Info Terbaru Investasi Jangka Panjang dengan BNI Syariah iB Hasanah (Tabungan Emas)

BNI memberikan kemudahan bagi yang ingin memiliki emas melalui program emas iB Hasanah. Program ini merupakan fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan BNI kepada nasabah untuk berinvestasi jangka panjang emas dalam bentuk batangan bersertifikat Antam. Caranya dengan diangsur pokoknya setiap bulan dengan sistem murabahah atau konsep jual beli. Pembiayaan ini dapat dilayani di seluruh jaringan kantor reguler BNI di Indonesia.

tabungan, emas, bni, syariah, keuntungan, kelemahan, angsuran, nasabah, jaminan, bunga, produk, program, ib, hasanah, tabungan, jangka, waktu, fasilitas, pengajuan, simulasi, kebutuhan, tahun, bulan, dokumen, persyaratan, investasi

Buku tabungan dan kartu ATM iB Hasanah BNI Syariah (instagram: @muhammadaqsha)

Operational Manager BNI Syariah Jambi, Zein Abror, mengatakan bahwa program pembiayaan emas pada dasarnya memang sudah ada dan peminatnya terus mengalami peningkatan. Untuk itu, BNI Syariah terus memperkenalkan program emas iB Hasanah kepada nasabah agar masyarakat mudah memiliki emas dalam bentuk Logam Mulia (LM). Dengan program itu, masyarakat bisa memiliki LM dengan cicilan emas yang relatif stabil.

Sementara itu, menurut Direktur Utama BNI Syariah, Dinno Indiano, program iB Hasanah diluncurkan sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan pasar untuk kebutuhan investasi yang aman. Namun, untuk memiliki satu LM, dibatasi senilai Rp250 juta, ini sesuai dengan aturan regulasi dari BI.

Jangka waktu yang diberikan untuk program emas iB Hasanah minimum 2 tahun dan maksimum sampai 5 tahun. Apabila ada nasabah yang ingin melunasi cicilan emas, bisa diberikan tanpa ada penalti atau tambahan lainnya. Misalnya nasabah ikut program cicilan emas ini selama 5 tahun, tetapi pada akhir tahun pertama ada rezeki lebih dan ingin melunasi cicilan emas, bisa langsung melunasi cicilan emas sampai akhir.

Zein Abror menambahkan, pihak BNI Syariah juga memberikan kemudahan-kemudahan lain untuk nasabah, yaitu nasabah dibebaskan saat akan melakukan pembiayaan cicilan emas. Cicilan akan tetap sama dari awal cicil sampai dengan akhir walaupun suatu ketika terjadi kenaikan emas, karena cicilan emas mengikuti harga saat awal pembelian. Namun, apabila ingin menjual saat pelunasan, akan mengikuti harga emas .

Keunggulan BNI Emas iB Hasanah

Tabungan IB Hasanah BNI Syariah (sumber: kompasiana)

Tabungan IB Hasanah BNI Syariah (sumber: kompasiana)

  • Objek pembiayaan berupa logam mulia yang bersertifikat PT ANTAM.
  • Angsuran tetap setiap bulannya selama masa pembiayaan sampai dengan lunas.
  • Biaya administrasi ringan sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Margin kompetitif.
  • Pembayaran angsuran melalui debet secara otomatis.
  • Jangka waktu pembiayaan minimal 2 tahun dan maksimal 5 tahun.
  • Maksimum pembiayaan sampai dengan Rp150 juta.
  • Dokumen yang dibutuhkan
  • Formulir Permohonan Pembiayaan.
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy NPWP (untuk pembiayaan di atas Rp50 juta.
  • Fotocopy Kartu Identitas Pegawai (untuk pegawai).

BNI Emas iB Hasanah

  • Berstatus sebagai pegawai aktif/profesional/pengusaha/lainnya.
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal berusia 60 tahun () pembiayaan harus lunas.
  • Mempunyai penghasilan tetap dan kemampuan mengangsur.

Simulasi BNI Emas iB Hasanah

Pada situs resmi BNI Syariah di bnisyariah.co.id, Anda bisa melakukan simulasi pembiayaan produk emas iB Hasanah. Input simulasi yang harus diisi antara lain jenis pembiayaan, jangka waktu/termin, dan nilai objek.

BNI Syariah (sumber: madaninews.id)

BNI Syariah (sumber: madaninews.id)

Dimisalkan, Anda memilih jenis pembiayaan emas iB Hasanah, kemudian dengan jangka waktu 60 bulan (5 tahun), dan nilai objek sebesar Rp25 juta. Setelah mengisi input yang diminta, klik ‘kalkulasi’ pada situs BNI Syariah, tidak berapa lama akan muncul perhitungan mengenai total pembiayaan, nilai angsuran, dan lainnya.

Dengan menggunakan ilustrasi di atas, maka akan didapatkan muka sebesar Rp5 juta, nilai pembiayaan bank Rp20 juta, total pembiayaan Rp29,181 juta. Angsuran yang harus dibayarkan per bulan adalah sebesar Rp486.350 selama 60 bulan. Dan, untuk dapat mengangsur emas senilai Rp25 juta selama 5 tahun sesuai perhitungan simulasi BNI Syariah, maka minimal gaji yang Anda dapatkan dalam jangka waktu sebulan senilai Rp1.215.875.

Setelah dirasa simulasi di atas memenuhi kemampuan ekonomi Anda, maka bisa langsung melanjutkan ke pengajuan. Pada situs resmi BNI Syariah, bagian pengajuan berada di bawah simulasi pembiayaan. Jika Anda ingin mengirim pengajuan, bisa langsung mengisi data-data pada bagian pengajuan dengan mengisikan identitas diri, fasilitas yang diinginkan (pembelian logam mulia), dan data lainnya. Apabila sudah diisi lengkap, lanjutkan dengan klik ‘kirim pengajuan’.

Untuk program cicilan emas, sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh BNI Syariah, tetapi juga bank-bank lainnya. Walaupun sebelumnya telah disebutkan bahwa program kredit emas seperti yang dimiliki oleh BNI Syariah memiliki keunggulan, namun ada pula yang berpendapat program seperti itu ada kelemahannya.

Kelemahan yang dirasakan oleh beberapa orang menyangkut persoalan uang muka, yang kemungkinan uang mukanya bernominal tidak sedikit. Lalu, ada beberapa bank yang menetapkan bunga cicilan setiap bulan. Beberapa bank juga menetapkan biaya penalti jika Anda melunasi cicilan kredit emas lebih cepat dari plafon yang ditetapkan. Juga, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami risiko gagal bayar. Jika Anda gagal melunasi cicilan, emas bisa ditarik dan dilelang oleh pihak bank.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan emas, sebaiknya Anda melihat kemampuan ekonomi Anda. Di sini perlu diingat bahwa investasi emas bersifat jangka panjang. Hal ini dikarenakan emas baru bisa terlihat hasilnya jika disimpan dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun. Sehingga, pastikan Anda memiliki dana yang cukup supaya tidak buru-buru menjual emas saat ada kebutuhan mendesak.

Jika mungkin Anda merasa keberatan dengan program kredit emas seperti yang ditawarkan oleh BNI Syariah, mungkin program tabungan emas cocok untuk Anda. Hal ini disebabkan tabungan emas tidak membutuhkan uang muka, waktu lebih fleksibel karena nasabah tidak terikat tenor/waktu, dan emas bisa dijadikan jaminan apabila ada kebutuhan mendesak.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terkini Syarat & Biaya Administrasi Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri (BSM)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Investasi Jangka Panjang dengan BNI Syariah iB Hasanah (Tabungan Emas)"