Kekurangan dan Update Biaya Admin Tahapan Xpresi BCA

Bank Central Asia, atau lebih dikenal sebagai BCA, merupakan salah satu bank yang sangat populer di dalam negeri. Bank ini sering menjadi rujukan banyak masyarakat untuk menabung. BCA sendiri sudah menghadirkan beragam produk tabungan, dan salah satu yang cocok untuk anak muda adalah Xpresi, karena menawarkan biaya admin yang terjangkau. Meski demikian, tabungan tersebut juga tidak luput dari kekurangan.

Kartu paspor Tahapan Xpresi BCA (twitter: @xpresibca)
Kartu paspor Xpresi BCA (twitter: @xpresibca)

Xpresi BCA resmi dirilis pada 2011 lalu. Ini merupakan tabungan yang diperuntukkan nasabah yang berkarakter unik, kreatif, dan bergaya trendi. Pasalnya, ada 50 desain unik dan berbeda untuk kartu ATM BCA Xpresi. Desain kartu ATM ini cocok disesuaikan dengan selera nasabah, seperti traveling, art, fashion, retro, nature, dan lain sebagainya. Tak heran jika jenis Tahapan Xpresi dapat dimiliki oleh nasabah dari semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bacaan Lainnya

Keuntungan yang akan dimiliki oleh nasabah Xpresi yakni masa berlaku rekening tabungan seumur hidup. Hal tersebut tentu mempermudah nasabah di bawah umur saat beranjak menjadi remaja dan dewasa. Saat sudah memiliki kartu identitas sendiri, maka nasabah tersebut hanya perlu memperbaharui datanya. Jika Anda tertarik membuka Tahapan Xpresi BCA, berikut ketentuannya.

Ketentuan Xpresi BCA

  • Pembukaan rekening Xpresi dilakukan sendiri oleh calon penabung atau dapat diwakili oleh orang tua atau wali dari penabung sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
  • Rekening Xpresi tersebut hanya dapat dibuka dalam bentuk rekening tunggal (tidak dapat dibuka dalam bentuk rekening gabungan).
  • Atas pembukaan rekening Xpresi, BCA akan menerbitkan Kartu Paspor Xpresi berlogo nasional (Gerbang Pembayaran Nasional/National Payment Gateway) dan/atau Mastercard, dengan jenis Kartu Paspor Xpresi Pre-Printed, Kartu Paspor Xpresi Foto, atau Kartu Paspor Xpresi Multi Desain sesuai dengan pilihan penabung.
  • Kartu Paspor Xpresi hanya untuk keperluan penabung dan tidak diperkenankan untuk dipindahtangankan dengan cara apa pun. Segala akibat atas penyalahgunaan kartu paspor Xpresi menjadi tanggung jawab penabung sepenuhnya.
  • Orang tua atau wali yang melakukan pembukaan rekening Xpresi selaku orang tua atau wali dari anak yang belum dewasa, bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan Kartu Paspor Xpresi yang diberikan oleh BCA, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan atas Kartu Paspor Xpresi tersebut.
  • Kartu Paspor Xpresi tidak digunakan untuk tujuan-tujuan lain selain untuk melakukan transaksi tertentu.

Setiap kali menggunakan Kartu Paspor Xpresi, penabung akan diminta untuk memasukkan nomor sandi pribadi atau Personal Identification Number (PIN) atau membubuhkan tanda tangan (khusus untuk Transaksi Tertentu di mesin Electronic Data Capture (EDC) pada merchant di luar negeri yang hanya menerima verifikasi transaksi berupa tanda tangan).

BCA tidak melayani transaksi apa pun terhadap rekening Tahapan Xpresi yang Kartu Paspor Xpresi-nya telah dilaporkan hilang oleh penabung kepada BCA. Untuk dapat kembali melakukan transaksi atas rekening TAHAPAN XPRESI tersebut, penabung dapat mengajukan penggantian Kartu Paspor Xpresi di seluruh Kantor Cabang BCA, namun khusus penggantian Kartu Paspor Xpresi Foto atau Kartu Paspor Xpresi Multi Desain hanya dapat dilakukan di kantor cabang tertentu.

Layanan Bank BCA (sumber: swa.co.id)

Biaya Admin Tahapan Xpresi BCA

Komponen Biaya
Biaya Administrasi per bulan Rp7.500
Saldo Minimum Ditahan Rp10.000
Biaya Penutupan Rekening Rp10.000
Biaya Penarikan di Counter per transaksi Rp15.000
Biaya Kartu/Ganti Kartu Rp25.000
Setoran Awal Minimum Rp50.000
Setoran Minimum Selanjutnya Rp50.000

biaya Tahapan Xpresi BCA di atas kami rangkum dari situs resmi bank yang bersangkutan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, ketentuan biaya admin Tahapan Xpresi BCA sampai saat ini masih belum berubah. Namun, untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda dapat mendatangi kantor cabang BCA terdekat.

Tahapan Xpresi BCA – www.finansialku.com

Biaya Transaksi Tahapan Xpresi BCA

Keterangan ATM BCA Prima & GPN Mastercard
Tarik Tunai Gratis Rp7.500 Rp25.000
Cek Saldo Gratis Rp4.000 Rp5.000
Transfer Antar Bank Rp6.500 Rp6.500 N/A
Transaksi Ditolak Gratis Rp3.500 Rp5.000

Sejumlah alasan mengapa Anda perlu mencoba membuka rekening di Tahapan Xpresi BCA yakni nasabah dapat menabung lebih mudah karena bebas cek saldo, mutasi, atau transaksi tanpa buku tabungan dan cukup menggunakan e-Banking BCA. Seperti tabungan BCA lainnya, Tahapan Xpresi juga menawarkan fasilitas lengkap berupa KlikBCA dan m-BCA, BCA mobile, SMS Top Up, atau SMS BCA. Selain itu, terdapat lebih dari 50 desain kartu yang unik dan berbeda bagi nasabah BCA Xpresi. Lalu, apa saja kekurangan tabungan ini?

Kekurangan Tahapan Xpresi BCA

  • Tidak ada buku tabungan: sehingga untuk mengecek mutasi rekening, Anda harus mengaksesnya melalui aplikasi BCA Mobile atau menghubungi layanan customer service. Cara lainnya yakni meminta daftar mutasi dari rekening koran di kantor cabang BCA terdekat.
  • Limit transaksi terbatas. Tahapan Xpresi memiliki limit transaksi yang setara dengan Paspor BCA silver, sehingga nasabahnya hanya bisa maksimal tarik tunai Rp7 juta per hari, transfer ke sesama rekening BCA maksimal Rp25 juta per hari, dan transfer antar bank maksimal Rp10 juta per hari.
  • Ketersediaan desain kartu ATM terbatas di kantor cabang: Jika nasabah ingin memiliki lebih banyak pilihan desain kartu ATM, maka disarankan untuk mendatangi kantor cabang utama BCA terdekat karena tidak semua kantor cabang menyediakan 50 desain yang seharusnya tersedia.

Seperti tabungan pada umumnya, Tahapan Xpresi BCA juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Jadi, jika Anda cocok dengan apa yang ditawarkan oleh tabungan ini, Anda bisa membukanya. Namun, apabila ketentuan yang ditawarkan Tahapan Xpresi BCA Anda tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, Anda dapat beralih ke tabungan yang lain.

(Panca)

Pos terkait