Ketentuan Pengunjung dan Update Harga Tiket Planetarium Jakarta

Di Jakarta, ada sebuah tempat yang digagas oleh Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia bernama Planetarium. Gagasan Bung Karno, sapaan akrabnya, adalah sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan sekaligus tempat wisata edukasi di pusat Jakarta. Di sana kerap diselenggarakan pertunjukan sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan harga tiket relatif terjangkau.

Planetarium Jakarta (sumber: kompas)
Planetarium Jakarta (sumber: kompas)

Mengulas awal mula Planetarium Jakarta, sebenarnya tempat ini memiliki sejarah panjang. Berdasarkan amanat dari Bung Karno, Gedung Planetarium dan Observatorium Jakarta yang beralamat di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat akhirnya dibangun. Lalu di mana letak Planetarium Jakarta? Lokasinya ada di Taman Raden Saleh yang semula adalah Kebun Binatang Cikini.

Bacaan Lainnya

Planetarium merupakan wahana simulasi langit di Indonesia, menyediakan ruang pameran foto dan penjelasan tentang alam semesta. Planetarium juga dilengkapi dengan ruang pertunjukan yang diberi nama Teater Bintang. Setiap pengunjung tidak dikenakan ketika memasuki ruang pameran. Namun, saat masuk ke ruang pertunjukan Teater Bintang, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk.

Planetarium membuka dua kategori untuk jadwal pertunjukan mereka. Dilansir dari situs resminya, bagi rombongan, pertunjukan dimulai hari Selasa-Jumat mulai pukul 09.30 sampai 13.30 WIB. Rombongan tidak bisa menikmati pertunjukan pada Hari Senin, Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional atau cuti bersama yang jatuh pada hari Selasa-Jumat. Namun, jadwal pertunjukan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Update Biaya Konservasi Gigi (Tambal, Bleaching, Veneer, PSA, dll)

Ketentuan Pengunjung Rombongan Siswa dan Mahasiswa Planetarium Jakarta

  • Jumlah pengunjung rombongan minimal 100 siswa/mahasiswa dan kelebihan dari jumlah tersebut dihitung sesuai harga tiket masuk yang berlaku untuk rombongan.
  • Apabila jumlah pengunjung kurang dari 100 siswa/mahasiswa, maka tetap diterima dengan perhitungan untuk 100 siswa/mahasiswa.
  • Bila dalam rombongan siswa terdapat pendamping dewasa, maka berlaku tiket dewasa.

Ketentuan Pengunjung Rombongan Non-Pelajar Planetarium Jakarta

  • Jumlah pengunjung rombongan minimal 100 orang non-pelajar dan kelebihan dari jumlah tersebut dihitung sesuai harga tiket masuk yang berlaku untuk rombongan.
  • Apabila jumlah pengunjung kurang dari 100 orang, maka tetap diterima dengan perhitungan untuk 100 orang.
  • Bila dalam rombongan terdapat anak-anak/siswa, berlaku tiket anak-anak/siswa.

Sayangnya, dilansir dari akun instagram @planetariumjkt, saat ini kunjungan umum untuk Planetarium masih ditutup. Wisata tersebut akan dibuka kembali setelah proses revitalisasi TIM selesai. Dikutip dari iNews.id, Planetarium merupakan bangunan yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) yang saat ini sedang direvitalisasi, tetapi tidak ikut direvitalisasi karena termasuk dalam kategori cagar budaya. Meski begitu, masyarakat berkesempatan belajar astronomi lewat channel YouTube Planetarium Observatorium Jakarta. 

Harga Tiket Planetarium (Rombongan)

Kategori Pengunjung Harga
Siswa/Mahasiswa Rp5.000 orang
Non-Pelajar dan Umum Rp10.000 orang

Informasi harga tiket Planetarium untuk rombongan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Hingga saat ini, harga tiket Planetarium untuk rombongan siswa/mahasiswa relatif stabil di angka Rp5 ribu orang. Sementara itu, harga tiket Planetarium untuk rombongan non-pelajar dan umum sedikit turun dari Rp12 ribu menjadi Rp10 ribu per orang. 

Pertunjukan di Planetarium Jakarta (sumber: travelspromo)
Pertunjukan di Planetarium Jakarta (sumber: travelspromo)

Perlu diingat, tiket gratis tidak berlaku untuk pengunjung dalam kategori rombongan. Untuk penambahan jumlah pengunjung, bisa dilakukan selama tempat duduk masih tersedia (kapasitas pertunjukan maksimum sebanyak 380 tempat duduk). Demi mencegah keterlambatan, sebaiknya satu sebelum pertunjukan dimulai, pengunjung harus sudah datang (pendaftaran ulang dan pengambilan karcis).

Baca juga  Update Harga Daihatsu Taruna Bekas (Semua Tipe)

Dalam hal tiket, pengunjung rombongan diharapkan mengecek ketersediaan tempat duduk melalui email ([email protected]) atau menelepon staf pendaftaran kunjungan ke nomor (021) 2305146 pada hari dan kerja. Setelah mendapatkan tanggal kunjungan, rombongan segera membuat surat permohonan kunjungan yang dibuat oleh sekolah/instansi, dengan surat ditujukan kepada Kepala UP Pusat Kesenian Jakarta (PKJ) TIM.

Jadwal Pertunjukan Gedung Planetarium dan Observatorium Jakarta

Hari Show 1 Show 2 Show 3
Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional, dan cuti bersama 09.30 WIB 13.30 WIB
Jam pengambilan nomor antrean 07.30 WIB 07.30 WIB
Jam pembayaran tiket 08.00 WIB 11.30 WIB  

Catatan:

  • Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu
  • Pertunjukan dapat dijalankan jika terdapat minimal 50 orang pengunjung.
  • Pengunjung harap mengambil nomor antrian sebelum membeli tiket. Pengambilan nomor antrian 1 orang dapat mewakili maksimal 4 orang.
  • Pengambilan nomor antrean dibuka mulai pukul 07.30 WIB.
  • Jam buka loket untuk pembayaran tiket pertunjukan pertama dan kedua pukul 08.00 WIB.
  • Tiket tidak dapat dipesan di awal (booking). Pembelian tiket langsung di loket pertunjukan planetarium.
  • Untuk tiket perorangan, tidak dapat dipesan lebih awal (booking).
  • Pembelian tiket bisa dilakukan langsung di loket pertunjukan Planetarium. Satu orang dapat membeli maksimal 4 tiket.
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Gelas Kaca 1 Lusin

Bagi Anda yang mungkin masih bingung bagaimana cara ke Planetarium, Anda bisa menggunakan KRL Commuter Line dari arah Kota Bogor, Jakarta Kota, atau Bekasi, kemudian turun di Stasiun Cikini. Dari stasiun, Anda bisa naik metromini nomor 17 arah Pasar Senen, atau bisa juga dengan naik bajaj atau motor.

Beberapa stasiun yang tergolong dekat dengan Planetarium Jakarta antara lain stasiun yang beralamat di Jalan Cikini Raya 2b (berjarak sekitar 62 meter), Jalan Cikini Raya 3b (berjarak sekitar 145 meter), Jalan RP Soeroso (berjarak 279 meter), dan Jalan Cikini Raya 1b (berjarak sekitar 316 meter).

Jika memilih transportasi umum, Anda bisa menumpang metromini nomor 17 tujuan Pasar Senen-Manggarai, Kopaja nomor 57 jurusan Kampung Rambutan-Cililitan-Tanah Abang, atau Kopaja nomor 20 jurusan Pasar Senen-Lebak Bulus (rute kembali dari Lebak Bulus menuju Pasar Senen tidak melewati Planetarium TIM). Jalur bus yang akan berhenti dekat Planetarium Jakarta antara lain Bus-6H, P20, dan T502.

Planetarium Jakarta

Alamat: Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Nomor telepon: (021) 2305146
Fax: 0212305146
Email: [email protected]

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *