Update Ketentuan & Daftar Tarif Layanan Grab Express

pemesanan transportasi, GrabTaxi Indonesia merilis layanan baru, yaitu GrabExpress. Ini adalah layanan kurir menggunakan ojek GrabBike, yang bisa dipesan melalui tersebut. Grab Express dapat digunakan setiap hari selama 24 jam.

Ilustrasi: layanan paket Grab Express (sumber: sinulog.ph)

Ilustrasi: layanan Grab Express (sumber: sinulog.ph)

Beberapa keuntungan yang didapatkan dari layanan GrabExpress, antara lain:

  • Mudah. Anda hanya perlu melakukan 3 tahap yaitu membuka aplikasi GrabTaxi, masukkan penjemputan & tujuan pengiriman, lalu pilih layanan GrabExpress.
  • Aman. yang Anda kirim sudah diasuransikan sampai senilai Rp. 2.000.000, dan para bikers dari Grab juga sudah terlatih untuk mengantarkan dengan baik dan aman.
  • Pasti. Anda bisa mengetahui profil biker yang akan mengantarkan barang beserta nomor telepon, plat nomor kendaraan, perkiraan waktu tiba, dan estimasi harga yang pasti. Lalu Anda bisa menggunakan fitur ‘Share My Ride’ untuk melacak pengiriman barang. Anda juga menyediakan E-Receipt dalam setiap .
  • Cepat. Anda tidak perlu menunggu lama lagi karena barang akan dikirimkan dan sampai pada hari yang sama.

Untuk tahap awal, GrabExpress melayani penjemputan dan pengantaran paket di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Sudirman, Senayan, SCBD, Thamrin, Kuningan, dan Kemang. Ke depan, lokasi layanan akan dikembangkan ke berbagai wilayah. Tetapi, untuk saat ini, GrabExpress sudah beroperasi di seluruh JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan dan Bekasi).

GrabExpress dapat digunakan untuk mengirimkan dokumen penting, jas hujan yang tertinggal, hingga pengiriman pesanan dari online store favorit asalkan tidak melebihi ukuran maksimal 25 cm x 32 cm x 12 cm serta berat maksimal 5 kg. Untuk jumlah minimum, pihak GrabExpress tidak mengenakan jumlah minimum untuk pengiriman paket.

GrabExpress menegaskan tidak menerima pengiriman barang pecah-belah yang tidak dalam kemasan yang baik, makanan maupun minuman yang membutuhkan pendingin atau penanganan khusus, minuman beralkohol, obat-obatan, perhiasan, uang tunai ataupun benda lain yang dilarang oleh ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Grab Express Bisa Digunakan untuk Mengantar Paket - (Sumber: swirlingovercoffee.com)

Grab Express Bisa Digunakan untuk Mengantar Paket - (Sumber: swirlingovercoffee.com)

Seluruh pengiriman paket melalui GrabExpress diasuransikan dengan nilai hingga Rp 2 juta. Asuransi tersebut berlaku ketika terjadi kerusakan pada paket yang akan dikirimkan. Apabila memang terjadi kerusakan, maka Anda dapat melaporkan hal tersebut ke customer service melalui pengiriman email [email protected] Jangan lupa untuk mencantumkan nomor pesanan (booking) serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Untuk keperluan proses asuransi, laporan sudah harus masuk ke customer service paling lama 3 x 24 jam dari proses booking.

Seluruh pengiriman paket melalui GrabExpress ditanggung asuransi hingga Rp 10.000.000 kecuali untuk beberapa jenis barang antara lain kertas & dokumen, voucher, kupon, giro, cek, barang antik, barang pecah belah, cairan dan bahan kimia, senjata, makanan, minuman, buah dan sayuran segar, karangan bunga, barang mudah meledak/terbakar, alkohol dan obat terlarang, binatang hidup, uang kas, barang-paket yang melebihi ukuran yang direkomendasikan dan paket lain yang dilarang dalam undang undang.

Apabila paket yang Anda kirimkan tidak terkirim oleh GrabExpress, maka dapat memberikan data lengkap penerima paket seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi, hal ini merupakan informasi yang penting. Biker dari Grab akan menghubungi penerima paket untuk memastikan penerimaan. Jika penerima tidak dapat dihubungi, pihak GrabExpress akan mengembalikan paket ke Anda.

Lalu, bagaimana cara pembayaran layanan GrabExpress? Apabila yang memesan layanan GrabExpress melalui aplikasi Grab Taxi adalah pengirim, maka layanan dibayar sebelum pengantaran paket oleh pengirim. Tetapi, jika yang memesan adalah penerima, maka penerima akan membayar layanan setelah paket diantar.

Tarif layanan GrabExpress terbagi atas waktu (jam). Tarif mengikuti jarak yang ditentukan oleh layanan dan sesuai dengan tarif yang berlaku di masing-masing kota. Namun biasanya, tarif yang diberlakukan mulai dari Rp12.000. Untuk informasi lebih lanjut, akan disajikan pada tabel berikut ini.

Daftar Tarif Layanan GrabExpress

WaktuTarif (Rp)
Off-peak hour

(Senin-Jumat; 6.00 AM - 9.00 AM & 4.00 PM - 7.00 PM)

2.500 per km, minimum tarif 15.000
Peak hour3.000 per km, minimum tarif 25.000
Ilustrasi: layanan paket Grab Express (sumber: soyacincau.com)

Ilustrasi: layanan paket Grab Express (sumber: soyacincau.com)

Sama seperti layanan GrabBike, GrabExpress bisa diakses di dalam aplikasi GrabTaxi. Ketika pengguna membuka aplikasi tersebut, keterangan layanan ‘GrabExpress’ pun tampak bertengger di pojok sebelah kanan bawah. Sebelum GrabTaxi, sejatinya layanan serupa telah terlebih dahulu diluncurkan oleh kompetitornya, GoJek. Layanan terbaru dari GrabTaxi ini bisa menjadi opsi baru bagi para konsumen di Tanah Air.

Cara memesan layanan GrabExpress yaitu:

  • Langkah awal, Anda bisa membuka aplikasi GrabBike pada , atau jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, download terlebih dahulu di PlayStore atau AppStore.
  • Setelah masuk dalam aplikasi tersebut, lokasi Anda akan secara otomatis terdeteksi.
  • Masukkan tujuan pengiriman, dan pilih GrabExpress untuk mendapatkan info biaya perjalanan.
  • Masukkan data penerima. Pastikan seluruh data tentang penerima dicantumkan secara rinci untuk memudahkan biker GrabExpress menemukan penerima dokumen/paket.
  • Setelah melakukan konfirmasi pesanan, biker Grab terdekat akan muncul pada layanan tersebut untuk mengambil dokumen atau paket yang akan dikirimkan.
  • Demi kenyamanan, pastikan nama dan pelat nomor biker Anda sesuai dengan yang terdaftar di dalam aplikasi. Jangan ragu untuk menghubungi call center GrabExpress jika ada keraguan.
  • Bagi Anda, pihak pengirim, dapat melakukan pemantauan/pelacakan langsung terhadap biker Anda saat dalam perjalanan ke alamat tujuan. Anda juga bisa membagikan info perjalanan kepada penerima dengan fitur ‘Share My Rides’ yang ada dalam aplikasi.

Sebelum memesan GrabExpress, pastikan dokumen atau barang yang akan dikirim sudah terbungkus dengan baik dan aman. Sehingga, apabila ketika akan dikirim, barang Anda tidak akan diterima oleh pihak GrabExpress untuk kemudian diantarkan ke alamat tujuan.

[Update: Galih]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Uji dan Perpanjangan KIR Kendaraan
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Ketentuan & Daftar Tarif Layanan Grab Express"