Jenis dan Harga Ikan Palmas, Predator Kecil yang Mirip Naga

palmas, mungkin Anda masih asing dengan yang satu ini. palmas merupakan salah satu hias yang bisa Anda pilih untuk dipelihara di akuarium. Varian ini sendiri punya tampilan yang unik, dan sering dikatakan mirip ular naga. Hadir dalam beragam jenis, palmas di pasaran berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per ekor, tergantung jenis dan ukurannya.

Anda pasti sudah familiar dengan ular naga. Ini adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan, seperti di India, China, Eropa, hingga Kalimantan. Pada umumnya naga diwujudkan sebagai seekor ular besar, tetapi ada pula yang digambarkan sebagai kadal bersayap yang memilik beberapa kepala dan dapat mengembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukkan lewat .

Harga Ikan Palmas - www.alibaba.com

Harga Ikan Palmas - www.alibaba.com

Mungkin terinspirasi dari sosok tersebut, maka banyak yang menyebut ikan palmas sebagai ikan naga. Pasalnya, ikan ini memiliki bentuk kepala yang menyerupai ular (terutama ular naga). Bahkan, beberapa jenis dari ikan palmas pun punya kulit tubuh yang mirip dengan kulit ular. Tidak mengherankan jika kemudian banyak yang beranggapan ini sebagai snake fish.

Dilansir dari berbagai sumber, ikan palmas dikatakan sebagai keturunan Polypteriforms dari Cretaceous dari zaman Dinosaurus, yang kurang lebih sudah ada sejak 60 juta tahun lalu. Ikan ini disebutkan berasal dari Benua Afrika dan memiliki bentuk yang menyerupai binatang purba. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa ikan palmas adalah salah satu jenis ikan primitif yang masih bertahan hidup hingga detik ini.

Jenis Ikan Palmas

  • Ikan palmas albino, dinamakan demikian karena jenis ini memang memiliki kulit putih khas albino. Keunikan lain dari ikan palmas albino adalah punya mata merah yang bersih. Selain itu, ikan ini juga memiliki sisik berwarna putih kekuningan dari kepala hingga ujung ekor. Dengan tampilan yang unik, harga ikan palmas albino biasanya cukup mahal.
  • Ikan palmas endlicheri, merupakan jenis ikan palmas yang memiliki warna dasar silver (perak) dengan corak hitam di bagian kepala hingga sirip ekor. Di pasaran, harga ikan palmas endicheri dipengaruhi warna sisik dan tubuhnya. Semakin besar dan panjang tubuhnya, maka akan membuat harga ikan palmas ini menjadi semakin mahal.
  • Barred birchir atau delhezi, konon berasal dari Kongo dengan ukuran bisa mencapai 35 cm. Ikan ini sendiri merupakan ikan karnivora atau predator. Untuk memelihara ikan tersebut, disarankan menggunakan akuarium berukuran 120 cm x 45 cm x 27,5 cm dengan kapasitas 200 liter.
  • Congo bichir, dikatakan merupakan jenis ikan palmas yang terbesar. Pasalnya, ia mampu tumbuh hingga mencapai panjang 1,2 meter. Ikan palmas raksasa ini punya rahang yang dapat menghancurkan dan merobek mangsanya dalam waktu yang singkat. Untuk membedakannya dengan palmas endicheri, ialah dengan melihat jumlah marking belang pada tubuhnya. 
  • Ornate bichir, merupakan salah satu bichir/ikan palmas yang paling cantik. Ornate bichir ini juga berasal dari Afrika.
  • Polli bichir atau polli palmas, adalah satu-satunya spesies palmas yang dapat ditemukan di Sungai Great Kongo , dan juga palmas paling mudah dibedakan dalam sub spesies palmas. Ikan ini memiliki ciri warna coklat zaitun dengan rona kehijauan dan pola berbintik-bintik gelap/kusam.
  • Lapradei bichir, adalah sub-spesies polypterus bichir. Penampilan ikan palmas lapradei ini sangat mirip dengan ikan palmas nile. Keduanya memiliki marking pola garis paralel, mulai dari kepala hingga ke ekor. Yang membedakannya hanya jumlah sirip/duri dorsal. Lapradei ini memiliki jumlah duri yang lebih sedikit.
  • Cross river bichir, merupakan jenis bichir yang berwarna cokelat kemerahan berasal dari aliran sungai lintas di Kamerun dan merupakan salah satu spesies bichir yang paling elegan dan berwarna unik.
  • Palmas mokele-mbembe, dinamai demikian karena konon punya bentuk mirip jenis dinosaurus yang hidup di hutan hujan Kongo. Mokele-membe adalah tambahan terbaru dari keluarga bichir, tetapi juga sebagai yang paling primitif di antara semua ikan palmas yang ada saat ini.

Harga Ikan Palmas

Jenis Ikan PalmasHarga
Palmas Albino 10 cmMulai Rp10.000 per ekor
Palmas Endlicheri 10 cmMulai Rp15.000 per ekor
Palmas Delhezi 10 cmMulai Rp35.000 per ekor
Palmas Senegalus Golden 10 cmMulai Rp55.000 sepasang
Palmas Delhezi 25 cmRp150.000 per ekor
Palmas Lapradei 25 cmRp225.000 per ekor
Palmas Endicheri 39 cmRp250.000 per ekor
Palmas Lapen 37 cmRp250.000 per ekor
Palmas Ansorgii 30 cmRp365.000 per ekor
Palmas Endicheri 45 cmRp400.000 per ekor
Palmas Teugelsi 42 cmRp600.000 per ekor

Cara Memelihara Ikan Palmas

Ikan palmas ini sebenarnya merupakan varian yang cukup mudah dipelihara. Pasalnya, mereka mampu hidup di dalam air dengan kondisi kotor, bahkan dapat bertahan hidup tanpa air dalam jangka waktu yang lama. Meski demikian, agar ikan palmas tetap sehat, tentunya ikan ini memerlukan perawatan yang tepat dan teratur.

Harga Ikan Palmas - www.wikidata.org

Harga Ikan Palmas - www.wikidata.org

Ikan ini sebaiknya ditempatkan pada akuarium dengan air yang bersuhu pada kisaran 16 sampai 27 derajat Celcius. Sementara, untuk tingkat keasaman airnya, sebaiknya berkisar pada pH air antara 6,5 hingga 7. Akuarium juga tetap membutuhkan filter dengan sirkulasi air yang baik dan harus rutin dikuras secara teratur.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan seperti melompat keluar dari akuarium, kemudian menghilang atau bahkan mati kekeringan, sebaiknya siapkan penutup yang sekiranya mampu menghalangi agar ikan ini tak mampu keluar dari akuarium. Sementara, untuk pakannya, karena ikan palmas tergolong jenis ikan hias karnivora, predator kecil ini bisa diberikan pakan berupa cacing sutera atau jenis cacing kecil lainnya.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Traktor 4 Roda Yanmar (EF494T & EF393T)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Jenis dan Harga Ikan Palmas, Predator Kecil yang Mirip Naga"