Kegunaan dan Harga Briket Batubara

No comment204 views

Ada berbagai bahan bakar yang bisa dijadikan sebagai pengganti minyak tanah, salah satunya adalah briket batubara. Selain dikenal sebagai bahan penghasil listrik, batubara biasa dipakai untuk bahan bakar mesin. Meskipun harga batubara tidak bisa dibilang jika dibandingkan batu arang, bahan bakar ini sudah mulai dipakai banyak orang dalam berbagai keperluan, termasuk memasak.

Ilustrasi: pembakaran briket batu bara (unsplash: Jefferson Sees)

Ilustrasi: pembakaran briket batu bara (unsplash: Jefferson Sees)

Karakteristik Briket Batubara

Briket batubara merupakan jenis bahan bakar padat yang mempunyai kecepatan pembakaran tercepat untuk mencapai temperature austenite di antara briket arang kayu dan briket arang batok .[1] Temperature austenite sendiri merupakan temperatur tinggi sebagai syarat mutlak dalam melaksanakan suatu proses perlakuan pada bahan.

Bisa dibilang, briket batubara adalah bahan bakar yang mudah terbakar dibandingkan arang kayu dan batok kelapa, dan ini tentu memberikan sejumlah keuntungan bagi penggunanya. Karena mudah terbakar, tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk menyalakan bara api. Anda hanya perlu menuangkan sedikit minyak tanah atau bensin dan menyalakan apinya.

Proses pembakaran batubara hampir sama dengan arang. Pada saat api dinyalakan, api akan membumbung tinggi dan perlahan mulai meredup. Api tidak akan mati, tetapi membuat batubara menjadi panas dan kemerahan. Anda tidak perlu khawatir dengan panas yang dihasilkan batubara yang tidak berapi, karena panasnya sama dengan minyak yang terbakar.

Baca juga  Update Harga Flare Asap (Bomb Smoke) di Pasaran

Untuk mempercepat proses pembakaran batubara, dibutuhkan teknik khusus saat Anda meletakkan bahan bakar. Anda bisa menumpuknya sebanyak dua lapis supaya semua bahan bakar bisa terbakar dengan sempurna. Panas yang dihasilkan briket batubara juga terbilang cukup merata, sehingga semua bahan bakar bisa terbakar dengan baik.

Supaya lebih mudah, biasanya orang meletakkan kertas atau daun kering di atas briket batubara untuk menyalakannya. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak memiliki minyak tanah atau bensin. Meskipun bisa terbakar dengan cepat, asap yang dihasilkan dari pembakaran batubara cenderung lebih banyak dibanding asap arang batok kelapa, tetapi lebih sedikit dibanding arang kayu atau bahan bakar lainnya.

Untuk menghalau asap briket batubara, Anda bisa membakarnya dalam ruang atau tempat yang tertutup dan dilengkapi dengan cerobong asap. Khusus untuk pabrik besar atau peternakan, biasanya alat pembakar batubara atau tungku pembakaran dilengkapi dengan alat penyaring khusus untuk menghindari kontaminasi asap dan abu batubara terhadap barang produksi.

Baca juga  Update Harga Garam Epsom/Inggris di Pasaran

Kegunaan Briket Batubara

Produk briket batu bara (sumber: tokomesinmakassar.com)

Produk briket batu bara (sumber: tokomesinmakassar.com)

  • Membakar daging. Beberapa orang menggunakan batubara sebagai pengganti arang, karena mudah panas dan terbakar. Ini membuat proses pembakaran makanan seperti daging atau menjadi lebih cepat dan matangnya merata.
  • Membakar ubi. Tak hanya bisa dipakai untuk pesta BBQ, briket batubara ternyata bisa dijadikan bahan bakar untuk membakar ubi. Untuk membakar ubi tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu meletakkan batubara yang sudah terbakar di tanah dan tutup menggunakan jerami atau daun kering. Setelah itu, letakkan ubi yang akan dibakar di atas tumpukan jerami dan tumpuk lagi dengan daun kering. Ini membuat aroma ubi bakar menjadi lebih harum dan punya rasa yang legit.
  • Bahan bakar kompor. Semakin canggihnya teknologi, saat ini telah muncul inovasi kompor energi berbahan bakar briket batubara. Kompor ini memiliki seperti kompor minyak tanah, hanya saja tidak dilengkapi dengan sumbu, tetapi memiliki penyaring khusus anti racun. Anda bisa memakainya untuk berbagai keperluan dapur.
  • Bahan bakar shisa. Briket batubara juga bisa dipakai untuk keperluan lain, seperti bahan bakar shisha. Jenis briket yang dipakai biasanya berbentuk cube atau bulat, sehingga mudah dimasukkan ke dalam rokok uap asal Timur Tengah ini.
Baca juga  Update Harga Spring Bed Central untuk Anak

Bagi Anda yang membutuhkan briket batubara untuk berbagai keperluan seperti di atas, pastikan Anda mengetahui harganya di . Sebagai referensi harga briket batubara, berikut tabelnya.

Harga Briket Batubara

Varian/Merk Briket BatubaraHarga
Briket Batubara Brongkol 1 kgRp8.000
Briket Batubara Brongkol 1 sakRp80.000
Mountnesia Briket Batubara Cube 1 kgRp38.000
Bukit Asam Lampung Briket Batubara 1 sakRp42.000
Briket Batubara untuk Peternakan Ayam Potong 25 kgRp40.000
Hookah Briket Batubara Shisa Bulat 1 kgRp111.000

Harga briket batubara di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga briket batubara tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Rerung, Oktovianus Dharma, Alexius Leonardo Johanis, Roymons Jimmy Dimu. 2019. Studi Tentang Penggunaan Beberapa Jenis Bahan Bakar Briket pada Proses Perlakuan Panas Menggunakan Tungku Krusibel Sederhana. JTM-JURNAL TEKNIK MESIN Politeknik Negeri Kupang, Vol. 2(2): 77-81.

author

Leave a reply "Kegunaan dan Harga Briket Batubara"