Ingin Kredit Mobil Tanpa DP (Uang Muka)? Simak Info Terbarunya!

Memiliki pribadi menjadi impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, merupakan moda transportasi yang dinilai sangat nyaman, jika dibandingkan sepeda motor atau angkutan umum misalnya. Karena kenyamanan ini, pun cocok digunakan untuk transportasi sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh.

Ilustrasi: sales dealer menawarkan mobil kepada pelanggan

Ilustrasi: sales dealer menawarkan mobil kepada pelanggan

Saat ini, sudah banyak merek mobil yang bertebaran di Tanah Air dengan berbagai . Merek-merek yang cukup familiar sebut saja Toyota, , Audi, Nissan, Suzuki, , hingga Isuzu. Pabrikan-pabrikan tersebut rutin merilis model terbaru untuk memenuhi hasrat konsumen di Indonesia mengenai kendaraan yang nyaman dan aman.

Sayangnya, meski sudah muncul mobil murah atau LCGC, namun bagi kebanyakan masyarakat, harga mobil saat ini masih cukup mahal. Karena itu, salah satu cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan mobil idaman adalah melalui sistem kredit. Menurut salah satu staf Mandiri Finance, setidaknya ada dua keuntungan utama ketika membeli melalui sistem kredit, yaitu:

  • Uang awal atau DP (down payment) yang dikeluarkan tidak terlalu besar, terutama bagi mereka yang belum memiliki cukup dana untuk membeli mobil secara tunai.
  • Dengan membeli mobil secara kredit, konsumen bakal mendapatkan asuransi. Memang, ketika membeli secara tunai, konsumen masih bisa mendapatkan asuransi, namun secara terpisah atau mengasuransikan kendaraan sendiri. Biaya asuransi kendaraan secara terpisah ini juga biasanya lebih besar.

Umumnya, ketika membeli mobil secara kredit, terutama baru, Anda tentu harus membayar sejumlah uang muka atau down payment kepada penjual, baik itu melalui leasing maupun bank. Besaran down payment bervariasi, tergantung kemampuan masing-masing konsumen. Namun, jika down payment yang dibayarkan relatif besar, maka besaran cicilan per bulan juga otomatis bakal semakin kecil, meski juga tergantung dari lamanya pembayaran cicilan mobil yang bersangkutan.

Pada tahun 2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan wacana untuk memangkas down payment pembiayaan kendaraan bermotor yang awalnya sebesar 15 persen hingga 20 persen dari harga beli menjadi Rp0. Namun, rencana DP sebesar Rp0 tersebut hanya berlaku untuk multi-finance yang mencatat rasio kredit macet atau non performing financing (NPF) di bawah 1 persen.

Sementara itu, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, ketika mengunjungi pameran IIMS 2017 yang berlangsung di Jakarta, mengatakan bahwa realisasi kredit mobil tanpa DP saat ini masih sulit dilakukan. Pasalnya, kendaraan bermotor masih belum menerima subsidi. Berbeda dengan pembiayaan rumah yang bisa dilakukan tanpa uang muka karena sudah ada subsidi dari pemerintah.

Namun, untuk , saat ini sudah banyak penjual yang menawarkan pembelian kendaraan bekas dengan DP sebesar Rp0. Berikut beberapa yang dijual dengan sistem kredit tanpa uang muka yang dihimpun dari berbagai sumber online.

Harga Mobil Kredit Tanpa Uang Muka (DP)

cara, mobil, kredit, uang, muka, down, payment, DP, tanpa, 0%, unit, baru, kondisi, biaya, asuransi, bunga, merek, kia, xenia, jakarta, pusat, sistem, pembayaran, keterlambatan, kendaraan

Transaksi jual beli mobil

Merek/ MobilHarga Tunai (Rp)Lokasi
KIA Picanto AT SE 201170.000.000Jakarta Barat
Daihatsu Xenia 1.3 Manual 2012100.000.000Jakarta Barat
Daihatsu Xenia 1.3 X upgrade R Manual 2014115.000.000Jakarta Barat
Ertiga GL MT 2012119.500.000Bekasi
Great Xenia R 2016131.000.000Jakarta Pusat
Suzuki Ertiga GL Manual 2017145.000.000Jakarta Barat
Toyota Innova G AT 2013155.000.000Jakarta Selatan
Mazda Biante 2.0 2012180.000.000Tangerang Selatan
Toyota Camry 2.5 G AT New Model 2013225.000.000Tangerang Selatan
Mini Cooper S F56s 2000cc Nik 2017 Sunroof 870.000.000Jakarta Selatan

Namun, meski membeli secara kredit dan tanpa uang muka, konsumen sebaiknya  juga tetap harus berhati-hati. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila Anda telah menikah dan memiliki bayi, mungkin sebaiknya memilih mobil keluarga multifungsi alias multi purpose vehicle (MPV).

Lalu, perlu juga memerhatikan kondisi mobil. Pasalnya, kondisi mobil bekas (second) tidak bisa disamakan dengan unit baru, sehingga perlu dicek sedemikian rupa agar tidak berbuntut kerugian.

Ketika Anda memilih untuk kredit mobil, sebaiknya perlu juga menghitung besaran bunga kredit yang ditetapkan oleh pihak leasing atau dealer. Selain masalah bunga kredit, sejumlah biaya juga tidak bisa diabaikan. Biaya yang dimaksud misalnya biaya administrasi, fidusia, asuransi, penalti, keterlambatan pembayaran, dan lainnya. 

[Update: Galih]

Baca juga  Update Specs dan Harga Mobil Smart Fortwo di Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Ingin Kredit Mobil Tanpa DP (Uang Muka)? Simak Info Terbarunya!"