Update Harga OBH Combi (Anak dan Dewasa)

Obat batuk hitam merupakan salah satu golongan obat batuk yang dijual bebas dan bisa didapatkan tanpa resep dokter.[1] Nah, OBH Combi adalah obat batuk hitam untuk anak-anak dan orang dewasa yang diproduksi oleh Combiphar sejak tahun 1972 silam. Obat batuk satu ini diklaim terbuat dari bahan-bahan alami yang efektif meredakan batuk dan flu. Anda bisa membelinya di apotek terdekat dengan relatif terjangkau.

Salah satu varian obat batuk OBH Combi (instagram: @obh.combi)
Salah satu varian obat batuk OBH Combi (instagram: @obh.combi)

OBH Combi mengandung Succus Liquiritiae yang merupakan bahan alami yang telah dipercaya sebagai bahan dasar obat-obatan. Salah satu keunggulan Succus Liquiritiae adalah khasiatnya yang dapat diolah menjadi obat batuk yang bersifat ekspektoran, yakni membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak sehingga mengurangi rasa sakit dan tidak di tenggorokan. Selain itu, sebagian besar produk OBH Combi dibuat untuk melegakan pernapasan dan tenggorokan.

Bacaan Lainnya

OBH Combi juga disebut-sebut diproduksi dengan menggunakan teknologi terkini. Misalnya saja teknologi Water Treatment Plan (WTP) untuk menjaga air yang merupakan bahan utama dalam OBH Combi agar terjaga kebersihannya. Kemudian, pengisian hasil produksi ke dalam kemasan dilakukan dengan menggunakan mesin-mesin berkualitas tinggi agar tetap steril. Selain itu, kemasan OBH Combi diteliti secara bertahap supaya memastikan isi kemasan tetap terjaga dan tidak mudah rusak. OBH Combi memiliki banyak varian yang biasa dikonsumsi sesuai dengan gejala batuk yang dialami.

Varian OBH Combi

  • OBH Combi Dewasa Batuk Flu Madu, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
  • OBH Combi Dewasa Batuk Flu Menthol, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
  • OBH Combi Dewasa Batuk Flu Jahe, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
  • OBH Combi Dewasa Batuk Berdahak Menthol, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Ammonium Chloride, Anise Oil, Ammonium Liquid, Menthol Crystal, Peppermint Oil.
  • OBH Combi Dewasa Batuk Berdahak Jahe, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Ammonium Chloride, Anise Oil, Ammonium Liquid.
  • OBH Combi Anak Batuk Flu Strawberry, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
  • OBH Combi Anak Batuk Flu Madu, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
  • OBH Combi Anak Batuk Flu Apel, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
  • OBH Combi Anak Batuk Flu Jeruk, memiliki komposisi: Succus Liquiritiae Extract, Paracetamol, Ammonium Chloride, Ephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate.
Baca juga  Update Harga Pulse Oximeter Elitech (Semua Tipe)

Masing-masing OBH Combi memiliki formula yang berbeda dengan dosis sesuai petunjuk penggunaan yang tertera di setiap kemasan. Namun, secara umum, berikut dosis dan aturan pakai OBH Combi untuk anak dan dewasa.

Dosis & Aturan Pakai OBH Combi

Dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun: 3 kali sehari x 15 ml. Sementara, dosis untuk anak-anak umur 2-5 tahun: 3 x sehari 1 sendok takar (@ 5 ml). Sebelum digunakan, ada baiknya dikocok terlebih dulu. OBH Combi dianjurkan diminum setelah makan. Untuk aturan pakai, baca keterangan lengkap pada kemasan OBH Combi.

Efek Samping OBH Combi

Meskipun tergolong jenis obat yang bisa Anda dapatkan tanpa resep dokter, pastikan Anda meminumnya sesuai dosis dan aturan pakai. Hal ini karena OBH Combi dapat menyebabkan sejumlah efek samping, meliputi mengantuk, gangguan pencernaan, insomnia, eksitasi, tremor, takikardia, aritmia, kering, palpitasi, dan retensi urine.

Peringatan & Perhatian Pemakaian OBH Combi

Hati-hati pada penggunaan penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, dan retensi urine. Tidak dianjurkan pada anak-anak berusia kurang dari dua tahun, wanita hamil, dan menyusui. Hati-hati juga penggunaan bersama obat yang menekan saraf pusat, pengguna sedang mendapat terapi obat antidepresan tipe penghambat Monoamin Oksidase (MAO Inhibitor).

Baca juga  Update Harga Obat Neuralgin Rx, Rhema, Cream
Ilustrasi: minum obat batuk (sumber: istockphoto)
Ilustrasi: minum obat batuk (sumber: istockphoto)

Bagi Anda yang membutuhkan obat OBH Combi untuk anak dan dewasa, Anda bisa membelinya di Apotek K24 terdekat. Sebagai referensi OBH Combi di apotek K24, Anda bisa melihat tabel berikut.

OBH Combi di Apotek K24

VarianOBH Combi
OBH Combi Dewasa Batuk Flu Madu 60 ml Rp14.925
OBH Combi Dewasa Batuk Flu Mint 60 ml Rp14.925
OBH Combi Dewasa Batuk Flu Jahe 60 ml Rp14.925
OBH Combi Dewasa Batuk Berdahak Rasa Jahe 100 ml Rp15.483
OBH Combi Dewasa Batuk Berdahak Rasa Mint 100 ml Rp15.609
OBH Combi Anak Batuk Flu Rasa Jeruk 60 ml Rp16.669
OBH Combi Anak Batuk Flu Rasa 60 ml Rp16.809
OBH Combi Anak Batuk Flu Rasa Strawberry 60 ml Rp16.947
OBH Combi Anak Batuk Flu Madu 60 ml Rp16.947
OBH Combi Dewasa Batuk Flu Jahe 100 ml Rp19.049
OBH Combi Dewasa Madu Syrup 100 ml (gepeng) Rp20.543
OBH Combi Dewasa Batuk Flu Rasa Madu 100 ml Rp20.713
OBH Combi Dewasa Batuk Flu Mint 100 ml Rp21.222
OBH Combi Dewasa Jahe Syrup 7,5 ml per dos isi 20 Rp23.598

Harga OBH Combi di apotek K24 di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga OBH Combi tahun 2021 dan 2022 perubahannya tidak terlalu signifikan.

Sebagai contoh, OBH Combi dewasa batuk berdahak rasa jahe 100 ml dibanderol Rp13.596 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp14.237 di tahun 2021, sedikit anik lagi menjadi Rp15.483. Sebagai referensi tambahan, Anda bisa melihat harga OBH Combi anak dan Dewasa di Apotek Kimia Farma berikut.

Baca juga  Kandungan dan Info Terbaru Harga Bio Moringa
Obat batuk OBH Combi (sumber: shopee)
Obat batuk OBH Combi (sumber: shopee)

Harga OBH Combi di Apotek Kimia Farma

Varian OBH Combi Harga
OBH Combi Batuk Flu Dewasa Rasa Menthol 60 ml Rp12.804
OBH Combi Batuk Flu Dewasa Rasa Jahe 60 ml Rp12.804
OBH Combi Batuk Flu Anak Rasa Strawberry 60 ml Rp14.884
OBH Combi Batuk Flu Anak Rasa 60 ml Rp14.884
OBH Combi Batuk Flu Anak Rasa Jeruk 60 ml Rp14.884
OBH Combi Batuk Flu Dewasa Rasa Menthol 100 ml Rp18.091
OBH Combi Batuk Flu Dewasa Rasa Madu 100 ml Rp18.091
OBH Combi Batuk Berdahak Dewasa 100 ml Rp18.191

Perlu Anda ketahui, harga OBH COmbi di Apotek Kimia Farma di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Tak jauh berbeda dengan penjualan di Apotek K24, harga OBH Combi semua varian di Apotek Kimia Farma juga relatif stabil. Sebagai contoh, OBH Combi Batuk flu dewasa rasa jahe 60 ml yang dijual dengan harga Rp12.300 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp12.804 di tahun 2021 dan 2022.

Informasi harga OBH Combi anak dan dewasa di atas diperoleh dari situs resmi Apotek K-24 dan Apotek Kimia Farma. Harga OBH Combi anak dan dewasa yang berlaku di setiap tempat, baik toko obat, apotik, maupun pusat-pusat perbelanjaan seperti Indomaret, Alfamart, dan sebagainya bisa saja berbeda-beda, tergantung promo diskon atau potongan harga yang sedang berlaku. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membelinya.

[Update: Almas]

[1] Kuntari, dkk. 2018. Validasi Penentuan Amonium Klorida dalam Obat Batuk Hitam secara Titrimetri. Indonesian Journal of Chemical Analysis Universitas Islam Indonesia, Vol. 1(1): 35-41.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.