Update Info Biaya Tes Treadmill Jantung di Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan

Treadmill test atau uji latih selama ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini apakah seseorang menderita penyakit jantung koroner atau tidak. Dengan melakukan tes treadmill jantung ini, tingkat keberhasilan atau akurasi mendeteksi penyakit jantung dikatakan mencapai 78 persen. Sudah banyak klinik maupun rumah sakit yang menyediakan layanan treadmill test ini dengan biaya mulai ratusan ribu rupiah.

Uji latih (exercise testing) yang umumnya dilakukan ketika medical check-up ini rupanya tak hanya berguna untuk mendeteksi penyakit jantung pada seseorang. Tetapi, juga bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit jantung, evaluasi pengobatan jantung, hingga menentukan tingkat kebugaran seseorang.

Tes treadmill jantung (sumber: athleticheartsf.com)

Tes treadmill jantung (sumber: athleticheartsf.com)

Dengan melakukan tes treadmill, Anda bisa menentukan jenis latihan atau olahraga yang tepat dan aman bagi jantung Anda. Sayangnya, banyak orang yang tak mau menjalani treadmill jantung karena merasa dirinya sehat-sehat saja. Tak ayal jika kita kerap mendengar berita orang yang tiba-tiba meninggal secara mendadak ketika bermain sepakbola atau aktivitas lainnya.

Tiap orang sendiri mempunyai tingkat kebugaran yang berbeda-beda. Seiring dengan pertambahan usia seseorang, maka tingkat kebugaran mereka juga cenderung akan menurun. Jika usia Anda bertambah 10 tahun, maka tingkat kebugaran Anda juga akan mengalami penurunan sebanyak 10 persen, dan angkanya bertambah seiring dengan bertambahnya usia Anda.

Sebagai contoh, seseorang yang berada pada rentang usia 40-50 tahun dianggap mempunyai tingkat kebugaran yang baik bila ia dapat melalui durasi 10 menit uji latih jantung (treadmill test). Setelah mengetahui tingkat kebugaran yang dimiliki, orang tersebut diharapkan tak melakukan olahraga berat atau menjaga kondisi detak jantungnya pada rentang angka 60-75 persen.

Sementara, untuk penderita penyakit jantung, tes treadmill juga bisa berfungsi sebagai prognosis atau stratifikasi kemungkinan serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung. Selain itu, juga dapat mengevaluasi hasil pengobatan atau tindakan tertentu, serta membuat program latihan untuk sang penderita sakit jantung.

Exercise stress test pada dasarnya merupakan pemeriksaan EKG (elektrokardiografi) yang dilakukan sembari memberi beban pada jantung pasien, antara lain dengan cara berlari di treadmill atau bersepeda di ergo-cycle. Prosedur tes ini akan dipantau dan diinterpretasikan langsung oleh dokter jantung atau dokter lain yang ahli dalam bidangnya.

Tes treadmill biasanya dilakukan secara menyeluruh dengan pemeriksaan kesehatan. Oleh sebab itu, pihak klinik atau rumah sakit akan mengenakan biaya paket. Namun, Anda juga bisa menjalani tes treadmill saja di klinik tertentu seperti Prodia dan lain-lain. Berikut kami sajikan informasi terbaru daftar biaya tes treadmill jantung di beberapa rumah sakit dan klinik kesehatan.

Ilustrasi: Exercise Stress Test (credit: Harvardhealth)

Ilustrasi: Exercise Stress Test (credit: Harvardhealth)

Biaya Treadmill Test

Nama Lab/Rumah SakitBiaya Treadmill Jantung
Laboratorium Klinik ProdiaRp798.000
RS Ananda BekasiPaket Gold : Rp2.037.000
Paket Platinum : Rp2.763.500
RS St. Carolus Summarecon SerpongPaket MCU Diamond Male : Rp3.550.000
Paket MCU Diamond Female : Rp4.350.000
RS Grha KedoyaExecutive Package Pria : Rp2.850.000
Executive Package Wanita : Rp3.100.000
Gold Paket Pria : Rp5.450.000
Gold Paket Wanita : Rp6.600.000
Gold Paket Plus Pria : Rp7.500.000
Gold Paket Plus Wanita : Rp8.500.000
Platinum Paket Pria : Rp8.500.000
Platinum Paket Wanita : Rp9.500.000
Platinum Paket Plus Pria : Rp9.400.000
Platinum Paket Plus Wanita : Rp10.500.000
RS Mitra KeluargaPaket Standard : Rp400.000
Paket Standard Plus Treadmill : Rp825.000
Pusat Jantung Nasional Harapan KitaTreadmill : Rp450.000
Echo : Rp600.000
Sentra Medika Hospital BogorPaket MCU Kesehatan Jantung + Treadmill : Rp835.000
Paket MCU Kesehatan Jantung + Treadmill + CT Calsium Score : Rp1.034.000

Dibandingkan tahun 2019, tarif treadmill yang dipatok masing-masing klinik atau rumah sakit pada 2020 belum banyak berubah. Namun, pada 2021 biaya tes treadmill jantung di beberapa lokasi terpantau mengalami kenaikan. Misalnya di Prodia yang sebelumnya mematok biaya sekitar Rp500 ribu, kini naik jadi Rp798 ribu. Demikian pula di RS St. Carolus Summarecon Serpong, yang mana tarif MCU Diamond untuk pria naik dari Rp2,9 juta menjadi Rp3,5 jutaan dan untuk wanita naik dari Rp3,35 juta menjadi Rp4,3 juta.

Daftar biaya atau tarif treadmill test di atas kami rangkum langsung dari situs resmi dan akun media sosial resmi rumah sakit dan klinik yang bersangkutan. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke rumah sakit yang bersangkutan.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Manfaat dan Harga Inlacta DHA
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Info Biaya Tes Treadmill Jantung di Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan"