Cara Perawatan dan Harga Tanaman Miana Terbaru

Tanaman miana belakangan naik daun karena punya corak warna yang cantik. Miana atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan “Mayana”, lebih banyak ditanam sebagai tanaman hias karena warna dedaunannya dan bentuk yang beragam corak menarik. Jenis dan harga tanaman miana di pasaran pun beragam, berkisar belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Tanaman Hiasa Miana (credit: haibunda)
Ilustrasi: Tanaman Hiasa Miana (credit: haibunda)

Di Indonesia, tanaman miana dikenal dengan beberapa nama daerah, yaitu Majana (Madura), tanaman iler (Jawa), adang-adang (Palembang), gresing (Batak), jawer kotok (Sunda), dan ati-ati (Bugis).[1] Dedaunan miana berwarna merah, kuning, ungu, atau perpaduan dari warna-warna tersebut.

Bacaan Lainnya

Morfologi akar miana berupa akar tunggang, yang ditandai dengan adanya 1 batang akar yang membesar. Tanaman miana termasuk tanaman terna, di mana batangnya lunak dan mudah dipatahkan. Struktur batangnya tegak atau berbaring pada pangkalnya. Tumbuh tinggi hingga mencapai 1,5 m.

Daun miana termasuk daun tunggal, berbentuk hati, pangkal membulat atau melekuk menyerupai bentuk jantung. Tiap tepi daunnya memiliki lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan panjang tangkainya berukuran 3-4 cm dengan warna yang beraneka ragam. Tipe ujung daunnya meruncing dan tulang daunnya menyirip. Bunga miana berbentuk seperti untaian bunga bersusun, dan berwarna merah dan ungu. Aromanya khas dan rasanya agak pahit.[2]

Miana (Coleus scutellarioides (L) Benth) merupakan tumbuhan asli India dan Thailand. Distribusi tumbuhan Miana meliputi wilayah Asia-Tropis, Australasia, Burma, Asia Tenggara, Melanesia, Polynesia, China Selatan, Solomons, Amerika Selatan. Pada habitat aslinya, Miana dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, pada ketinggian 100-1.600 m di atas permukaan laut (dpl), tempat Miana berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Oleh karena itu, tumbuhan Miana sangat mudah tumbuh subur dan mudah ditemui di berbagai tempat.

Pemanfaatan Miana sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, antara lain sebagai pelengkap ritual, tanaman hias, dan bahan obat. Dari ketiga kategori tersebut, pemanfaatan Miana sebagai bahan obat merupakan kategori yang sudah banyak diketahui berdasarkan banyaknya penelitian tentang kategori pemanfaatan tersebut.[3]

Manfaat Miana

Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini di antaranya minyak atsiri, tanin, lemak, phytosterol, kalsium oksalat, dan pectic substances. Efek farmakologi yang dimiliki tanaman miana antara lain sebagai penambah nafsu makan, menetralisir racun, menghilangkan gumpalan darah, mempercepat pematangan bisul, obat cacing, dan peluruh haid.[4]

Daun miana berkhasiat untuk mengobati penyakit wasir. Cara pengolahannya cukup mudah, siapkan 20 lembar daun miana dan satu ruas kunyit. Bersihkan keduanya sampai lalu direbus menggunakan 5 gelas air. Setelah mendidih kemudian didinginkan. Dalam sehari cukup minum satu gelas ramuan daun miana ini.[5]

Ilustrasi: Berbagai Jenis Tanaman Hias Miana (credit: Instagram/hijaudaun_plantshop)
Ilustrasi: Berbagai Jenis Tanaman Hias Miana (credit: Instagram/hijaudaun_plantshop)

Jenis Tanaman Miana

  • Miana Wizard Rose: warna hijau muda di tepi daun, marun di tengah daun, dan tulang daun warna merah.
  • Miana Exhibition Marble: warna bercak-bercak kuning, hijau muda, pink, dan hitam.
  • Miana Wizard Golden: satu warna, hijau cerah agak kekuningan.
  • Miana Chocolate Covered Cherry: pinggiran daun hijau muda, diselingi merah marun, dan merah cenderung pink di tengah daun.
  • Miana Superfine Rainbow Festive Dance: kombinasi warna oranye dan kecokelatan.
  • Miana Giant Exhibition Rustic Red: warna merah tua cenderung kehitaman dan pinggiran daun berwarna kuning.
  • Miana Under The Sea Electric Coral: bentuk daun keriting dengan pinggiran daun hijau dan bagian tengah daun merah keunguan.
  • Miana Giant Exhibition Magma: warna ungu tua dengan pinggiran daun warna hijau dan berukuran agak besar.
  • Miana Superfine Rainbow Color Pride: kombinasi warna daun hijau, pink, dan keunguan.
  • Miana Terra Nova Electric Slide: daunnya berukuran lebih kecil, memiliki perpaduan warna kuning, hijau, dan semburat merah keunguan.
  • Miana Kong Lime Sprite: pinggiran daun berwarna hijau dan tengah daun warnanya keunguan.
  • Miana Dragon: warnanya kombinasi merah keunguan dan pink.
  • Miana Wizard Velvet Red: warna daun kemerahan dan pinggiran daun kekuningan.
  • Miana Terra Nova Lovebird: bentuk daun unik dengan warna daun merah marun dan pinggirannya hijau muda.
  • Miana Kong Scarlet: bentuk daun agak sedikit melebar, dengan tepi daun warna hijau muda dan bagian tengah daun warna ungu gelap cenderung hitam.
  • Miana Wizard Jade: perpaduan warna hijau dan kekuningan.

Selain jenis-jenis tersebut, masih banyak lagi jenis miana lainnya di luar sana, seperti miana ekor naga kuning, ekor naga merah, lidah api, lidah merah, matahari, hingga miana urat merah. Masing-masing penjual biasanya memiliki penyebutan masing-masing. Berikut informasi harga tanaman miana di pasaran.

Budidaya Tanaman Miana di Rumah - (www.orami.co.id)
Budidaya Tanaman Miana di Rumah – (www.orami.co.id)

Harga Tanaman Miana

Jenis Tanaman Miana Harga
Miana Wizard Jade Rp8.000
Miana Wizard Rose Rp9.500
Miana Kong Lime Sprite Rp10.000
Miana Wizard Golden Rp15.000
Miana Giant Exhibition Magma Rp15.000
Miana Kong Scarlet Rp20.000
Miana Superfine Rainbow Festive Dance Rp20.000 – Rp50.000
Miana Chocolate Covered Cherry Rp20.000 – Rp50.000
Miana Iler Red Yellow Kriting Rp21.000
Miana Giant Exhibition Marble Rp25.000 – Rp50.000
Miana Terra Nova Electric Slide Rp30.000 – Rp85.000
Miana Under The Sea Electric Coral Rp30.000 – Rp90.000
Miana Black Dragon Rp30.000
Miana Superfine Rainbow Color Pride Rp35.000 – Rp55.000
Miana Wizard Velvet Red Rp40.000
Miana Terra Nova Lovebird Rp40.000 – Rp100.000
Miana Giant Exhibition Rustic Red Rp51.000
Miana Mini Rp71.000

Informasi harga tanaman miana di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa harga miana bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, tahun lalu miana mini dijual dengan harga Rp64 ribuan, sedangkan harga miana wizard jade mulai Rp10 ribuan.

Cara Perawatan Tanaman Miana

  • Tanaman miana dapat disiram sebanyak satu sampai dua kali sehari.
  • Miana termasuk jenis tanaman yang senang sinar matahari, untuk itu Anda dapat menjemurnya sesering mungkin.
  • Tanaman miana dapat diberi kandang atau kompos satu sekali.
  • Miana termasuk ke dalam jenis tanaman yang bersifat porositas atau mudah menyerap air, maka jenis media tanamnya harus disesuaikan, seperti sekam dan cocopeat.

Mengenai perawatan, selain dari serangan hama, Anda harus memperhatikan keindahannya. Supaya tidak tumbuh sembarangan, ada baiknya untuk memangkas daunnya bila tampak sudah terlalu rimbun.

(Panca)

[1] Surahmaida, Umarudin. 2019. Aplikasi Miana, Kemangi, dan Kumis Kucing sebagai Pestisida Nabati. Gresik: Graniti, hlm 26.

[2] Ibid. hlm. 28.

[3] Wakhidah, A. Z., dkk. 2018. Etnofarmakologi Tumbuhan Miana (Coleus scutellarioides (L.) Benth) pada Masyarakat Halmahera Barat, Maluku Utara. Jurnal Pro-Life, 5(1): 567-578.

[4] Mahendra, B., dkk. 2008. Care Yourself: Mellitus. Jakarta: Penebar Plus, hlm 96

[5] Nasrudin, J. 2020. Refleksi Keberagamaan dalam Sistem Pengobatan Tradisional Masyarakat Perdesaan. Depok: Murai Kencana, hlm 106.

Pos terkait