Update Jenis & Harga Susu Indomilk Kemasan 1 Dus

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah sering mendengar merek Susu Indomilk. Produk dengan harga terjangkau tersebut merupakan produksi dari Indolakto. Pada awal tahun 1994, PT Indolakto menjadi perusahaan susu pertama di Indonesia yang memperoleh rekomendasi untuk mencantumkan label halal pada semua produknya, setelah memenuhi persyaratan ketat yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan, Departemen Agama, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ilustrasi: menuangkan susu ke dalam gelas (sumber: lifehack.com)
Ilustrasi: menuangkan susu ke dalam gelas (sumber: lifehack.com)

Persyaratan yang harus dicukupi oleh Indolakto, antara lain bahan baku, formula, pengolahan, peralatan, kebersihan sarana kerja, kontrol mutu, kemasan, dan juga limbah. Di samping itu, perusahaan juga menetapkan panduan Sistem Jaminan Halal dalam rangka menjamin kehalalan produk.

Bacaan Lainnya

Sistem Jaminan Halal merupakan sistem terpadu sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan mutu perusahaan yaitu ISO 9001:2008, ISO 22000:2005, GMP, Internal Halal Audit yang berlaku di perusahaan sehingga dapat memberikan jaminan halal kepada konsumen atau pengguna produk. Panduan Sistem Jaminan Halal ditetapkan untuk dipahami oleh seluruh jajaran dan karyawan. Pada tahun 2008 dan 2009 perusahaan mendapatkan Status Sistem Jaminan Halal (SJH) dari LPPOM-MUI dengan kategori A (Baik).

Perusahaan sangat peduli terhadap mutu produk yang dihasilkan dan karena itu menerapkan sistem mutu dan keamanan pangan serta sistem jaminan halal dalam rangka menghasilkan produk yang bermutu, aman, dan halal untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, PT. INDOLAKTO telah mendapatkan sertifikat ISO sejak tahun 2000 hingga sekarang. Pada November 2008 perusahaan mendapatkan sertifikat ISO 22000:2005 untuk sistem keamanan pangan meliputi proses penerimaan raw material, proses produksi, pengendalian mutu dan penyimpanan barang jadi. Pada Oktober 2009 perusahaan mendapatkan ISO 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu yang diterapkan untuk seluruh pabriknya.

Baca juga  Info Terbaru Jenis dan Harga Susu Penambah Berat Badan untuk Perempuan

Varian Susu Indomilk

Sama seperti produk susu lainnya, Indomilk meluncurkan berbagai varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Berbagai varian tersedia yang cocok untuk digunakan campuran atau kue, maupun yang dapat langsung diminum dengan kemasan praktis. Harganya pun pasti bervariasi tergantung pilihan produk.

Susu Segar

Susu segar Indomilk menggunakan bahan dasar 100% susu sapi segar yang diseleksi dengan ketat, diproses dalam suhu 120 derajat celsius selama 15 detik, dan berkat teknologi kemasan yang mutakhir serta kedap cahaya membuat produk susu segar INDOMILK dapat bertahan dan kualitas susu segar Indomilk terjaga sampai di tangan konsumen.Susu segar Indomilk atau yang dikenal dengan Susu Pasteurisasi Indomilk kaya dengan vitamin A, B1, B6, D3 dan E. Untuk susu segar rasa coklat di samping menggunakan bubuk coklat asli juga rendah gula (low sugar). 

Susu Indomilk Full Cream (sumber: olx.co.id)
Susu Indomilk Full Cream (sumber: olx.co.id)

Susu Kotak UHT (Ultra High Temperature)

Susu Indomilk UHT, susu dalam kemasan kotak siap minum diolah dengan proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time, dipanaskan pada suhu 140-145 derajat celsius selama 4 detik yang akan membunuh jahat). Proses ini membuat susu bisa disimpan hingga 9 bulan. Susu Indomilk UHT dibuat dengan SUSU SEGAR dan mengandung nutrisi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap anggota keluarga.

Susu Indomilk UHT dianggap cocok dinikmati kapan saja, di mana saja sesuai dengan aktivitas sehari-hari dan dapat dikonsumsi dalam suhu ruang maupun disajikan dingin. Indomilk UHT hadir dalam berbagai ukuran dan rasa yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Varian Susu Indomilk - www.inkaparamita.com
Varian Susu Indomilk – www.inkaparamita.com

Susu Kental Manis

Kental Manis Indomilk hadir dengan 2 pilihan rasa yaitu plain (putih) & coklat yang kaya akan vitamin & mineral. Produk tersebut diklaim memiliki manfaat yaitu mengandung tinggi Vit A, B1, fosfor, D3, kalsium, Vit B2, B3, B5, B6, B12, C, E,K1, yodium, zinc & zat besi.

Baca juga  Update Harga Vipalbumin Kemasan Sachet (Box)

Penggunaan produk yang disarankan yaitu dengan cara melarutkan 1 bagian Indomilk kental manis dengan 2-3 bagian air matang panas atau dingin. Dapat juga dijadikan sebagai susu, atau sebagai campuran untuk kopi, teh/teh tarik, es campur, minuman soda (soda gembira). Atau, bisa juga digunakan untuk toping roti bakar, martabak, pisang bakar, dan lainnya. Tetapi, susu ini tidak cocok untuk dikonsumsi oleh bayi. 

Masa kedaluwarsa susu kental manis adalah selama 9 bulan untuk rasa plain (putih) dan 12 bulan untuk rasa dari tanggal produksi selama kemasan tidak rusak. Sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. 

Susu kental manis Indomilk (sumber: detik.com)
Susu kental manis Indomilk (sumber: detik.com)

Susu Botol Cair

Tersedia beberapa pilihan rasa yaitu coklat, strawberry, melon, dan vanila. Dikemas dalam ukuran 190 ml, masa kadaluarsa masing-masing rasa berbeda. Untuk rasa dan strawberry adalah 9 bulan, sedangkan melon dan vanila selama 7 bulan. 

Susu Indomilk botol cair (sumber: Pinterest)
Susu Indomilk botol cair (sumber: Pinterest)

Susu Bubuk

Selain tersedia dalam kemasan kotak, juga tersedia dalam kemasan Sachet ukuran 37 gram (rasa cokelat). Saran penyajiannya yaitu:

  • Full Cream/instant yaitu 3 sendok makan (30 g) ke dalam 180 ml air masak hangat.
  • Choco yaitu 4 sendok makan (40 g) ke dalam 180 ml air masak hangat.
  • Choco sachet yaitu 1 sachet ke dalam 165 ml air masak hangat.

Susu bubuk tersebut disarankan untuk diminum sebanyak 2 gelas susu setiap hari. Tetapi, dianggap tidak cocok untuk bayi di bawah usia 1 tahun. Susu tersebut mengandung omega 3 yang dipercaya membantu pemenuhan kebutuhan gizi seluruh anggota keluarga.

Susu bubuk Indomilk (sumber: olx.co.id)
Susu bubuk Indomilk (sumber: olx.co.id)

Produk Susu Indomilk termasuk susu yang mudah dicari dan dibeli di beberapa tempat, misalnya di toko grosiran, Indomaret, Alfamart, Giant, Superindo, dan lainnya. Bagi Anda yang sedang membutuhkan Susu Indomilk dalam jumlah banyak, bisa membeli dalam kemasan dus. Untuk harganya bervariasi, tergantung dari jenis produk dan jumlahnya. Berikut rincian informasi harga susu Indomilk 1 dus di pasaran pada 2020 dan 2021.

Baca juga  Update Syarat dan Cara Mendapatkan Mesin EDC Gratis (BCA, Mandiri, BNI)

Daftar Harga Susu Indomilk Kemasan 1 Dus

Nama Produk Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Susu Indomilk kental manis ukuran 375gr isi 6 pcs 58.500  61.550
Susu Indomilk botol ukuran 190ml isi 24 pcs 79.000 86.000
Susu Indomilk ukuran 115 ml isi 40pcs 93.000 90.600 – 92.000
Susu Indomilk kental manis 20 pak isi 120 pcs per karton 150.000 132.400
Susu Indomilk UHT ukuran 190 ml isi 30 kotak 155.000 119.000
Susu Indomilk UHT ukuran 1000ml isi 12 pcs 206.400 174.000 – 180.000
Susu Indomilk kental manis ukuran 375 gram isi 48 pcs 744.000  443.450 – 574.999

Jika dibandingkan tahun 2019, terjadi perubahan harga pada sejumlah produk susu Indomilk kemasan 1 dus. Misalnya, susu Indomilk kental manis ukuran 375gr isi 6 pcs yang semula dijual seharga Rp53 ribu pada 2020 naik menjadi Rp58.500. Sama halnya dengan susu Indomilk botol ukuran 190ml isi 24 pcs yang ikut naik dari Rp72 ribu menjadi Rp79 ribu. Berbeda dengan varian UHT ukuran 1000 ml isi 12 pcs yang turun harga dari Rp300 ribu, kemudian dijual Rp206.400. Harga Indomilk UHT per botol sekitar Rp17.200. Tak jauh berbeda, pada 2021 harga susu Indomilk per kardus juga mengalami perubahan dari tahun 2020 lalu.

Harga di atas mungkin saja berbeda di tempat di mana Anda membeli Susu Indomilk. Sebelum membelinya, pastikan Anda mengecek tanggal kedaluwarsa, supaya produk bisa diminum dengan aman oleh anggota keluarga, atau konsumen lain (jika Anda menjualnya kembali).

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.