Info Terkini Harga Garam 1 Kg di Pasaran

No comment73 views

Garam merupakan salah yang wajib ada di dapur rumah, restoran, maupun tempat lainnya. Pasalnya, ini digunakan sebagai penyedap berbagai varian makanan. Di pasaran, garam sudah dijual bebas di berbagai tradisional, minimarket, maupun swalayan. Garam 1 kg sekarang ditawarkan dengan Rp2 ribuan hingga Rp3.500 di tingkat petani dan Rp10 ribuan jika sudah masuk swalayan.

Garam - saltstick.com

Garam - saltstick.com

Tentang Garam

Dalam ilmu kimia, garam bisa diartikan sebagai senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Ada banyak macam-macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Sementara, garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Sementara, larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tetapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.

Ciri Garam

Garam dapat ditengarai dari , rasa, dan baunya. Garam dapat berwarna cerah dan transparan, buram, dan terkadang berwarna metalik dan berkilau. Sementara, untuk rasanya, semua garam memiliki rasa mayoritas asin, namun ada juga yang berasa manis (timbal II asetat, dan beracun jika sampai tertelan), asam (kalium bitartrat), pahit (magnesium sulfat), dan gurih (monosodium glutamat).

Sementara, dari segi bau, garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat, biasanya stabil dan tidak berbau, sedangkan garam yang terbentuk dari asam lemah maupun basah lemah, lebih berbau karena disebabkan asam konjungsi (misal asetat pada cuka). Dekomposisi parsial ini bisa dipercepat dengan penambahan air karena hidrolisis merupakan setengah bagian lain dari reaksi reversibel yang membentuk garam lemah.

Garam

Garam secara umum digunakan sebagai penyedap masakan, sekaligus memperkuat rasa dan memberikan rasa nikmat pada makanan. Selain bermanfaat untuk kuliner, garam ternyata juga memiliki beberapa manfaat , di antaranya:

  • Menghilangkan ketombe di rambut, dengan cara menaburkan garam selama 10 menit di kepala, kemudian dibersihkan dengan sampo.
  • Membersihkan gigi, dengan cara mencampurkan garam dengan satu sendok baking soda dan dua tetes minyak esensial dan dipakai sebagai pasta gigi.
  • Sebagai scrub wajah, dengan cara mencampur garam dan minyak almond yang kemudian digosokkan lembut ke wajah.

Harga Garam di Pasaran

Menurut situs resmi Kementerian Perdagangan Indonesia, harga 1 kg garam secara nasional saat ini berkisar Rp10 ribuan. Sementara, situs resmi milik Pemerintah Kabupaten Tegal mengatakan bahwa harga 1 kg garam di wilayah tersebut adalah Rp2.500 di tingkat petani. Adapun di kawasan Rembang, harga garam yang semula Rp1.500 per kg kini naik menjadi Rp2.000 per kg karena musim hujan.

Selain itu, ada pula garam Dolphin yang saat ini dijual dengan harga Rp10.000 per kg. Sementara, 1kg garam Himalayan Pink sekarang ditawarkan dengan harga Rp75.000. Secara umum, harga garam beryodium berada di kisaran Rp10 ribuan sampai Rp16 ribuan per kg.

Baca juga  Info Daftar Harga & Spesifikasi Biola di Gramedia (All Merek)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terkini Harga Garam 1 Kg di Pasaran"