Info Terbaru Tarif MMS Telkomsel (simPATI dan Telkomsel Halo)

Telkomsel merupakan salah satu yang sangat populer di Indonesia. Keunggulan Telkomsel adalah sinyal yang dinilai kuat di mana dan kapan saja. Selain layanan telepon, SMS, dan , provider tersebut juga menyediakan layanan MMS, dengan tarif yang cukup hemat. Merupakan singkatan dari Multimedia Message, MMS memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan pesan multimedia berupa gambar, suara, maupun video semudah mengirim pesan teks atau SMS.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: pesan MMS (sumber: mobivity.com)
Ilustrasi: pesan MMS (sumber: mobivity.com)

SMS dengan MMS jelas berbeda. Walaupun berbeda, tetapi keduanya sama-sama digunakan oleh ponsel untuk komunikasi selain suara. Pada MMS, pesan akan dikirimkan ke pusat pesan. Mereka selanjutnya mengirimkan pesan kepada penerima melalui jaringan internet, selama ponsel penerima mendukung format MMS.

Tarif MMS simPATI

Kartu perdana simPATI juga dilengkapi dengan layanan MMS. Dikutip dari situs resmi Telkomsel, untuk tarif non-paket ke sesama Telkomsel, tarif MMS adalah Rp2.100 per MMS (300 KB). Tarif yang sama juga berlaku ke operator lain. Tarif yang berlaku di simPATI ini sudah termasuk pajak (PPN) sebesar 10% dan masih belum berubah sejak tahun 2019 lalu.

Baca juga  Harga Paket Unlimited by.U dan Paket Lainnya

Seluruh paket perdana simPATI berlaku hingga 30 hari sejak dilakukan aktivasi. Agar kartu simPATI terus aktif, Anda harus melakukan isi pulsa untuk memperoleh masa aktif tambahan. Ketentuan masa aktif simPATI yaitu Rp5.000 untuk 7 hari, Rp10.000 untuk 15 hari, Rp15.000 untuk 20 hari, Rp20.000 untuk 30 hari, Rp25.000 untuk 30 hari, Rp50.000 untuk 45 hari, Rp100.000 untuk 60 hari, Rp150.000 untuk 120 hari, Rp200.000 untuk 150 hari, Rp300.000 untuk 180 hari, Rp500.000 untuk 240 hari, dan Rp1.000.000 untuk 330 hari.

Untuk dapat mengisi pulsa simPATI, Anda dapat melakukannya melalui ATM, toko ritel, mobile banking dan MKIOS yang berpartisipasi. Bagaimana jika Anda tidak melakukan isi ulang dalam waktu 30 hari? Apabila hal tersebut Anda lakukan, maka otomatis akan memasuki masa tenggang selama 30 hari. Kemudian, jika Anda tidak melakukan isi ulang hingga masa tenggang berakhir, maka nomor Anda tidak akan bisa digunakan lagi. Selama masa tenggang, Anda hanya bisa menerima telepon dan SMS.

Tarif MMS Kartu Halo

Pilihan kartu lain dari Telkomsel adalah Kartu Halo atau yang saat ini dikenal Telkomsel Halo. Sebelum menjadi Telkomsel Halo, Kartu Halo juga menyediakan layanan MMS. Tarifnya sama dengan kartu simPATI, yaitu Rp2.100 per MMS (300 KB) ke sesama Telkomsel. Namun, setelah melebur menjadi Telkomsel Halo, layanan MMS sudah tidak tersedia. Sebagai gantinya, Anda dapat menikmati berbagai pilihan paket Halo Unlimited.

Kartu perdana Telkomsel (sumber: sharepanduan.com)
Kartu perdana Telkomsel (sumber: sharepanduan.com)

Untuk dapat menggunakan layanan MMS dari Telkomsel, pelanggan harus mengaktifkan GPRS atau jaringan internet pada telepon seluler. Selain itu, telepon seluler atau handphone nomor tujuan MMS juga harus memiliki fitur MMS dan GPRS. Jika salah satu pengguna tidak memiliki atau mengaktifkan fitur ini, maka pesan tidak dapat terkirim.

Baca juga  Info Terkini Harga Paket IndiHome Tanpa TV Kabel (Dual Play)

Perbedaan SMS, MMS, USSD

  • SMS (Bulk, Targeted, LBA). Anda bisa leluasa mengirimkan pesan teks yang berisi 160 karakter secara terarah sesuai target, dengan identitas pengirim yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Identitas dibuat maksimal dalam 11 karakter. Telkomsel menyediakan berbagai layanan SMS, seperti bulk, targeted dengan profil penerima yang bisa disesuaikan, interactive dengan pilihan balasan untuk penerima, hingga LBA (Location Based Advertising) yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan SMS pada para pengguna di sekitar lokasi tertentu.
  • MMS (Bulk, Targeted, LBA). Melalui MMS, Anda bisa mengirim pesan yang berisi gambar, suara, ataupun video sederhana secara terarah sesuai target, dengan identitas pengirim yang bisa disesuaikan. Sama dengan SMS, media MMS juga bisa dilakukan secara bulk, targeted dengan profil penerima yang bisa disesuaikan, interactive dengan pilihan balasan untuk penerima, hingga LBA.
  • USSD PUSH. Anda bisa mengirim pesan berupa teks yang berisi 114 karakter dan akan ditampilkan langsung pada halaman utama layar pengguna. USSD PUSH ini terdiri dari 1 layer dan 2 layer yang lebih bersifat interaktif dengan mengetik pilihan angka. Iklan dengan USSD Push mudah muncul di handphone pengguna namun tidak akan tersimpan dalam inbox.
Baca juga  Update Harga Sabun Cair Lifebuoy di Indomaret dan Alfamart

Untuk membantu pengusaha menargetkan konsumen, Telkomsel memiliki Mobile Consumer Insight (MSIGHT), yakni layanan yang membantu pengiklan memperoleh gambaran profil target market secara akurat serta relevan. Dari mana informasi Telkomsel MSIGHT diperoleh? Informasi tersebut berasal dari big data pelanggan Telkomsel yang jumlahnya mencapai 140 juta pelanggan. Hal ini yang membedakan Telkomsel dengan provider lain. Namun, ini tidak berarti Telkomsel MSIGHT menyajikan data mengenai pelanggan secara detail. Hal tersebut dikarenakan Telkomsel menjunjung tinggi privasi pelanggan. Sehingga, Telkomsel hanya menganalisis perilaku kolektif, dan tidak mengungkapkan data pribadi perorangan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *