Kandungan, Indikasi, Dosis, dan Update Harga Laxing Kapsul dan Laxing Tea

Salah satu permasalahan pencernaan yang sering dialami masyarakat adalah sulit BAB atau susah buang air besar. Ada banyak penyebab mengapa orang bisa mengalami konstipasi, mulai dari kurang mengonsumsi makanan berserat hingga salah makan. Sementara ada banyak obat pencahar yang beredar di apotek, Anda bisa mencoba minum Laxing kapsul dan Laxing Tea yang harga jualnya murah meriah.

Ilustrasi: Susah Buang Air Besar (credit: thisquarterly.sg)
Ilustrasi: Susah Buang Air Besar (credit: thisquarterly.sg)

Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaan yang membuat orang merasa susah buang air besar. Sembelit ditandai dengan perubahan konsistensi feses menjadi keras, penurunan frekuensi atau kesulitan defekasi. Secara umum, konstipasi sering dialami oleh remaja dan orang dewasa.[1]

Bacaan Lainnya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit, mulai dari mengonsumsi makanan berserat tinggi, minum air putih yang banyak, hingga minum obat pencahar. Salah satu merek obat pencahar yang sedang populer karena diklaim ampuh dan memiliki reaksi yang cepat, yaitu Laxing yang terdiri dari varian kapsul dan teh atau tea.

Varian Laxing

Laxing Kapsul

Laxing kapsul merupakan obat pencahar yang termasuk dalam golongan jamu. Ini karena produk dibuat dari berbagai macam herbal dan telah teruji secara klinis. Selain diakui sebagai obat tradisional, Laxing kapsul juga diakui sebagai obat di dunia medis modern. Dalam satu kapsul Laxing, mengandung ekstrak senna, lidah buaya, dan foeniculi vulgaris. Semua bahan herbal tersebut tentu memiliki perannya masing-masing dalam mengatasi sembelit.

Cassiae sennae folium merupakan salah satu bahan utama untuk mengatasi sembelit/konstipasi, memperlancar BAB, mengatasi sekaligus mencegah ambeien, menyehatkan lambung, dan sebagai pencuci atau pembersih sistem pencernaan. Selain itu, ekstrak senna juga bermanfaat sebagai pelangsing alami yang aman bagi tubuh, sebagai inflammatory, dan detoksifikasi.

Dengan adanya kandungan Cassiae sennae folium, Laxing kapsul dapat bekerja secara maksimum. Obat tersebut akan mengeluarkan racun, lemak, dan zat berbahaya yang mengendap di dalam akibat susah BAB. Sehingga, tubuh Anda tidak akan keracunan dan terjaga kesehatannya. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, Anda juga akan mendapatkan perut yang langsing setelah mengonsumsinya.

Bahan alami yang tidak kalah penting dengan Cassiae sennae folium, yaitu aloevera folium. Ekstrak lidah buaya yang dipakai untuk membuat obat Laxing kapsul memiliki banyak manfaat, terutama bagi Anda yang suka sembarangan. Pola makanan yang tidak sehat ternyata dapat menyebabkan kelainan pada sistem pencernaan, seperti konstipasi. Lidah buaya sendiri berperan menetralkan sekaligus membersihkan zat berbahaya pada makanan yang dicerna oleh sistem pencernaan.

Ekstrak lidah buaya pada Laxing kapsul juga akan membantu menjaga keseimbangan dan kelancaran proses BAB. Selain itu, lidah buaya yang memiliki serat tinggi akan membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga, Laxing bisa dijadikan sebagai teman diet yang baik.

Komposisi tumbuhan lainnya yang bisa Anda temukan dalam satu kapsul Laxing yaitu foeniculi vulgaris semen atau biasa disebut dengan ekstrak adas. Secara tradisional, adas memiliki manfaat untuk mengobati sesak napas, susah tidur, sakit kuning, rematik, menambah ASI, keracunan, hingga konstipasi.

Meskipun ekstrak adas dapat mengobati konstipasi atau sembelit, namun Anda tidak bisa mengonsumsinya jika memiliki alergi atau riwayat epilepsi. Karena itu juga, Laxing tidak bisa diminum oleh pasien dengan diagnosis tersebut. Dengan adanya tiga komposisi tersebut, Laxing tidak hanya ampuh memperlancar BAB, tetapi juga bermanfaat untuk mengatasi diare, mengatasi nyeri akibat konstipasi, melunakkan tinja, dan membantu program diet.

Obat Laxing (sumber: Tokopedia)

Laxing Tea

Laxing Tea juga salah satu produk besutan Soho Global yang diklaim terbuat dari bahan alami pilihan yang berkhasiat membantu melancarkan proses buang air besar (BAB) secara alami tanpa menyebabkan rasa mulas atau mencret, serta bermanfaat untuk melunakkan tinja. Selain itu, produk teh satu ini disebut-sebut dapat membantu melangsingkan badan apabila dikonsumsi secara teratur.

Dalam setiap teh celup (2 gram) Laxing Tea mengandung komposisi Cassiae sennae folium 1.600 mg, lidah buaya 200 mg, dan daun teh 300 mg. Cassiae sennae folium merupakan salah satu bahan utama untuk mengatasi sembelit/konstipasi, memperlancar BAB, mengatasi sekaligus mencegah ambeien, menyehatkan lambung, dan sebagai pencuci atau pembersih sistem pencernaan. Selain itu, ekstrak senna juga bermanfaat sebagai pelangsing alami yang aman bagi tubuh, sebagai inflammatory, dan detoksifikasi.

Ekstrak lidah buaya yang dipakai untuk membuat teh Laxing juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk mengatasi kelainan pada sistem pencernaan, seperti konstipasi akibat makan sembarangan. Lidah buaya sendiri berperan menetralkan sekaligus membersihkan zat berbahaya pada makanan yang dicerna oleh sistem pencernaan.

Ekstrak lidah buaya pada Laxing tea juga akan membantu menjaga keseimbangan dan kelancaran metabolisme tubuh. Selain itu, lidah buaya yang memiliki serat tinggi akan membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga, Laxing tea bisa dijadikan sebagai teman diet yang baik.

Dosis Laxing

Laxing Kapsul

Untuk mendapatkan semua manfaat Laxing kapsul seperti di atas, tentunya Anda harus mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan aturannya. Laxing kapsul bisa diminum dengan dosis 1 hingga 2 kapsul sehari sebelum tidur, sehingga BAB akan lancar di pagi hari sesaat setelah Anda bangun.

Laxing Tea

Cara pemakaian atau konsumsi Laxing Tea pun hampir sama seperti meminum teh pada umumnya. Anda disarankan untuk menyeduh 1 kantong Laxing Tea ke dalam cangkir yang berisi air mendidih, kemudian minum setiap hari sebanyak 1-2 kali.

Perlu diingat, Laxing tidak disarankan diberikan pada ibu atau menyusui karena campuran kandungan herbal pada Laxing termasuk obat yang dapat memengaruhi kualitas ASI dan ditakutkan dapat menyebabkan kontraksi pada wanita hamil.

Apabila berdasarkan klaimnya, produk Laxing Tea disebut dapat membantu menurunkan berat badan.Namun tentu saja, efek yang dirasakan tiap orang setelah mengonsumsi suatu produk bisa saja berbeda-beda.

Ilustrasi: konsumsi Laxing Tea (youtube: tandem asia)

Harga Laxing Kapsul dan Laxing Tea

Kemasan Laxing Harga
Laxing 1 strip 4 kapsul Rp4.230
Laxing 1 blister isi 10 kapsul Rp9.705
Laxing 1 box 100 kapsul Rp67.888
Laxing Tea Apel 1 box isi 15 pcs Rp179.841
Laxing Tea Blackcurrant 1 box isi 15 pcs Rp179.841
Laxing Tea Jasmine 1 box isi 15 pcs Rp179.841
Laxing Tea Lemon 1 box isi 15 pcs Rp179.841
Laxing Tea Original 1 box isi 15 pcs Rp179.841
Laxing Tea Strawberry 1 box isi 15 pcs Rp179.841
Laxing Tea Vanilla 1 box isi 15 pcs Rp179.841

Harga Laxing di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga Laxing tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Laxing tahun 2021 dan 2022 mengalami sedikit perubahan. Sebagai contoh, Laxing 1 strip 4 kapsul yang dibanderol Rp3.898 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp3.938 tahun 2021, sedikit naik lagi menjadi Rp4.230 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Jannah, Isnaini Nur, dkk. 2017. Efektivitas Pemberian Dekokta Trengguli (Cassia fistula L.) terhadap Penurunan Constipation Scoring System untuk Penanganan Konstipasi pada Wanita Usia 18-25 Tahun. Journal of Vocational Health Studies, Vol. 1(2): 58-62.

Pos terkait