Update Ketentuan, Biaya dan Masa Aktif Kartu Flazz BCA

Kini, transaksi apa saja dapat dilakukan dengan cepat. salah satunya dengan menggunakan Kartu Flazz dari BCA (Bank Central Asia). Pihak bank menawarkan kecepatan melakukan transaksi dengan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification) dalam sebuah kartu Flazz. Cukup dengan sentuhan dalam hitungan detik, transaksi sehari-hari dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Lalu, apa saja ketentuan kartu tersebut dan berapa lama masa aktifnya?

Kartu Flazz BCA (sumber: kompas)
Kartu Flazz BCA (sumber: kompas)

Kartu Flazz merupakan produk yang saat ini cukup populer di kalangan nasabah BCA. Hingga pertengahan Oktober 2016 silam, mencatat ada sekitar 9,5 juta Kartu Flazz yang beredar di Indonesia dengan nilai transaksi mencapai Rp50 miliar per bulan, dan mungkin terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini menjadi bukti bahwa masyarakat sudah mulai memanfaatkan kartu tersebut untuk melakukan transaksi.

Bacaan Lainnya

Kartu Flazz dapat digunakan di public transportation, seperti kereta api commuter line, Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek dan Trans Jogja. Selembar Kartu Flazz juga bisa digunakan melakukan pembayaran di lebih dari 57 ribu outlet merchant, SPBU, membayar tarif masuk tol, food and beverage, minimarket, supermarket, hypermarket, toko buku, dan tempat rekreasi.

Dengan menggunakan kartu prabayar dari BCA tersebut, Anda dapat menikmati kepraktisan melakukan pembayaran dengan Flazz karena Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, juga tidak perlu menyimpan uang dalam bentuk receh. Untuk dapat menggunakan Kartu Flazz, cukup dengan meletakkan kartu pada Reader, maka seketika transaksi selesai dilakukan.

Keuntungan Kartu Flazz BCA

  • Privasi transaksi terjaga dengan pembayaran yang sepenuhnya dilakukan secara elektronik.
  • Rincian transaksi yang tercatat mempermudah merchant melakukan cash handling dan pelaporan transaksi.
  • Gunakan untuk transportasi umum, bayar tol, parkir, belanja di minimarket, hingga transaksi di lebih dari 57 ribu outlet merchant.
  • Kartu Flazz dapat digunakan untuk melakukan transaksi di lebih dari 57 ribu outlet merchant.

Bagi yang berminat, dapat mengurus kepemilikan Kartu Flazz BCA di seluruh kantor cabang BCA terdekat, atau di stand penjualan Flazz dan merchant penjualan Flazz. Namun, sebelum mengurus pembuatan kartu tersebut, Anda sebaiknya juga mengetahui apa saja ketentuan yang harus diperhatikan dalam penggunaan Kartu Flazz BCA.

Ketentuan Umum Kartu Flazz BCA

  • Kartu Flazz dapat dipindahtangankan kepada pihak manapun.
  • Kartu Flazz tidak dapat dipergunakan untuk tujuan-tujuan lain selain untuk melakukan transaksi.
  • Penggunaan Kartu Flazz tidak memerlukan nomor sandi pribadi atau Personal Identification Number (PIN) maupun tanda tangan. Oleh karena itu, Kartu Flazz dapat digunakan oleh orang lain selain pemegang kartu, tanpa perlu dibuktikan kewenangannya oleh BCA.
  • Dalam hal Kartu Flazz dicuri atau hilang, BCA tidak dapat melakukan pemblokiran pada Kartu Flazz tersebut.
  • Pemegang kartu hanya dapat menggunakan Kartu Flazz untuk melakukan transaksi pembayaran selama pada Kartu Flazz tersebut mencukupi.
  • Keterangan dan perhitungan dari BCA berkenaan dengan transaksi Pembayaran, transaksi-transaksi lainnya dan/atau saldo Kartu Flazz sebagai akibat pemakaian Kartu Flazz, merupakan bukti yang mengikat, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
  • Kartu Flazz bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang mengenai  perbankan sehingga yang tersimpan pada Kartu Flazz tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Pemegang Kartu berhak untuk sewaktu-waktu mengakhiri penggunaan Kartu Flazz.
  • Pada saat masa berlaku Kartu Flazz berakhir atau pada saat pemegang kartu mengakhiri penggunaan Kartu Flazz, pemegang kartu berhak untuk menerima kembali yang tersisa pada Kartu Flazz dengan cara menyerahkan Kartu Flazz ke kantor cabang yang ditunjuk BCA.
  • Pengembalian akan dilakukan dengan cara transfer ke rekening yang ditunjuk pemegang kartu selambat-lambatnya 12 (dua belas) hari kerja sejak tanggal pemegang kartu menyerahkan Kartu Flazz.

Untuk mengakomodasi kebutuhan nasabahnya, BCA memberlakukan biaya dan limit yang kompetitif dalam setiap produk dan layanannya. Biaya Kartu Flazz termasuk minimal dan maksimal Top Up, saldo minimum dan maksimum kartu, saldo minimum transaksi, dan limit transaksi Top Up Flazz BCA Mobile.

Kartu Flazz BCA (sumber: lifepal.co.id)

Biaya Kartu Flazz BCA

Keterangan Biaya
Top Up Minimum Rp20.000
Top Up Maksimum Rp20.000.000 per bulan
Saldo Minimum Kartu Rp0
Saldo Maksimum Kartu Rp2.000.000
Saldo Minimum Transaksi Ditentukan kebijakan masing-masing partner atau merchant
Limit Transaksi Top Up Flazz BCA Mobile Rp2.000.000 per hari

Informasi biaya Kartu Flazz BCA kami rangkum langsung dari situs resmi BCA. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, besaran biaya tersebut belum berubah. Sekadar catatan, limit transaksi top up Flazz di BCA Mobile merupakan limit gabungan seluruh BCA mobile yang terhubung ke kartu paspor yang sama dan berlaku untuk semua jenis kartu paspor BCA. Kebijakan ini berlaku efektif per 31 Maret 2020.

Kartu Flazz BCA

Jika Anda ingin mendapatkan Kartu Flazz, Anda bisa mendapatkannya di seluruh kantor cabang BCA terdekat di kota Anda, stand penjualan Flazz, maupun merchant penjualan Flazz, bahkan lewat situs jual beli online dengan Rp38 ribu hingga Rp70 ribuan, tidak jauh berbeda dengan penawaran sebelumnya . Anda bisa langsung mendapat Kartu Flazz tanpa dikenai biaya administrasi, alias gratis biaya admin.

Masa Aktif Kartu Flazz BCA

Lalu, apakah Kartu Flazz BCA memiliki masa aktif? Menurut ketentuan umum yang dirilis pihak BCA, masa berlaku Kartu Flazz adalah 10 (sepuluh) tahun sejak transaksi Top Up terakhir dilakukan. Sementara, masa berlaku Kartu Flazz dengan logo adalah 10 tahun dari tanggal produksi yang tertera di bagian belakang kartu. 

Pos terkait