Update Harga Garam 1 Kg Terbaru di Pasaran

No comment11364 views

Garam merupakan salah bahan yang wajib ada di dapur rumah, restoran, maupun tempat lainnya. Pasalnya, produk ini digunakan sebagai penyedap berbagai varian makanan. Di , garam sudah dijual bebas di berbagai pasar tradisional, minimarket, maupun toko swalayan. Garam 1 kg sekarang ditawarkan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan tempat Anda membelinya.

Tentang Garam

Ilustrasi: Berbagai Macam Jenis Garam (credit: countryliving)

Ilustrasi: Berbagai Macam Jenis Garam (credit: countryliving)

Dalam ilmu kimia, garam bisa diartikan sebagai senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Ada banyak macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Sementara, garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Sementara, larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tetapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.

Garam adalah kumpulan senyawa kimia dengan komponen utamanya Natrium Klorida (NaCL) sama saja dengan garam dapur. Proses pembuatan garam di Indonesia pada umumnya dengan cara menguapkan air laut dengan menggunakan sinar matahari atau dengan sumber panas lainnya. Tetapi ada juga yang diperoleh melalui penambangan dari tanah di bekas daerah lautan.

Sedangkan garam beriodium adalah garam yang sudah ditambahkan iodium yang diproduksi melalui proses iodisasi dan memenuhi standar Nasional Indonesia serta dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon yang mengatur pertumbuhan dan kecerdasan. Sedangkan iodium adalah salah satu mineral penting bagi kehidupan manusia yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak. Garam beriodium yang digunakan sebagai garam konsumsi harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain mengandung iodium 30-80 ppm, serta dikemas dan diberi label.

Baca juga  Update Daftar Harga Berbagai Model Wastafel Merek INA

Konsumsi garam yang dianjurkan untuk setiap orang sekitar 6 gr atau 1 sendok teh setiap hari. Cara mengkonsumsi garam biasanya digunakan sebagai garam meja dengan penambahan garam beriodium dalam pemasakan. Jenis kemasan dan lama penyimpanan akan berpengaruh terhadap iodium garam. Selama penyimpanan kadariodium menurun seiring dengan lamanya garam disimpan.[1]

Ciri Garam

Ilustrasi: Seseorang Menaburkan Garam Masak (credit: nypost)

Ilustrasi: Seseorang Menaburkan Garam Masak (credit: nypost)

Garam dapat ditengarai dari warna, rasa, dan baunya. Garam dapat berwarna cerah dan transparan, buram, dan terkadang berwarna metalik dan berkilau. Sementara, untuk rasanya, semua garam memiliki rasa mayoritas asin, namun ada juga yang berasa manis (timbal II asetat, dan beracun jika sampai tertelan), asam (kalium bitartrat), pahit (magnesium sulfat), dan gurih (monosodium glutamat).

Sementara, dari segi bau, garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat, biasanya stabil dan tidak berbau, sedangkan garam yang terbentuk dari asam lemah maupun basah lemah, lebih berbau karena disebabkan asam konjungsi (misal asetat pada cuka). Dekomposisi parsial ini bisa dipercepat dengan penambahan air karena hidrolisis merupakan setengah bagian lain dari reaksi reversibel yang membentuk garam lemah.

Garam secara umum digunakan sebagai penyedap masakan, sekaligus memperkuat rasa dan memberikan rasa nikmat pada makanan. Selain bermanfaat untuk kuliner, garam ternyata juga memiliki beberapa kesehatan. Ini beberapa manfaat garam untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca juga  Harga Life Jacket (Anak dan Dewasa)

Manfaat Garam

  • Menghilangkan ketombe di rambut, dengan cara menaburkan garam selama 10 menit di kepala, kemudian dibersihkan dengan sampo.
  • Membersihkan gigi, dengan cara mencampurkan garam dengan satu sendok baking soda dan dua tetes minyak esensial dan dipakai sebagai pasta gigi.
  • Sebagai scrub wajah, dengan cara mencampur garam dan minyak almond yang kemudian digosokkan lembut ke wajah.

Kita perlu mengonsumsi garam, karena garam memiliki fungsi penting bagi tubuh. Dua fungsi utama garam adalah menjaga keseimbangan asam-basa dan mengontrol tekanan osmotik cairan, khususnya cairan darah di dalam dan di luar sel. Tekanan osmotik adalah tekanan yang ditimbulkan oleh adanya perembesan larutan pekat menuju larutan kurang pekat yang bergerak melewati dinding sel.

Keseimbangan asam-basa darah harus terjaga agar setiap organ tubuh kita dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Jika asam-basa tidak seimbang, misalnya terlalu asam atau terlalu basa, maka mineral tentu akan mudah mengendap. Hal ini dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal, endapan asam urat pada persendian, dan lain-lain.

Konsumsi garam secara berlebihan dapat mengakibatkan pembengkakan (oedema) dan tekanan darah tinggi (hipertensi), karena garam bersifat sangat menyerap air. Jika konsumsi garam berlebihan, konsentrasi garam dalam cairan di luar sel akan meningkat. Akibatnya, garam akan menarik keluar banyak cairan yang tersimpan dalam sel, sehingga cairan tersebut memenuhi ruang di luar sel. Akibatnya, tubuh atau bagian tubuh tertentu akan tampak membengkak.[2] Sebagai gambaran, berikut harga garam 1 kg pada tahun 2021.

Garam - saltstick.com

Garam - saltstick.com

Harga Garam per Kg

Jenis & GaramHarga (Rp)
Garam krosok Madura 1 kg grade A4.900
Teri Besar garam 1 kg6.000
Mamasuka Garam Yodium 1 kg6.000
Garam Dolphin 1 kg10.500
Supra Garam 1 kg10.600
Garam Aji Cap Koki Beriodium 1 kg11.050
Lodan Garam Beriodium 1 kg13.000
Refina Garam Meja 1 kg13.400
Miwon Garam Gurih 1 kg35.000
Garena Garam Kurang Natrium 1 kg53.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Plastik Wrapping Makanan 

Informasi harga garam dapur halus di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga garam dapur halus dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga garam dapur halus yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Sebagai bahan perbandingan, menurut situs resmi Info Pangan Jakarta pada 2020, harga garam di kawasan tersebut berkisar Rp2.000 hingga Rp5.000 per 250 gram atau mulai Rp8.000 per kg. Sementara, situs resmi milik Pemerintah Kabupaten Tegal mengatakan bahwa harga garam di tingkat petani pada 2020 sempat turun Rp150 per 1 kg, dari tahun 2018 lalu yang Rp2.000 per kilogram.Di Jawa Timur, harga garam di tingkat petani pada 2020 hanya berkisar Rp500 saja per 1 kilogram (kg). Padahal, pada 2018, harga garam masih ada di kisaran Rp1.200 per kilo.

Selain itu, ada pula garam merk Dolphin yang tahun 2020 dijual dengan harga Rp14.000 per kg, turun Rp1.000 dari tahun 2018. Sementara, 1 kg garam merk Himalayan Pink ditawarkan dengan harga Rp75.000, harga tersebut masih sama dengan 2018 lalu. Secara umum, harga garam beryodium pada 2020 berada di kisaran Rp10 ribuan sampai Rp16 ribuan per kg.

[Update: Dian]

 

[1]Andriyani, E. 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Rumah Tangga dengan Kadar Garam BeriodiumDidesaBatukali Kecamatan Kalinyamatan [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Muhammadiyah Semarang.

[2]Apriadji, WH. 2007. Makan Enak untuk Sehat, Bahagia, & Awet Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 34.

 

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Garam 1 Kg Terbaru di Pasaran"