Update Harga Arang Batok Kelapa di Pasaran

No comment22726 views

Selain arang kayu, saat ini banyak restoran yang menggunakan arang batok kelapa sebagai bahan karena diklaim memiliki sejumlah kelebihan. Harga arang batok kelapa memang dibanderol sedikit lebih mahal dari arang kayu biasa. Namun, harga tersebut tentunya sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapatkan. 

Arang batok kelapa (sumber: ecplaza.net)

Arang batok kelapa (sumber: ecplaza.net)

Meski saat ini sudah hadir peralatan memasak canggih yang memungkinkan seseorang untuk menyajikan masakan lezat dengan cara yang praktis, tetap saja kegiatan bakar-membakar membutuhkan arang sebagai bahan bakarnya. Memang, banyak panci atau penggorengan yang membantu Anda untuk membakar makanan tanpa disertai abu atau asap yang mengganggu pernapasan. Namun, kelezatan makanan tentu tidak mampu menyamai hasil olahan masakan yang dibakar di atas arang.

Kelebihan Arang Batok Kelapa

Sesuai namanya, arang batok kelapa dihasilkan dari proses pembakaran batok atau tempurung kelapa pada suhu tertentu dengan jangka waktu yang lama. Tren penggunaan arang batok kelapa saat ini terus meningkat karena banyak orang yang menganggap arang batok kelapa lebih baik dan berkualitas dibanding arang kayu biasa.

Arang batok kelapa memiliki sejumlah kelebihan seperti mudah terbakar dan bara apinya akan tetap menyala walaupun Anda tak perlu mengipasi. Selain itu, kadar air dalam arang batok kelapa kurang dari 10 persen, sehingga tak heran jika arang batok kelapa menghasilkan asap dan abu yang lebih sedikit dibandingkan arang kayu. Ini tentunya tidak akan mengganggu pernapasan dan aman digunakan untuk membakar bahan makanan apa pun.

Keunggulan lain dari arang batok kelapa adalah hasil dari proses pembakarannya. Sebagian besar pedagang makanan percaya bahwa daging ayam, sapi, hingga ikan akan matang dengan sempurna dan rasanya lebih lezat bila dibakar dengan menggunakan arang batok kelapa. Di samping itu, membakar makanan dengan arang batok kelapa tidak akan mengubah rasa dan bau dari makanan itu sendiri.

Di pasaran, sudah ada beberapa arang batok yang dijual, mulai dari arang batok kelapa yang masih kasar dengan potongan-potongan arang besar, kemudian arang batok kelapa yang sudah lebih halus dengan ukuran potongan kecil, dan ada pula arang batok kelapa yang diolah menjadi briket untuk dipakai di Shisha dan sebagainya. Harga arang batok kelapa sendiri bervariasi, mulai ribuan hingga puluhan ribu .

Harga Arang Batok Kelapa

Jenis & Merk Arang Batok KelapaKisaran Harga
Arang Batok Kelapa Cap Bunga Kelapa Paking 400 grRp4.000 
Arang Batok Kelapa Briket 100 grMulai Rp7.000
Arang Batok Kelapa Kering 500 grMulai Rp7.000
Arang Batok Kelapa Cap Bunga Kelapa Paking 1 kgMulai Rp10.000
Arang Batok Kelapa 1 kgRp13.000
Arang Batok Kelapa Al ArangRp15.000 per kg
Arang Batok Kelapa Briket 1 kgMulai Rp20.000
Arang Batok Kelapa 50 kg Mulai Rp600.000

Harga arang batok kelapa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online yang ada di Indonesia. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya sebenarnya relatif tidak banyak berubah. Namun, arang batok kelapa AI Arang yang semula dijual Rp9.950 per kg, saat ini naik drastis menjadi Rp15 ribuan per kg. Sementara, harga arang batok kelapa 50 kg juga naik dari Rp500 ribu menjadi Rp600 ribu.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Kisaran Harga Kayu Albasia (Sengon) Saat Ini 
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Arang Batok Kelapa di Pasaran"