Kandungan Gizi, Manfaat Bagi Kesehatan & Harga Ikan Bandeng Per Kg

bandeng merupakan yang cepat berenang karena memiliki badan yang memanjang. Kepala bandeng tidak bersisik, mulut kecil terletak di ujung rahang tanpa gigi, dan lubang hidung terletak di depan mata diliputi oleh selaput bening (subcutaneous).

Bandeng adalah ikan asli air yang dikenal sebagai petualang ulung walaupun dapat hidup di air payau, maupun dipelihara di air tawar. Ikan ini dapat berenang mulai dari perairan yang salinitasnya tinggi, 35 ppt atau lebih (ini adalah habitat aslinya), kemudian dapat masuk mendekat ke muara-muara sungai (salinitas 15-20 per mil) dan dapat masuk ke sungai dan danau yang airnya tawar. Sehingga bandeng digolongkan sebagai ikan euryhaline.

Ikan bandeng

Ketika mengolah bandeng menjadi suatu yang memanjakan lidah Anda, mungkin akan kesulitan karena banyaknya duri dalam tubuh ikan tersebut. Supaya lebih mudah menghilangkan duri di tubuh bandeng, ada tips yang bisa dilakukan. Anda bisa memulai dari bagian punggung. Jangan terlalu dalam menyayatnya karena akan membuat durinya yang ada di dalam tidak ikut terpotong.

Setelah punggung sudah disayat, lanjutkan ke bagian ekor. Pada bagian ekor, durinya biasanya lebih banyak. Oleh karena itu, Anda bisa menyayatnya lebih dalam. Sebaiknya sayat ekor bandeng mengikuti arah duri. Pegang bagian ekornya, lalu tarik bagian tersebut. Kemudian, ambil duri pada ekor sambil menekuk bagian kepala ikan. Hal ini memudahkan duri untuk diambil. Untuk menghilangkan duri-duri yang tertinggal, Anda dapat membersihkan duri dengan menggunakan pinset.

Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Menurunkan Kolesterol

Baca juga  Update Daftar Harga Stroller Bayi Murah New Arrival & Koleksi Lainnya

Di dalam ikan bandeng, terkandung beberapa asam esensial yang dibutuhkan tubuh seperti Omega-3, DHA, dan EPA. Dalam satu ekor ikan bandeng berukuran sedang saja, sedikitnya terdapat sekitar 20,3 gram asam lemak yang dapat memenuhi asupan lemak harian. Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan lemak esensial ini sangat berguna untuk mengontrol kolesterol di dalam darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Kandungan vitamin B12 di dalam bandeng dapat membantu proses ekskresi atau pembuangan limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi bandeng secara teratur, vitamin B12 akan meningkatkan kerja ginjal dan mencegah penumpukan limbah yang dapat menyebabkan gangguan nefrolitiasis atau penyakit batu ginjal.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang & Gigi

Di balik banyaknya duri halus pada ikan bandeng, kandungan kalsium pada ikan ini juga terbilang tinggi. Di dalam satu ekor ikan bandeng, terdapat sekitar 1400 mg kalsium dan fosfor yang dapat menurunkan risiko pengeroposan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan vitamin D di dalam ikan bandeng juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis pada orang tua.

Kandungan Gizi

harga, ikan, bandeng, per, kg, imlek, kawak, berat, 5, pasar, stabil, samarinda, gresik, jawa, timur, idul, fitri, pembeli, kilogram, mahal, biasa, perayaan, manfaat, bagi, kesehatan, kandungan, gizi, tulang, gigi, ginjal, kolesterol, presto, duri

Ilustrasi: masakan bandeng presto (sumber: Bukalapak)

Salah satu olahan bandeng yang terkenal adalah bandeng presto. Apakah ada kandungan gizinya? Menurut ahli gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ahmad Sulaeman, kandungan gizi di dalam ikan bandeng luar biasa sebagai sumber protein tinggi. Cara presto itu melunakkan tulang-tulang dan sisik yang banyak mengandung kalsium. Semuanya dapat dimakan kecuali isi perut dan insang yang sudah dibuang.

Ahmad menjelaskan bahwa setiap 100 gram (gr) bandeng presto memiliki kandungan protein sebesar 17,1 gr, sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh dalam sehari. Dalam sehari rata-rata tubuh membutuhkan sekitar 50 gr protein.

Dalam 100 gr, bandeng presto juga memiliki lemak sebesar 20,3 gram. Ahmad memastikan bahwa kandungan lemak ini baik untuk tubuh karena bandeng presto juga memiliki turunan asam lemak omega 3 berupa ERA, EPA, dan DHA. Asam lemak ini terkenal dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Kandungan EPA dan DHA juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga mencegah serangan jantung koroner. Asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, bandeng presto juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, retinol, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan karoten. Kandungan ini baik untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, tulang dan gigi.

Ikan Bandeng Per Kg

harga, ikan, bandeng, per, kg, imlek, kawak, berat, 5, pasar, stabil, samarinda, gresik, jawa, timur, idul, fitri, pembeli, kilogram, mahal, biasa, perayaan, manfaat, bagi, kesehatan, kandungan, gizi, tulang, gigi, ginjal, kolesterol, presto, duri

Ilustrasi: ikan bandeng dijual di pasar (sumber: kumparan.com)

Tercatat di akhir September 2018, harga ikan bandeng terbilang stabil. Begitu pula dengan stoknya. Di Pasar Ikan Samarinda, harga per kg sekitar Rp 27 ribu hingga Rp 30 ribu. Walaupun di berbagai tempat harganya ada yang turun dan naik, tetapi masih bisa dikatakan tidak terlalu signifikan perbedaannya.

Harga ikan bandeng bisa melonjak ketika momen tertentu, misalnya saja Imlek. Seperti yang terjadi di kawasan Rawabelong, Jakarta Barat. Jika pada hari-hari biasa, ikan bandeng yang dijual paling besar 4 hingga 5 ons, tetapi mendekati Imlek, satu ikan bandeng bisa mencapai 8,7 kg. Harga per kgnya mencapai Rp 100.000.

Anda bisa mengira-ngira sendiri mengenai harga ikan bandeng jumbo tersebut. Apabila harga per 1 kgnya saja Rp 100.000, maka untuk ikan dengan ukuran 8 kg 7 ons, harganya sekitar Rp 870.000/ekor.

Namun, tidak semua pedagang ikan menjual dengan ukuran yang sama. Rata-rata bandeng yang dijual berukuran 2-5 kg per ekor. Untuk bandeng ukuran 2-3 kg, per ekornya sekitar Rp 70.000/kg.

Tidak hanya pada saat mendekati perayaan Imlek saja, saat Idul Fitri, di daerah Gresik, Jawa Timur, pasar Bandeng Kawak diserbu para pembeli. Hal itu karena pasar tersebut menjual ikan bandeng kawak dengan berat mencapai Rp 5 kg bahkan lebih. Bandeng kawak dijual dengan harga mencapai Rp 110 ribu sampai Rp 150 ribu per kilogram. Harga tersebut jauh lebih mahal dibandingkan bandeng biasa yang harganya Rp 35 ribu per kilogram.

loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Kandungan Gizi, Manfaat Bagi Kesehatan & Harga Ikan Bandeng Per Kg"