akar kuning adalah tumbuhan liana dengan panjang sekitar 20 m, hidup pada dataran rendah sampai 800 meter di atas permukaan laut. Daun tanaman ini tebal dan kuat seperti kulit, berbentuk oval, dengan lebar 7 cm sampai 20 cm. Sementara, bunganya berumah dua dengan ukuran kecil-kecil, tersusun dalam rangkaian berupa glabrous 20 cm sampai 50 cm.

Baca juga  Update Tarif Rawat Inap RSCM Kencana

Menurut situs resmi Libang Kota Palangkaraya, akar kuning ini mengandung Fibaruretin B, C20H24O7, Furanoditerpen Old, empat furano diterpene baru, 6-hydroxy arcangelisia (la), 2-dehydro arcangelisinol (2), tinophyllol (3a), dan 6-hydroxyfibleucin (4b), diisolasi dari Arcangelisia flava., Fibraurin (5a), 6-hydroxyfibraurin (5d), fibleucin (4a). Sementara, bagian akar tanaman mengandung steroid, alkaloid, tanin, fenol hidrokuinon, dan saponin, sedangkan ekstrak batang Arcangelisia flava menghasilkan palmatine, berberine, jatrorrhizine, dlhydroberberine, dan 20-hydroxyecdysone.

Petani kayu akar kuning (sumber: tribunnews)

Petani kayu akar kuning (sumber: tribunnews)

Manfaat Akar Kuning

  • Rebusan kayunya yang berwarna kuning dipercaya dapat mengobati penyakit kuning, pencernaan, cacingan, demam, dan sariawan.[3]
  • Memiliki khasiat menghilangkan bisa atau racun akibat serangan ular berbisa, tertusuk sesuatu di hutan seperti tumbuhan yang memiliki racun, serangan halilipan beracun, serangan kalajengking beracun, dan aktivitas lainnya yang menyebabkan seseorang terkena racun ataupun bisa.
  • Menyembuhkan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus karena akar kuning juga memperbaiki organ pankreas yang terganggu.
  • Berkhasiat sebagai anti-kanker karena senyawa aktifnya memiliki zat anti-kanker yang sangat baik menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker, terutama sekali kanker hati atau kanker hepar.
  • Meningkatkan pertumbuhan sel hati sehingga organ hati selalu sehat.
  • Memiliki fungsi sebagai antibiotik, anti-inflamasi, sistem tonik (meningkatkan daya tahan tubuh), sistem imunitas (sistem kekebalan tubuh), mengatasi gangguan pencernaan seperti maag, dan dapat meningkatkan stamina bagi yang mudah lelah dan lesu dalam beraktivitas.
  • Menurunkan kadar dari serum transaminase.
  • Sebagai anti-malaria.
  • Mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Diklaim dapat mengobati penyakit cacar dan kerumut.
  • Dikatakan sangat bagus untuk pengobatan asam urat dan rematik.
Baca juga  Update Harga Bio HSA (5 ml, 10 ml, 15 ml)

Nah, apabila Anda juga tertarik dengan khasiat yang ditawarkan akar kuning, sebenarnya tidak sulit mendapatkan bahan herbal ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membeli di berbagai toko obat herbal atau lewat situs jual beli . Hadir dalam berbagai kemasan, harga tanaman ini dapat dikatakan relatif terjangkau. Berikut kisaran harga akar kuning di pasaran.

Akar kuning (facebook)

Akar kuning (facebook)

Harga Akar Kuning

Kemasan Akar KuningHarga
Akar Kuning 50 grRp2.850
Akar Kuning Kering 100 grRp4.800
Akar Kuning Kering 250 grRp12.750
Akar Kuning Kering 1 kgRp45.000
Bubuk Akar Kuning 500 grRp45.000
Bubuk Akar Kuning 1 kgRp79.900
Akar Kuning Segar 1 kgRp120.000 – Rp149.000
Akar Kuning HPAI 500 grRp130.000

Harga akar kuning di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga akar kuning tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga akar kuning di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Baca juga  Info Terbaru Harga Acnes Treatment Series untuk Jerawat

[1] Kaharap, Angga D., Christi Mambo, Edward Nangoy. 2016. Uji Efek Antibakteri Ekstrak Batang Akar Kuning (Arcangelisia flava Merr.) terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Jurnal e-Biomedik, Vol. 4(1).

[2] Mulyani, Hesti, Sri Harti Widyastuti, Venny Indria Ekowati. 2016. Tumbuhan Herbal sebagai Jamu Pengobatan Tradisional terhadap Penyakit dalam Serat Primbon Jampi Jawi I. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 21(2): 73-91.

[3] Endro Subiandono dan N. M. Heriyanto. 2009. Kajian Tumbuhan Obat Akar Kuning (Arcangelisia flava Merr.) di Kelompok Hutan Gelawan, Kabupaten Kampar, Riau. Buletin Plasma Nutfah, Vol. 15(1): 43-48.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Khasiat dan Harga Akar Kuning (Semua Kemasan)"