Jadwal dan Harga Tiket Ferry Batam-Tanjung Pinang Terbaru

Jika Anda hendak bepergian dari Batam menuju Tanjung Pinang, saat ini memang sudah ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan tersebut. Namun, apabila Anda ingin menghemat anggaran perjalanan, menumpang kapal ferry bisa menjadi opsi yang menarik. Pasalnya, kapal ferry rute Batam menuju Tanjung Pinang memang relatif terjangkau. Selain itu, kapal penyeberangan ini pun memiliki cukup banyak jadwal, sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Bacaan Lainnya
Kapal ferry bersandar di pelabuhan (sumber: bintan-resorts.com)
Kapal ferry bersandar di pelabuhan (sumber: bintan-resorts.com)

Sebagai negara kepulauan, peran transportasi di Indonesia memang sangat penting untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat yang lain. Memang, sekarang sudah ada maskapai yang menyediakan pesawat untuk mengantarkan kita bepergian. Namun, bagi masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah, kapal laut adalah transportasi yang sering digunakan. Pasalnya, kapal laut dapat menjangkau pulau-pulau kecil dengan biaya yang umumnya relatif lebih murah dibandingkan transportasi udara.[1]

Demikian juga ketika Anda hendak bepergian ke Batam menuju Tanjung Pinang. Sebagai perbandingan, harga tiket pesawat rute tersebut dengan penerbangan non-stop sekitar Rp143 ribuan per orang atau per seat kelas ekonomi. Bandingkan dengan tiket kapal ferry yang dipatok sekitar 75 persen lebih murah daripada tarif pesawat terbang.

Kota Batam sendiri memiliki setidaknya dua pelabuhan yang melayani perjalanan kapal ferry. Yang pertama adalah Pelabuhan Sekupang yang berada di pantai barat Pulau Batam. Pelabuhan ini menghubungkan Kota Batam dengan pelabuhan-pelabuhan di kepulauan sisi barat, seperti Pelabuhan Tanjung Balai Karimun (Pulau Karimun), Tanjung Batu Karimun (Pulau Kundur), dan Pelabuhan Dumai di Pulau Burung. Selain itu, juga melayani relasi menuju Palembang, Jakarta, hingga Singapura.

Pelabuhan kedua adalah Pelabuhan Telaga Punggur yang terletak di sebelah timur Pulau Batam, Kepulauan Riau. Nah, pelabuhan ini yang dapat Anda datangi ketika hendak melakukan perjalanan ke Tanjung Pinang di Pulau Bintan lantaran melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura serta Pelabuhan Bulang Linggi di Kota Tanjung Uban.

Sementara itu, seperti disinggung sebelumnya, Kota Tanjung Pinang di Pulau Bintan memiliki Pelabuhan Sri Bintan Pura yang berlokasi di sisi barat Pulau Bintan. Pelabuhan ini menghubungkan Kota Tanjung Pinang dengan pelabuhan-pelabuhan di sebelah utara (Pelabuhan Lobam dan Pelabuhan Bulang Linggi), dengan kepulauan di sebelah barat (Pelabuhan Tanjung Balai di Pulau Karimun), Pelabuhan Telaga Punggur di Batam), serta kepulauan di sebelah selatan seperti Pulau Lingga dan Pulau Singkep.

Seiring dengan program non-tunai pemerintah, sejak 15 Juli 2018 lalu, pembayaran pas masuk ke Pelabuhan Sri Bintan Pura diharuskan memakai electronic money atau e-money. Sistem e-pass tersebut dilakukan di terminal domestik dan internasional. Sistem e-pass sendiri merupakan pilot project bagi pelabuhan yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah sistem non-tunai yang pertama diterapkan di pelabuhan di seluruh Indonesia.

Jadwal Ferry Batam-Tanjung Pinang

Pelabuhan Sri Bintan Pura (twitter: @pelindo_1)
Pelabuhan Sri Bintan Pura (twitter: @pelindo_1)

Sebelumnya, karena ada pandemi -19 yang berlangsung sejak tahun 2020, membuat kapal ferry rute Batam-Tanjung Pinang hanya berlayar setiap dua jam sekali. Namun, sejak tahun 2023 jadwal kapal ferry rute Batam-Tanjung Pinang sudah kembali normal, berlayar setiap 15 menit sekali setiap harinya, mulai pukul 07.00 WIB hingga jam 17.30 WIB. Kemudian, untuk rute penyeberangan Tanjung Pinang ke Batam beroperasi mulai jam 07.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Waktu tempuh kapal feri rute Batam ke Tanjungpinang atau sebaliknya sekitar 45-60 menit.

Harga Tiket Ferry Batam-Tanjung Pinang

Kapal Ferry Harga Tiket
Oceanna Ferry Rp69.000 (ditambah pas penumpang Rp10.000)
Marina Ferry Rp69.000 (ditambah pas penumpang Rp10.000)
Kapal ferry cepat (sumber: kepripos.com)
Kapal ferry cepat (sumber: kepripos.com)

Tarif Kapal Roro Batam-Bintan

Jenis Penumpang Tarif Kapal
Penumpang Dewasa Tanpa Kendaraan Rp22.000
Penumpang bayi usia kurang dari 2 tahun Rp2.000
Kendaraan Golongan I Sepeda Rp22.000
Rp51.000
Kendaraan Golongan III Motor > 500cc Rp216.000
Kendaraan Golongan IVb Mobil Barang Rp268.000
Kendaraan Golongan IVa Mobil Pribadi Rp309.000
Kendaraan Golongan Vb Truk Sedang Rp471.000
Kendaraan Golongan Va Bus Sedang Rp565.000
Kendaraan Golongan VIb Truk Besar Rp728.000
Kendaraan Golongan VIa Bus Besar Rp821.000
Rp931.500
Rp1.371.000
Kendaraan Golongan IX Truk Trailer > 16 m Rp2.307.000
Ilustrasi Fery Batam Tanjung Pinang (credit Raja Drone ID)
Ilustrasi Fery Batam Tanjung Pinang (credit Raja Drone ID)

Harga tiket kapal ferry dari Batam menuju Tanjung Pinang serta kapal roro dari Batam menuju Bintan di atas kami kutip dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa harga tiket kapal ferry tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Namun, jika dibandingkan tahun sebelumnya, tarif tahun 2023 mengalami kenaikan dari 2022 lalu. Misalnya, harga tiket ferry Batam-Tanjung Pinang yang sebelumnya berkisar mulai Rp52 ribuan, sekarang naik jadi Rp69 ribuan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, dapat menghubung pihak Pelabuhan Telaga Punggur di nomor telepon (0778) 479154.

[Update: Dian]

[1] Wijana, Made, A. A. Alit Triadi, Firza Febriandi. 2014. Aplikasi Break Even Point pada Sistem Operasional Kapal Motor Penyeberangan Roditha PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar. Dinamika Teknik , Vol. 4(2): 1-9.

Pos terkait