Pendaftaran & Biaya Sekolah SMA Future Gate Bekasi TA 2022/2023

Seiring dengan perkembangan zaman, pondok pesantren saat ini memang menerapkan sistem dan kurikulum yang lebih modern. Nah, salah satu pesantren dengan kategori demikian adalah SMA Future Gate yang berlokasi di Bekasi. Meski sudah menerapkan sistem yang modern, namun biaya sekolah di SMA ini ternyata bisa dikatakan cukup terjangkau.

SMA Future Gate (youtube: SMA Future Gate)
SMA Future Gate (youtube: SMA Future Gate)

Profil SMA Future Gate

SMA Future Gate berlokasi di Jalan Yudhistira, Komplek Pemda Bekasi Blok A, Jatiasih (di belakang SDN Jatiasih 8,9, dan 10). Sekolah tersebut terbagi menjadi dua, untuk siswa putra dan putri. Untuk siswa putri, dapat mendaftar ke SMA Future Gate Putri yang berlokasi di Jalan Dr. Ratna No. 8, Jatikramat, Jatiasih, Bekasi, atau satu kompleks dengan Pesantren SMP Putri Tashfia.

Bacaan Lainnya

SMA Future Gate mengklaim sebagai sekolah yang menekankan perpaduan antara ilmu pengetahuan, keimanan & ketakwaan, serta akhlak mulia. Berbicara mengenai akreditasi, sekolah tersebut pada tahun 2013 telah mendapatkan akreditasi dengan predikat A (Amat Baik). Sekolah ini sendiri memiliki dua model pembelajaran, yaitu Fullday dan Boarding (asrama). Sistem full day mengizinkan siswa pulang pergi setiap hari. Sementara, untuk boarding, jumlah siswanya dibatasi, dengan siswa boarding diperkenankan pulang sepekan sekali.

Fasilitas yang dimiliki oleh SMA Future Gate juga cukup memadai. Di tempat ini, sudah tersedia fasilitas antara lain milik sendiri berlantai 3, masjid sebagai pusat kegiatan, ruang ber-AC, laboratorium komputer, tersedia unit PC dan laptop dalam jumlah yang memadai, Learning Resource Centre (perpustakaan, multimedia dan internet), laboratorium IPA, asrama, dan kantin.

Baca juga  Pendaftaran dan Biaya Pesantren Al-Wafa Bekasi (SMP dan SMA) TA 2022/2023

Di sekolah tersebut, dibuka tiga jurusan, yaitu IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan Bahasa (spesialisasi bahasa Arab dan Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah). Untuk jurusan IPA dan IPS, bobot materi umum dibanding materi agama kurang lebih 60 persen materi umum berbanding 40 persen materi agama. Sementara, untuk jurusan Bahasa, 70 persen materi agama dan Bahasa Arab berbanding 30 persen materi umum. Namun, dalam setiap pembelajaran, khususnya materi pelajaran umum, pihak pengajar berusaha mengintegrasikan dengan nilai-nilai dan muatan ajaran Islam, sehingga materi umum dan materi agama akan saling selaras dan menguatkan.

Untuk pelajaran Agama Islam yang diajarkan dan diamalkan di SMA Future Gate adalah yang sesuai dengan aqidah Ahlusunnah Wal Jamaah dengan merujuk kepada pemahaman generasi awal umat Islam (para sahabat, tabiin dan tabi’ut tabiin). Selain itu, SMA Future Gate memiliki beberapa unggulan seperti berikut.

SMA Future Gate Bekasi (sumber: smafuturegate.com)

Unggulan SMA Future Gate

  • Pendidikan diniyah untuk membina Aqidah Shahihah, Akhlakul Karimah, Ibadah sesuai sunnah melalui pembelajaran di kelas, kajian rutin bulanan, pembiasaan shalat berjamaah.
  • Penanaman visi, orientasi hidup dan masa depan melalui Tsaqafah Islamiyyah dan Life Skill, Guest Teacher, Program Magang.
  • persiapan masuk PT unggulan, yang dimulai dari X, melalui pendampingan pemilihan jurusan di PT, try out dan pembahasan, sesi motivasi, sharing bersama alumni, kunjungan kampus, dan lain-lain. Pengembangan bahasa Inggris untuk jurusan IPA dan IPS, serta bahasa Arab untuk jurusan Bahasa. Dicapai melalui pembelajaran bahasa (Inggris/Arab) yang menggunakan metode khas, penggunaan buku teks berbahasa Arab/Inggris pada mapel jurusan, dan lingkungan yang kondusif dan motivatif untuk pengembangan bahasa asing.
  • Pengembangan kompetensi menulis dan presentasi, melalui pembelajaran bahasa (Inggris/Arab/Indonesia), penulisan karya ilmiah yang diujikan. Dalam setiap pembelajaran juga diberikan porsi untuk melatih kemampuan presentasi di depan publik.
  • Tahfizh Al Qur’an dengan target 3 Juz untuk jurusan IPA/IPS dan 10 Juz untuk jurusan Bahasa. Dicapai melalui pembelajaran halaqah harian, dan intensif berkala.
Baca juga  Biaya Kuliah UNIMUS (Universitas Muhammadiyah Semarang) TA 2022/2023

Siswa yang bersekolah di SMA Future Gate juga dapat memilih ekstrakurikuler yang ingin diikuti. Beberapa pilihan ekstrakurikuler untuk putra yaitu bela diri aikido, panahan, futsal, basket, desain grafis dan animasi, pecinta alam, English club, parkour, jurnalistik, dan robotik. Sementara, untuk putri, pilihannya adalah feminity skill (keputrian), jurnalistik, serta komputer dan desain grafis.

Untuk tahun akademik 2022/2023, pihak SMA Future Gate sudah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sejak 1 Oktober 2021 lalu. Waktu pelayanan pendaftaran dilakukan setiap hari (termasuk Sabtu dan Minggu) mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB. Pendaftaran sendiri dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi alamat smafuturegate.com/pendaftaran4 sampai kuota terpenuhi (12 siswa Boarding dan 110 siswa Fullday).

Pelajaran Sekolah SMA Future Gate Bekasi - smafuturegate.com
Pelajaran Sekolah SMA Future Gate Bekasi – smafuturegate.com

Syarat Pendaftaran SMA Future Gate 2022/2023

  • Calon siswa mendaftar di www.smafuturegate.com/pendaftaran4.
  • Calon siswa menentukan jadwal tes yang telah disediakan pada laman pendaftaran.
  • Calon siswa mendapat nomor pendaftaran dan PIN.
  • Calon siswa melaksanakan tes sesuai waktu yang ditentukan.
  • Pengumuman diterima/tidaknya siswa baru.
  • Calon siswa Daftar Ulang (DU) dan melengkapi berkas (copy akta kelahiran, KK, KTP orang tua, dan melakukan pembayaran uang pendidikan minimal 50 persen, dan sisanya dilunasi 2 bulan setelahnya secara berturut-turut).
  • Membayar biaya pendaftaran melalui rekening di Bank BNI Syariah No 700 700 3210 a.n SMA FUTURE GATE (simpan dan tunjukkan bukti transfer saat tes) atau dapat juga dibayarkan saat pelaksanaan tes.
Baca juga  Update Kisaran Biaya Pesantren Al Hikmah Bogor

Biaya SMA Future Gate 2022/2023

Komponen Biaya Fullday Boarding
Iuran Awal Pendidikan Rp16.500.000 Rp16.500.000
Uang Seragam Rp800.000 Rp800.000
Biaya Wajib Tahunan Rp2.500.000 Rp2.500.000
SPP per bulan Rp1.000.000 Rp1.800.000
TOTAL Rp20.800.000 Rp21.600.000

Apabila dibandingkan dengan tahun ajaran 2020/2021 dan 2021/2022, rupanya pihak SMA Future Gate masih belum menaikkan biaya pendidikan untuk tahun ajaran 2022/2023. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa langsung ke lokasi sekolah di alamat yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor ponsel 0851 0073 4490, 0813 1406 0603, dan 0813 1812 3418 atau email di alamat [email protected]

[Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.