Info Terupdate Keuntungan Menjadi Agen & Nasabah BTPN Wow

BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Nasional adalah bank umum yang memiliki infrastruktur luas yang dipilih pemerintah untuk menjadi salah satu pemberi layanan Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif). Laku Pandai merupakan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan untuk membuka akses layanan keuangan bagi masyarakat yang belum terlayani industri perbankan.

keuntungan, nasabah, btpn, wow, biaya, administrasi, tabungan, agen, warung, persyaratan, penghasilan, tambahan, sebulan, pembeli, perbankan, ojk, penarikan, tunai, setor, beli, pulsa, komisi, persen, nominal, layanan
Transaksi perbankan mudah lewat telepon genggam (sumber: btpnwow.btpn.com)

Salah satu layanan BTPN adalah BTPN Wow. Layanan itu dinilai praktis dan terjangkau serta memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung oleh jasa agen Laku Pandai yang berperan sebagai perpanjangan tangan dari BTPN. BTPN Wow merupakan jenis rekening basic saving account (BSA) yang diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bacaan Lainnya

Dengan BTPN Wow, transaksi perbankan dianggap menjadi lebih mudah dan sederhana karena pembukaan rekening, setor, dan tarik tunai hanya membutuhkan telepon genggam sederhana dan dapat dilakukan di agen Laku Pandai BTPN yaitu agen BTPN Wow. Transaksi dapat dilakukan melalui jaringan seluler yang cepat dengan proses gampang, murah, dan aman.

Transaksi dapat dikatakan cepat karena tidak perlu antre di kantor cabang, dapat bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Nasabah bisa berkirim uang dan membayar tagihan melalui telepon genggam atau gadget. Kemudian, transaksi termasuk murah karena tidak ada biaya bulanan, tanpa saldo minimum dan setoran awal. Nasabah juga dapat membeli pulsa sesuai nominal (kecuali Telkomsel). 

Transaksi juga termasuk mudah dilakukan karena nasabah dapat membuka tabungan hanya dengan menggunakan nomor handphone dan kartu identitas Anda. Nomor handphone yang digunakan berlaku sebagai nomor rekening. Untuk melakukan akses ke tabungan, bagi nasabah BTPN Wow adalah cukup dengan mengetik kode *247# dari handphone. Semua jenis handphone GSM bisa digunakan. Lalu, untuk transaksi setor dan tarik tunai bisa dilakukan di agen Laku Pandai BTPN (BTPN Wow) terdekat. 

Baca juga  Update Fitur dan Biaya Tabungan Mabrur dan Mabrur Junior Bank Syariah Mandiri (BSI)

Anda tidak perlu khawatir dengan aman tidaknya transaksi yang dilakukan, karena transaksi akan dilakukan dengan menggunakan rahasia. Apabila handphone Anda hilang, maka uang akan tetap aman di bank. Selain itu, nasabah bisa menikmati suku bunga sebesar 0,25 persen per tahun yang berlaku mulai 1 September 2020. Sebelumnya, suku bunga bisa mencapai persen per tahun. Tetapi, suku bunga itu dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi terbaru, Anda dapat melihatnya di situs resmi BTPN di btpn.com

BTPN membuka kesempatan untuk menjadi agen. Syarat bagi agen yaitu dapat berupa pemilik warung/usaha/perorangan berpenghasilan tetap yang memenuhi persyaratan untuk menjadi perwakilan Bank BTPN dalam memberikan layanan perbankan ke nasabah. Lokasi Agen BTPN Wow terdekat terbagi menjadi 12 titik yakni Jabodetabek, Jawa Barat 1, Jawa Barat 2, Jawa Tengah 1, Jawa Tengah 2, Jawa Timur 1, Jawa Timur 2, Bali dan Nusa Tenggara, Sumatera 1, Sumatera 2, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dengan memberi kesempatan menjadi agen bagi masyarakat, layanan perbankan akan menjadi lebih mudah diakses oleh siapa saja. Agen hanya perlu memiliki handphone (hp), karena semua transaksi dapat dilakukan melalui hp dengan mengetik *365#. Seorang agen BTPN Wow dapat membantu para tetangga dan untuk melakukan transaksi seperti membuka rekening, melayani setor tunai, melayani tarik tunai.

Ilustrasi: nasabah BTPN (youtube: Visual Pesona Nusantara)
Ilustrasi: nasabah BTPN (youtube: Visual Pesona Nusantara)

Syarat Menjadi Agen BTPN Wow

  • Menggunakan nomor handphone Anda sebagai nomor rekening agen.
  • Mendaftar di agen BTPN Wow terdekat melalui email [email protected]
  • Menyertakan kelengkapan dokumen seperti formulir agen, surat usaha dari RT setempat/surat penghasilan dari tempat bekerja.
  • Memiliki pendapatan tetap yang berasal dari kegiatan usaha atau kegiatan tetap lainnya seperti gaji, yang sudah berjalan (masih berjalan) selama minimal 2 tahun.
Baca juga  Update Harga Tiket Kereta Api Purwojaya Jakarta-Cilacap

Setelah itu, tunggu verifikasi dari BTPN. Jika lulus, agen akan menandatangani perjanjian kerja sama sebagai bagian dari persyaratan. Setelah proses selesai, maka agen siap beroperasi. Persyaratan menjadi agen BTPN Wow pada 2021 tidak mengalami perubahan signifikan dibandingkan tahun 2020 dan 2019 lalu. Lantas, bagaimana cara bergabung menjadi agen BTPN Wow bagi Anda yang bukan nasabah Bank BTPN?

Cara Daftar Menjadi Agen BTPN Wow

  • Hubungi BTPN Call Center 1500300.
  • Kirim WhatsApp ke nomor 0878 22 247 365.
  • Datang ke kantor/Bank BTPN terdekat di area.
  • Mengisi data-data seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat email, lokasi kota/kabupaten, serta provinsi.
  • Sertakan kelengkapan dokumen: formulir pendaftaran agen, surat usaha dari RT setempat / surat penghasilan dari tempat bekerja, KTP dan NPWP/Surat Pernyataan tidak memiliki NPWP.
  • Setelah itu, tunggu verifikasi dari BTPN.
  • Jika lulus, agen akan menandatangani perjanjian kerja sama.
  • Proses selesai dan agen siap beroperasi.

Sejumlah keunggulan menjadi agen BTPN Wow yakni dapat melayani pembukaan rekening, setor tunai, tarik tunai, layanan transaksi OTC (Over the Counter) seperti pembelian voucher isi ulang pulsa atau pembayaran tagihan, serta layanan lainnya. Tak heran, jika Anda dapat memperoleh keuntungan setelah menjadi agen BTPN Wow.

Ilustrasi: agen BTPN Wow (twitter: @sahabatbtpn)
Ilustrasi: agen BTPN Wow (twitter: @sahabatbtpn)

Keuntungan Menjadi Agen BTPN Wow

  • Mendapatkan penghasilan tambahan dari komisi agen saat agen membuka rekening nasabah baru (Rp3.000), melakukan setoran tunai dan tarik tunai. Agen juga mendapatkan komisi pada saat nasabah membeli pulsa dan membayar tagihan dari handphone nasabah.
  • Dapat mengikuti program-program promo untuk agen seperti program hp Android, kambing kurban, tambahan saldo, dan lain-lain.
  • Mendapatkan pelatihan dan sertifikasi agen, termasuk materi branding (stiker, poster, shop blind).
  • Semakin banyak nasabah, maka akan semakin banyak yang berkunjung ke tempat usaha (agen). Sehingga, akan memajukan usaha secara keseluruhan.
  • Mendapatkan kesempatan fasilitas kredit.
  • Mendapatkan kesempatan menambah peluang usaha baru.
Baca juga  Info Terbaru Biaya Daftar Quipper School (Reguler dan Intensif)

Beberapa orang yang telah menjadi agen BTPN Wow terbukti memperoleh keuntungan. Salah satunya adalah Titus Ismono, warga Sleman, Jawa Tengah. Nasabahnya sekitar 107 orang yang berasal dari latar belakang berbeda seperti pedagang, rumah tangga, bahkan mahasiswa. Dulunya, Titus merupakan seorang tukang ojek. Namun, berkat BTPN Wow, ia lebih sering menjaga warung bersama istrinya. Ia telah memiliki sejumlah nasabah dengan latar belakang berbeda.

Dalam sebulan, rata-rata, Titus dan istri bisa meraih penghasilan tambahan hingga Rp500.000 dari komisi sebagai agen BTPN Wow. Transaksi yang terjadi rata-rata adalah setor tunai, yang tarik tunai masih terbilang sedikit. Alasannya sederhana, yaitu untuk beli pulsa. Tiap orang beli pulsa, Titus mendapatkan komisi sebesar 1 persen. Kemudian, jika ada nasabah yang beli token PLN, ia mendapatkan Rp1.000 per transaksi. Jika ditotal, dalam sebulan, penghasilan tambahan yang diperoleh sebesar Rp450.000-Rp500.000.

Dengan menjadi seorang agen, Titus makin akrab dengan dunia perbankan dan pengetahuannya tersebut seringkali ia bagikan ke pembeli. Titus yang juga ketua keamanan RW pun aktif memperkenalkan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) yang digagas OJK.

Sementara itu, SVP Sales Management Head Bank BTPN menyebutkan bahwa untuk setiap kali pembukaan rekening aktif, maka agen akan mendapatkan komisi sebesar Rp18.000. Jika ada nasabah agen Laku Pandai yang menabung, maka mendapat Rp3.250 maksimal atau 1 persen. Kemudian, jika ada nasabah yang melakukan penarikan tunai, akan mendapatkan Rp4.500 maksimal atau 1,5 persen dari nominal yang ditarik.

Tidak hanya keuntungan bagi agen, BTPN Wow juga memberikan keuntungan bagi nasabahnya. Selain mudah dan praktis karena tidak harus pergi ke bank, nasabah tidak akan dikenai (gratis) biaya administrasi saat pembukaan tabungan. Saat menabung juga tidak dikenakan biaya apapun. Bahkan, meski belum memiliki KTP, nasabah bisa mengajukan menggunakan kartu BPJS atau surat keterangan RT.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.