Info Varian & Harga Kopi Aroma Bandung

No comment509 views

Berkunjung ke Kota Kembang rasanya belum lengkap jika Anda belum mencicipi kenikmatan kopi legendaris Kopi yang telah berdiri sejak tahun 1930-an. Toko kopi yang awalnya dirintis oleh Tan Houw Sian ini sampai sekarang masih berdiri kokoh dan diteruskan oleh generasi kedua keluarga, yakni Bapak Widya Pratama.

Ilustrasi: murni

Sejak awal didirikan sampai saat ini, kabarnya lokasi Kopi Aroma tak banyak mengalami perubahan, baik gudang kopi, pabrik kopi, sampai tempat menjual hasil produksinya pun tampak begitu sederhana dan berada di antara toko-toko suku cadang di Jalan Banceuy yang memang dekat dengan jalan bersejarah lain di Kota Bandung, yakni Jalan Braga. Tak hanya disukai oleh para pelanggan di sekitar Kota Bandung saja, Kopi Aroma pun begitu terkenal di kalangan pecinta kopi di berbagai penjuru Indonesia bahkan di kalangan wisatawan mancanegara.

Kopi Aroma Bandung memiliki beberapa varian produk kopi, yakni kopi Robusta yang memiliki karakteristik pahit, keras, dan tinggi kafein. Lalu ada varian Mokka yang karakteristiknya wangi, lembut, dan rendah kafein. Selain itu, ada pula varian kopi Toraja dan kopi Mix + Robusta. Selain menjual kopi hasil racikan sendiri, Kopi Aroma juga menjual biji kopi murni yang berasal dari daerah-daerah lainnya seperti Aceh Gayo, kopi Bengkulu, hingga kopi Jawa.

Kopi-kopi yang ditawarkan Kopi Aroma Bandung tersedia dalam bentuk biji matang (roasted beans), giling halus (fine grind) untuk diseduh langsung (kopi tubruk), giling medium (medium grind) untuk penggunaan mesin kopi dan french press, dan giling kasar (coarse grind) untuk penggunaan mesin kopi dan paper filter.

Sedangkan untuk , tersedia kemasan kopi dari ¼ kg (250 gram), ½ kg (500 gram), hingga 1 kg. Tetapi kabarnya ada batas maksimal untuk pembelian kopi tersebut, yakni 3 kg saja per orang. Anda bisa memilih sendiri varian kopi mana yang paling sesuai dengan selera Anda.

Salah satu hal yang menjadikan kopi besutan Aroma begitu istimewa adalah dari rahasia pengolahannya. Pasalnya kopi-kopi yang sudah berhasil dikumpulkan oleh Aroma, atau yang sudah dibeli dari seluruh petani kopi di berbagai daerah ini tak langsung diproduksi. Setelah dibersihkan, kemudian biji-biji kopi Aroma tersebut disimpan di gudang. Durasi penyimpanan biji kopi ini paling lama 8 tahun untuk kopi arabica, dan 5 tahun untuk kopi robusta. Tentu saja metode ini berbeda dengan yang kebanyakan dilakukan oleh produsen kopi pada umumnya.

Baca juga  Kopi Hijau Nescafe, Ngopi Cantik dan Sehat Tiap Hari

Proses tersebut ternyata bukan sembarangan, tetapi dilakukan guna mengurangi kadar asam untuk menghasilkan kopi yang murni, sehingga rasanya pun makin nikmat dan sehat untuk dikonsumsi. Cita dan ciri khas dari Kopi Aroma Bandung pun terjaga sejak puluhan tahun silam karena proses pembuatan dilakukan di rumah produksinya. baku untuk menyangrai atau roasting kopi pun dilakukan secara konsisten dengan menggunakan bakar jenis kayu karet. Sementara itu, untuk mesin pengolahan kopinya kabarnya masih tradisional mempertahankan mesin roasting kopi kuno yang diimpor langsung dari Eropa tahun 1930-an bermerek Roaster.

Pengolahan biji kopi Aroma (sumber: investasikopi.com)

Pengolahan biji kopi Aroma (sumber: investasikopi.com)

Lantas mengapa di tengah kemajuan zaman seperti ini, Kopi Aroma tidak beralih menggunakan mesin-mesin yang sudah canggih? Ternyata di situ pula letak rahasia kenikmatan kopi mereka. Walaupun waktu produksi yang dibutuhkan untuk mengolah kopi jadi lebih lama dari mesin modern, tetapi mesin lawas tersebut disebut-sebut mampu menghasilkan temperatur panas yang berbeda dari mesin modern, sehingga menghasilkan harum kopi yang khas dan rasanya pun sedap.

Menurut informasi, proses pengolahan kopi sebanyak 3 kaleng minyak tanah di Kopi Aroma membutuhkan waktu hingga 2 jam jika menggunakan mesin kuno mereka. Sedangkan jika menggunakan mesin kopi yang modern, maka waktu yang dibutuhkan paling tidak hanya sekitar 15 menit.

Saat berada di lokasi Toko Kopi Aroma, Anda pun seakan seperti sedang menikmati wisata edukasi. Pasalnya, dari jendela kaca yang ada di sana, Anda bisa melihat langsung para pegawai toko yang sedang memasukkan biji kopi ke dalam kemasan dan menyiapkannya untuk dijual pada para pelanggan.

Saran Penyimpanan dan Menyeduh Kopi

  • Kopi yang dibeli disimpan di tempat yang rapat, dijauhkan dari bau-bauan.
  • Kopi mentah telah dituakan (Arabika 8 tahun dan Robusta 5 tahun) dan kopi masih diproses secara tradisional menggunakan alat roasting dengan kayu bakar. Supaya pembeli dapat menikmati kopi dalam kondisi paling enak, disarankan untuk membeli secukupnya dan sebaiknya segera konsumsi dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan.
  • Untuk membuat kopi tubruk, gunakan air mendidih dan sajikan di cangkir. Setelah kopi dan air diaduk, baru ditambahkan gula secukupnya.

Daftar Harga Kopi Aroma Bandung

Biji Kopi Aroma Bandung (instagram: @kopiaroma_bandung)

Biji Kopi Aroma Bandung (instagram: @kopiaroma_bandung)

Varian Kopi Aroma BandungHarga
Kopi RobustaRp 39.000
Kopi Mokka Arabika (mix semua jenis Arabika)Rp 44.000
Kopi Arabika TorajaRp 44.000
Kopi Mix Arabika + RobustaRp 44.000

Informasi harga Kopi Aroma Bandung di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga Kopi Aroma Bandung dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Info harga teraktual biasanya adalah daftar harga yang terpampang di toko Kopi Aroma.

Menurut informasi dari situs resminya, Kopi Aroma tidak buka cabang, tidak membuka toko online, dan tidak melakukan jasa antar (delivery service). Kopi Aroma hanya melayani pembelian di toko offlinenya yang terletak di Jalan Banceuy No. 15, Bandung.

Aroma Paberik Kopi

Alamat: Jl. Banceuy No. 51, Braga, Bandung, 40111,
Nomor telepon: (022) 4230473
Jam buka: Senin – Sabtu pukul 09.00-14.00 WIB (hari Minggu dan hari libur tutup)

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Varian & Harga Kopi Aroma Bandung"