Indikasi, Kandungan, Cara Pakai dan Harga Ringer Laktat

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia medis, pasti sudah tidak asing dengan RL atau ringer laktat. Ini adalah infus yang berwarna bening dan biasa dipakai untuk merawat pasien sebagai sumber elektrolit dan air. Selain bisa didapatkan di atau apotek, RL juga dijual di toko kesehatan dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: Cairan Infus (sumber: bangordailynews)

Ilustrasi: Cairan Infus (sumber: bangordailynews)

Indikasi dan Kandungan Ringer Laktat

Ringer laktat kerap dipakai untuk merawat pasien dewasa atau anak-anak yang mengalami dehidrasi dan gangguan elektrolit pada tubuh. RL diberikan pada pasien sebagai cairan pengganti NaCl 0,9%. Selain bisa diberikan pada anak-anak dan dewasa, cairan infus tersebut bisa diinjeksikan pada anak balita usia 1 hingga 5 tahun.

Meski begitu, ringer laktat tidak bisa diberikan secara sembarangan dan harus melalui infus (IV) sesuai resep dokter. Untuk anak-anak, pemberian ringer laktat harus disesuaikan dengan usianya. Pada anak usia lebih dari 1 tahun, cairan infus tersebut dapat diberikan sebanyak 70 ml/kgBB selama 2,5 jam.[1]

Sebagai zat cair pengganti elektrolit dan rehidrasi tubuh, RL memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh orang dehidrasi atau mengalami gangguan elektrolit. Dilansir dari hellosehat, setiap 100 ml RL mengandung kalsium klorida 0,02 gr, kalium klorida 0,03 gr, Sodium klorida 0,6 gr, sodium laktat 0,31 gr, dan air.

Baca juga  Update Daftar Harga Penghapus Faber Castell 1 Pack (Segala Tipe)

Karena memiliki komposisi yang cenderung cair, RL dapat diserap tubuh dengan cepat. Selain itu, bagi beberapa pasien, RL juga bisa dijadikan sebagai sumber kalori dan sebagai pengganti makanan padat yang dikonsumsi secara oral. Perlu Anda ketahui, penggunaan ringer laktat pada pasien sama seperti ketika Anda memakaikan infus biasa.

Untuk memasang RL pada pasien, Anda harus melepas plastik pelindung dari set port di bagian bawah wadah. Pasang set sesuai dengan petunjuk lengkap yang ada pada set. Jika pasien memerlukan tambahan sebelum pemberian larutan, maka Anda juga perlu menyiapkan tempat lengkap dengan spuit. Setelah itu, seka tempat yang terpapar sebelum menyuntikkannya.

Ringer Laktat (sumber: aau.edu)

Ringer Laktat (sumber: aau.edu)

Sebaiknya Anda memakai syringe dengan jarum berukuran 18 hingga 22. Tusukkan port obat dan diafragma dalam dan suntikkan secara perlahan. Agar larutan cepat tercampur dengan obat, remas dan tekan port dalam posisi tegak. Campurkan larutan obat secara menyeluruh dengan sedikit menggoyangkan cairan tanpa mengubah posisinya. Setelah itu, lanjutkan dengan pemberian obat pada pasien.

Baca juga  Manfaat dan Harga Cuka Apel untuk Jerawat

Perlu Anda ketahui, meskipun sifatnya cairan dan cara pemakaiannya mudah, namun Anda tidak boleh memberikan RL pada pasien secara sembarangan. Ini juga alasan mengapa untuk membeli RL, harus disertai dengan resep dokter. Pemberian cairan infus yang kurang tepat atau salah pada pasien dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Efek Samping Ringer Laktat

  • Nyeri dada
  • Detak jantung abnormal
  • Penurunan tekanan darah
  • Sulit napas
  • Batuk dan bersin-bersin
  • Ruam
  • Gatal-gatal dan sakit kepala
  • Infeksi di daerah injeksi
  • Trombosis vena atau flebitis di daerah injeksi
  • Ekstravasasi dan hipervolemia
Ilustrasi: Penggunaan Infus (sumber: trainingspaces)

Ilustrasi: Penggunaan Infus (sumber: trainingspaces)

Aturan Pakai Ringer Laktat

Diskusikan kondisi kesehatan Anda kepada dokter sebelum pemasangan infus. Beritahu dokter atau perawat yang merawat Anda mengenai penggunaan obat tertentu yang sedang Anda konsumsi dengan resep dokter maupun tanpa resep, seperti obat ceftriaxone, mannitol, methylprednisolone, propanolol, dan lainnya. Ini karena beberapa jenis atau merk obat mungkin bisa memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Emas Putih Hari Ini

Selain itu, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap zat tertentu atau bahan lainnya yang terkandung dalam ringer laktat. Agar Anda mengetahui jenis alergen tersebut, Anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Harga Ringer Laktat

Jika Anda memang membutuhkan cairan infus tersebut, pastikan Anda sudah mengantongi resep dokter sebelum membelinya. RL dikemas dalam botol plastik berwarna putih bening dilengkapi dengan pengait di bagian atasnya serta segel pengaman di bagian tutup botol. Untuk RL 500 ml, harganya sekitar Rp25.000 hingga Rp35.000. Harga larutan tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. RL dapat Anda beli di sejumlah apotek atau toko alat kesehatan terdekat.

[1] Febriansiswanti, Ni Made Dani. 2015. Efektivitas Infus Ringer Laktat dan Infus Ringer Laktat dengan Zink berdasarkan Lama Rawat Inap pada Pengelolaan Diare Anak Usia 1-5 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 4(2): 1-13.

loading...
author

Leave a reply "Indikasi, Kandungan, Cara Pakai dan Harga Ringer Laktat"