Jenis Tanaman Monstera Termahal dan Harganya

Bagi penyuka tanaman hias, pasti sudah familiar dengan monstera. Ini adalah tanaman yang tersohor dengan lubang-lubang pada daunnya yang terbentuk secara alami, dan akhirnya sering juga disebut janda bolong. Monstera hadir dalam beragam jenis dan beberapa di antaranya diklaim sebagai yang termahal dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

Monstera epipremnoides, salah satu tanaman monstera termahal (sumber: tokopedia)
Monstera epipremnoides, salah satu tanaman monstera termahal (sumber: tokopedia)

Tanaman hias adalah tanaman yang memiliki dua fungsi, selain berguna sebagai hiasan, juga bermanfaat untuk menyegarkan atau menyejukkan lingkungan maupun suatu ruangan tertentu.[1] Namun, fungsinya akan terwujud jika dalam pertumbuhannya ada campur tangan manusia, membuatnya kelihatan teratur dan rapi tanpa ada cabang yang menjalar kesana-kemari, berbunga warna-warni, serta tumbuh dengan sehat.

Bacaan Lainnya

Ciri Monstera

Ada banyak jenis tanaman hias yang telah dibudidayakan masyarakat Indonesia dan salah satu yang cukup populer adalah monstera. Secara ilmiah, monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak varian dan berasal dari hutan tropis, seperti Meksiko dan beberapa negara lain di Amerika Selatan.[2] Karena berasal dari daratan tropis, tidak heran tanaman tersebut mampu hidup dan tumbuh dengan baik di Tanah Air.

Ciri khas tanaman monstera adalah bentuk daunnya yang berlubang secara alami, yang tidak sama dengan yang berlubang karena hama atau sengaja dilubangi. Secara alami, di bagian tengah daun, terdapat pola yang berlubang dengan pinggir lubang yang agak tebal, sehingga daun tidak mudah sobek meskipun memiliki lubang besar di tengahnya. Lubang-lubang besar yang ada di daunnya membuat tanaman tersebut terlihat seperti monster yang berwarna hijau, dan inilah alasan mengapa tumbuhan disebut dengan monstera.

Baca juga  Info Update Harga Bibit Tomat Servo F1

Soal warna, monstera umumnya berwarna hijau muda atau hijau pekat, terkecuali jenis variegata yang memiliki daun berwarna putih dan kuning. Perpaduan warna dan bentuk daunnya yang menjari dan berlubang itulah yang menjadikan daun tanaman monstera semakin memukau sehingga diburu banyak orang.

Keunikan tanaman monstera tidak hanya terletak pada daunnya, tetapi juga struktur tumbuhannya. Tanaman monstera memiliki rumpun dengan batang yang tebal dan berwarna hijau tua hingga hijau kecokelatan. Meskipun batangnya tidak berkayu, tanaman ini tidak mudah roboh atau rusak terkena angin, karena mampu menyangga daun monstera yang menggantung.

Pada bagian pangkal atau ujung tanaman, juga dilengkapi dengan kelopak batang atau selaput yang membuat batang tidak mudah patah atau rusak. Selain itu, tanaman tersebut memiliki akar yang kuat dan tumbuh hingga ke dalam tanah. Semakin tua tanaman monstera, maka akar dan batangnya akan semakin kokoh untuk menopang banyak daun.

Tidak cuma sedap dipandang, monstera juga memiliki sejumlah keistimewaan lainnya. Tanaman monstera dianggap dapat memperbaiki kualitas udara, termasuk ketika ditanam di dalam ruangan, tahan serangan hama dan penyakit, dan juga diyakini menjadi simbol kemakmuran dan kesehatan menurut kepercayaan orang Tiongkok.[3]

Baca juga  Update Harga Bibit Lele Dumbo per Ekor

Dengan segala keistimewaannya tersebut, plus bentuknya yang unik, harga tanaman monstera memang tidak bisa dikatakan murah. Bahkan, ada beberapa jenis monstera yang ditawarkan dengan harga cukup mahal. Lalu, apa saja jenis monstera dengan harga termahal dan berapa harganya di pasaran saat ini?

Jenis Monstera Termahal

Monstera variegata, salah satu tanaman monstera termahal (sumber: pikiran rakyat)
Monstera variegata, salah satu tanaman monstera termahal (sumber: pikiran rakyat)
  • Monstera variegata. Pada tahun 2021 lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar seseorang yang membeli monstera variegata dengan harga mencapai lebih dari Rp200 juta. Dilansir dari berbagai sumber, tanaman tersebut punya harga tinggi lantaran pembudidayaannya yang tidak semudah tanaman lainnya sehingga ketersediaannya cukup terbatas.
  • Monstera obliqua. Jenis monstera lainnya yang juga punya harga mahal adalah monstera obliqua. Tanaman ini dilepas dengan harga tinggi antara lain karena sulit tumbuh dan sangat langka.
  • Monstera adansonii. Varian lainnya yang juga memiliki harga mahal adalah Monstera adansonii, dengan ciri khas berlubang di bagian tengahnya saja, dihiasi warna hijau tua yang bergradasi dengan hijau muda.
  • Monstera borsigiana, juga menjadi varian dengan harga relatif mahal. Jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis lainnya serta punya yang tumbuh menjuntai. Selain itu, lubang pada daunnya memiliki jarak yang membentuk pola khusus dan menawan.
  • Monstera epipremnoides, memiliki bentuk mirip monstera adansonii, tetapi ukuran daunnya lebih besar. Di pasaran, harganya bisa mencapai angka jutaan rupiah.
Baca juga  Update Harga Jeruk Nipis per Kg

Apabila Anda kebetulan memiliki cukup anggaran untuk merawat tanaman hias, tidak ada salahnya membeli sejumlah jenis monstera dengan harga yang mahal seperti di atas. Jika Anda pandai merawat, tanaman tersebut dapat dijadikan investasi dan harganya mungkin bisa naik berkali-kali lipat. Berikut kami sajikan referensi harga monstera yang dikatakan paling mahal.

Harga Monstera Termahal

Jenis Monstera Harga
Monstera adansonii Rp750.000
Monstera epipremnoides Rp2.400.000
Monstera borsigiana Rp4.950.000
Monstera variegata Rp5.440.000 – Rp7.750.000
Monstera obliqua Rp50.000.000

Informasi harga tanaman monstera di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko tanaman hias dan sejumlah situs jual beli online. Harga tersebut merupakan harga untuk tanaman yang sudah bertunas atau dewasa. Perlu Anda catat bahwa harga tanaman monstera yang berlaku di masing-masing tempat bisa saja berbeda dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Ambarwati, Siti. 2007. Budi Daya Tanaman Hias. Jakarta: Azka Mulia Media, hlm. 1.

[2] Husna, Sabilla Nur. 2017. Transformasi Bentuk Monstera sebagai Motif Batik dalam Busana Kasual (Skripsi). Seni Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[3] Tim AgroMate. 2020. Merawat Monstera: Pesona Memukau Si Bolong. Jakarta: AgroMedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *