Update Jenis dan Harga Compound Mobil (All Merek)

No comment5699 views

Anda memiliki mobil dan kebetulan kendaraan Anda mengalami baret atau tergores? Jangan diburu-buru dibawa ke terlebih dahulu. Pasalnya, Anda bisa mengakali gangguan ini dengan menggunakan compound. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merek compound, yang dijual dengan harga bervariasi, berkisar belasan hingga ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Baret Pada Mobil (Sumber: nuwaycarcenter)

Ilustrasi: Baret Pada Mobil (Sumber: nuwaycarcenter)

Mobil tergores memang hal yang biasa, apalagi sekarang jalanan sangat padat sekali. Terkadang, mobil Anda bisa terkena colek sedikit oleh sepeda motor, atau terkena ranting sebuah pohon, dan yang lebih biasa lagi terkena tangan yang lagi usil. Tetapi, hal tersebut tentu akan membuat tampilan bodi Anda menjadi kurang menarik.

Nah, untuk mengatasi masalah baret atau goresan pada bodi mobil, Anda bisa menggunakan bahan bernama compound. Ini adalah bahan yang cocok untuk digunakan menghilangkan goresan yang tidak terlalu dalam pada bodi mobil. Compound sendiri mengandung zat pemoles yang bersifat abrasif dan digunakan oleh banyak orang untuk berbagai hal, misalnya mengatasi goresan kecil atau memoles setelah proses perbaikan/pengecatan ulang. Kegunaan Compound di antaranya:

  • Menghilangkan goresan atau menyamarkan goresan untuk baret yang tebal.
  • Compound digunakan oleh sebagian besar salon mobil sebagai langkah awal untuk menaikkan dan melicinkan kendaraan.
  • Menghilangkan aspal, untuk tujuan ini, Anda disarankan untuk menggunakan mesin poles agar cat tidak buram. Beberapa bengkel cat mobil menganjurkan menggunakan compound untuk menghilangkan aspal yang masih tipis dan belum terlalu lama menempel.

Selain untuk exterior, compound ternyata juga dapat digunakan untuk interior yang bukan berbahan , biasanya untuk noda membandel di area pintu mobil. Compound juga dapat menghilangkan jamur di kendaraan Anda. Untuk proses pengaplikasiannya, disarankan menggunakan mesin poles.

Jenis Compound Mobil

  • Compound merah, jenis ini umum dipakai setelah cat mobil. Daya kikis merah ini yang paling kuat di antara beragam tipe yang lain. Bagi pengguna awam, disarankan untuk tidak mengaplikasi ini. Bahkan, tukang cat mobil banyak yang tidak mengaplikasikan merah karena dampaknya yang keras tadi. merah sendiri juga dapat digunakan untuk menghilangkan baret-baret di kaca, namun mesti dengan memakai mesin poles.
  • Compound putih, seperti compound merah, kompon jenis ini juga punya daya kikis yang kuat, meski tidak sekuat kepunyaan compound merah. Menurut mereka yang memiliki banyak pengalaman, disarankan untuk menggunakan kompon halus terlebih dulu daripada kompon putih untuk menyingkirkan goresan. Bila pemakaian kompon halus tak efisien, Anda bisa memakai kompon putih.
  • Compound halus, ini adalah jenis kompon yang paling lemah dalam mengikis cat. Benar-benar direferensikan untuk Anda yang bodi mobilnya terserempet dengan jejak goresan tidak tebal, serta dianjurkan untuk membersihkan swirl (baret halus yang umum tampak di bawah cahaya matahari). 
  • Compound cair, ini merupakan jenis compound yang biasanya hanya dipakai oleh beberapa salon mobil yang memiliki pengalaman dalam meracik chemical sendiri. Compound ini sangat aman digunakan karena sudah tidak murni berbahan compound sehingga memiliki daya kikis yang sangat rendah.
Ilustrasi: mengoleskan compound mobil (sumber: showroommobil.co.id)

Ilustrasi: mengoleskan compound mobil (sumber: showroommobil.co.id)

Compound ini tidak dijual di toko tetapi digunakan secara pribadi oleh salon mobil, misalnya compound cair. Beberapa produk lain ternyata terbilang sulit ditemukan di toko-toko, seperti produk compound halus.

Cara Menggunakan Compound Mobil

  • Pertama kali yang harus Anda lakukan sebelum menghilangkan goresan dengan kompon adalah membersihkan bodi mobil. Mencuci bisa menjadi satu solusi tepat, dan Anda tidak perlu membersihkan semua bodi, hanya di area goresan saja. Nantinya, jika dibersihkan, hasil akhir lebih optimal.
  • Setelah dibersihkan, segera keringkan area bodi mobil yang terkena goresan. Keringkan dengan kain berbahan chamois yang bisa menyerap butiran secara optimal sehingga bodi mobil benar-benar kering dan bersih.
  • Setelah itu, berikan kompon pada bodi mobil yang tergores, ratakan dengan hari. Kemudian, gosok perlahan-lahan dengan sedikit tekanan menggunakan kain atau lap halus yang kering.
  • Ulangi kembali proses pemolesan dengan kompon untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
  • Jika goresan pada bodi mobil sudah tidak terlihat, berarti usaha Anda telah berhasil. Anda pun bisa memoles kembali bodi mobil menggunakan obat pengilap sebagai tindakan finishing.
Cara Menggunakan Compound Mobil (sumber: technofaq)

Cara Menggunakan Compound Mobil (sumber: technofaq)

Jika Anda membutuhkan compound mobil, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Anda bisa membelinya di berbagai bengkel aksesoris mobil, bahkan situs jual online. Harga compound mobil bervariasi, tergantung dan kemasan, namun biasanya cukup terjangkau. Berikut kisaran harga compound mobil di pasaran.

Harga Compound Mobil

Merek Compound MobilHarga
KIT Rubbing Compound 60 grRp13.000
Alf Rubbing CompoundRp18.500
Catco CompoundRp25.000
KIT Grand Prix Premium Compound 275 mlRp46.000
KIT Grand Prix Premium Compound 500 mlRp58.770
Ivory Rubbing Compound 1 kgRp60.000
Waxco Compound 200 mlRp69.000
TurtleWax T-230A 298 grRp77.000
Getf1 Polish Compound 200 mlRp85.000
Valo Heavy Cutting Compound 250 mlRp116.000
TurtleWax T-241ARp120.000
Diamond CompoundRp124.900
TurtleWax Compound 532 mlRp145.000
Waxco Nano Super Compound 500 mlRp148.500
Soft99 9800 Liquid 300 mlRp168.500
Soft99 3000 LiquidRp235.400
Soft99 Glass Compound Z 100 mlRp242.000
Meguiar’s Polishing Compound 473 mlRp245.388
IPO Perfect Polish 1 LRp291.000
3M Perfect-It Compound 1,1 LRp300.000
American Magic PolisherRp308.000
3M Perfect-It EX Rubbing Compound 946 mlRp416.000
3M Compound 946 mlRp442.000

Jika dibandingkan tahun lalu, terjadi perubahan harga pada sejumlah produk compound mobil. Misalnya, KIT Rubbing Compound kemasan 60 gr yang awalnya ditawarkan seharga Rp10.945, kini menjadi Rp13.000. KIT Grand Prix Premium Compound kemasan 275 ml juga terjadi kenaikan harga dari Rp36.810 menjadi Rp46 ribuan. 

Daftar harga compound mobil di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel dan situs online. Harga compound mobil tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke bengkel terdekat di kota Anda.

[Update: Ditta]

Baca juga  Harga Deodorant Nivea (Semua Varian)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Jenis dan Harga Compound Mobil (All Merek)"