Info Biaya Pendaftaran OVO Terupdate

Selain via kartu prabayar, sekarang ada beberapa jenis metode pembayaran yang menggunakan smartphone sebagai medianya, salah satunya adalah OVO. OVO memberikan kemudahan bagi setiap nasabahnya untuk melakukan transaksi cashless. Untuk menggunakan layanan ini, Anda dapat melakukan pendaftaran lewat aplikasi OVO tanpa dikenakan biaya. Namun, ada sejumlah layanan OVO yang akan mengenakan biaya untuk pengguna.

Ilustrasi: Ovo Payment (credit: bisnisindonesia.id)
Ilustrasi: Ovo Payment (credit: bisnisindonesia.id)

Kelebihan OVO

Apakah Anda ingin mendapatkan kesempatan lebih besar dengan mengumpulkan poin di banyak tempat? Anda ingin berbelanja menggunakan uang elektronik? OVO, yang bisa diunduh lewat perangkat Android maupun iOS, bisa menjadi solusinya. Dengan aplikasi OVO, pengguna bisa berbelanja dengan sistem koin atau uang elektronik. Metode pembayarannya pun ada dua jenis, yakni OVO Cash dan OVO Points.

Bacaan Lainnya

Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sementara, OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. OVO Points sendiri dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO.

OVO menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi OVO yang di dalamnya terdapat saldo cash maupun point. Dengan bergabung dengan OVO, pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti poin berlipat, dengan mengumpulkan poin tiap belanja di berbagai merchant. 

Promo memikat, pengguna bisa menemukan berbagai penawaran menarik di laman ‘Deals’ dan dapatkan keuntungan lainnya dari merchant rekanan OVO. Merchant hebat di banyak tempat, gunakan OVO Points di berbagai merchant rekanan OVO. Pembayaran lebih cepat, rasakan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan OVO. Atur keuangan dengan tepat, pengguna bisa mengelola dan memonitor pengeluaran.

Berbeda dengan cashless lainnya, OVO memberikan beberapa keuntungan lain layaknya sebuah kartu kredit. Pilar utama pada OVO yang dapat memberikan berbagai macam keuntungan, yaitu payment dan points. OVO menawarkan kemudahan dalam bertransaksi serta pembayaran untuk segala kebutuhan di merchant-merchant yang telah bekerja sama.

Keanggotaan OVO

  • OVO Club – Menyediakan 10.000 OVO Points dan dapat menyimpan OVO Cash sampai dengan Rp2.000.000, naik dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1.000.000.
  • OVO Premier – Menyediakan 10.000 OVO Points dan dapat menyimpan OVO Cash sampai dengan Rp20.000.000 pada 2022 (naik dari tahun 2021 lalu sebesar Rp10.000.000).

Biaya OVO

Untuk mendapatkan keuntungan dari OVO, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengunduh aplikasi OVO di Play Store dan App Store, upgrade kartu hicard ke OVO hicard, atau upgrade kartu MCC ke Matahari Rewards-OVO. Dilansir dari situs resminya, pendaftaran OVO hingga detik ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, selesai mendaftar, status akun pengguna adalah OVO Club. Hanya bisa untuk Top Up dan transaksi, dan tidak bisa melakukan transfer dana. Untuk menaikkan limit dan menggunakan seluruh fiturnya, pengguna harus upgrade akun OVO menjadi OVO Premier.

Gerai pusat informasi OVO (sumber: marketing.co.id)

Top Up OVO di ATM Prima

  • Masukkan kartu ATM dan masukkan Personal Identification Number (PIN) Anda.
  • Lalu masuk ke menu Transfer dan pilih menu Bank Lain.
  • Masukkan kode Bank Nobu (503) + 9 + Nomor ponsel yang terdaftar pada aplikasi OVO (Tanpa Spasi), contoh: 50390812345678.
  • Selanjutnya, masukkan nominal Top Up OVO yang Anda diinginkan.
  • Mesin ATM akan membawa Anda ke menu konfirmasi pengiriman sebagai berikut: Bank Tujuan (Bank National/Bank Nobu), Rek Tujuan (9+ nomor ponsel yang terdaftar pada aplikasi OVO), Nama Tujuan (nama yang terdaftar pada aplikasi OVO), Jumlah Top Up, dan rincian biaya admin (dikenakan biaya karena kita transfer ke lain bank).

Apabila proses transfer telah selesai, Anda bisa mengecek saldo di aplikasi OVO dikarenakan saldo cash langsung terkirim ke aplikasi OVO sesuai jumlah Top Up yang ditransfer sebelumnya. Apabila saldo cash OVO belum juga masuk, Anda dapat menghubungi call center OVO di nomor 1 500 696 (Senin – Minggu pukul 07.00 – 23.00 WIB).

Selain melalui ATM, Anda juga bisa melakukan Top Up OVO melalui merchant yang telah bekerja sama dengan OVO, di antaranya adalah Matahari Department Store, Hypermart, Maxx Coffee, Books & Beyond, Bolt Zone, atau langsung melalui OVO Booth yang terletak di beberapa pusat perbelanjaan. Berikut ini adalah cara untuk melakukan pengisian ulang atau Top Up Saldo OVO melalui merchant rekanan.

Top Up OVO di Merchant

  • Bayar ke kasir sejumlah top up yang diinginkan.
  • Informasikan nomor ponsel pada kasir.
  • Kasir memasukkan jumlah top up yang diinginkan.
  • Saldo OVO Cash akan bertambah sejumlah top up yang dilakukan.

Biaya OVO

Jenis Transaksi Biaya
Transaksi di Merchant OVO Gratis
Top Up Debit di OVO Apps 2% dari nilai top up
Top Up via BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank Nobu, Bank Permata Rp1.000
Top Up via Bank Lainnya Rp1.500
Top Up via Merchant, OVO Booth, atau Tokopedia Rp1.000
Top Up via Grab Driver Gratis
Transfer Antar Pengguna OVO Gratis
Transfer ke Akun Bank Rp2.500 per transaksi
Pembukaan Akun Baru Gratis
Upgrade Akun Gratis
Penggantian Data Pengguna Gratis
Akun Dormant Gratis
Pendaftaran OVO Pay Later Gratis
Biaya Layanan OVO Pay Later Gratis
Biaya Tunggakan OVO Pay Later 0,1% per hari dari tagihan
Aplikasi OVO (sumber: techinasia.com)

Limit Transaksi OVO

Jenis Kartu OVO Limit Transaksi
OVO Club Rp20.000.000 per bulan
OVO Premier Rp40.000.000 per bulan

Syarat & Ketentuan Pengguna OVO

  • Pastikan nomor telepon sesuai dengan yang terdaftar di aplikasi OVO.
  • Top up saldo yang telah berhasil tidak bisa dibatalkan atau dikembalikan dalam bentuk apapun.
  • Top up saldo tidak dikenakan biaya tambahan.
  • Batas minimum top up di setiap merchant bervariasi mulai dari Rp50.000.

Merchant dengan OVO

Hypermart, Cinemaxx, Maxx Coffee, Foodmart Fresh, Bolt, BIG TV, First Media, Siloam Hospital, Books & Beyond, Sky Parking, Lippo Mall Puri, Boston Health & Beauty, Imperial Cakery, Mandarin Chicken Rice, Matahari Dept Store, Grand Imperial Lamian, Mom & Toys, Daily Bread, Pokenbir Jakarta, Shiny Tea, Lippo Cikarang, Brewin’ Hub, Toko PDA, Garskin, Kidds Cuts, Lippo General Insurance, Hotel Aryaduta, Martabux, Bari Uma, Saint Cinnamon, Ichiban Crepes, Tori-Ichi, Puput Restaurant, Share Tea, Noodle Culture, Natural Farm, Oh La La, Preso tea, Yongki Komaladi, Irwan Team, dan Steak 21.

[Update: Dian]

Pos terkait